David Packard - Tokoh Utama Di Balik Kesuksesan Perusahaan Komputer HP

10 Sep 2013 16:00 4035 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Hewlett Packard, atau yang lebih terkenal dengan sebutan HP merupakan salah satu perusahaan elektronik dan komputer terbesar di dunia saat ini. Di balik kejayaannya saat ini, ada satu tokoh yang tidak boleh dilupakan yaitu David Packard.

Hewlett Packard, atau yang lebih terkenal dengan sebutan HP merupakan salah satu perusahaan elektronik dan komputer terbesar di dunia saat ini. Di balik kejayaannya saat ini, ada satu tokoh yang tidak boleh dilupakan yaitu David Packard. Ia merupakan seorang co-founder dari perusahaan komputer HP yang kisah hidupnya layak untuk diteladani. Penasaran dengan petualangan jatuh bangunnya selama membimbing perusahaannya mencapai puncak kejayaan? Berikut kisah suksesnya.

Masa Kecil

David Packard lahir di Pueblo, Colorado pada tahun 1912. Pada saat itu, Pueblo merupakan daerah pertanian yang banyak dihuni oleh para imigran, gangster, dan juga pelaku kriminal lainnya. Sejak kecil ia sangat menyukai dunia sains, bahkan ia sangat suka sekali membaca buku ensiklopedi dunia terutama pada bagian sains ilmiah. Selain itu, pendiri komputer HP ini juga sangat menyukai berbagai macam hal-hal mekanis seperti kereta dan lainnya sehingga tidak mengherankan bahwa ia mampu membuat sebuah model kereta di halaman belakang rumahnya.

Beberapa waktu kemudian ia juga menunjukkan ketertarikan pada bahan peledak, namun ketertarikan itu akhirnya sirna ketika ia mulai tertarik terhadap radio. Bahkan ketia ia baru berusia 12 tahun, ia sudah berhasil menciptakan sebuah radio receiver.

Pada tahun 1929, ia melakukan study tour ke Satnford University dan ia sangat gembira ketika universitas tersebut memiliki jurusan teknik elektro yang cukup baik. Alhasil pada musim semi tahun 1930 ia mendaftar di sana dan ia pun diterima. Di sanalah persahabatannya dengan seorang partner sejatinya, Bill Hewlett dimulai.

Masa Kuliah

David Packard dan Bill hewlett bertemu pada musim gugur tahun 1930. Jika David sudah menentukan jurusan apa yang akan diambil, Bill sama sekali belum mengetahui di mana ia akan kuliah. Setelah menimbang-nimbang selama beberapa lama, Bill akhirnya memutuskan untuk memilih jurusan teknik elektro. Ia memutuskan untuk memilih jurusan itu karena ia menyukai model kereta.

Dalam prosesnya, Bill kemudian mengenalkan David kepada seorang ahli radio yang berna aEd Porter. Mereka kemudian bersahabat dengan baik karena sama-sama memiliki hobi di bidang radio. Bill juga memperkenalkannya kepada Barney Oliver, seseorang yang menjadi partner bisnisnya di masa yang akan datang.

Keempat sahabat itu kemudian lulus pada tahun 1934. Barney, Ed, Bill, dan David sudah merencanakan untuk membuat perusahaan sendiri di bidang elektronik. Namun pada saat itu David juga mendapat tawaran pekerjaan dari perusahaan General Electrics. Ia kemudian memutuskan untuk mengambil pekerjaan tersebut setelah diberi nasihat oleh profesornya yang bernama Fred Terman karena pada masa tersebut mencari pekerjaan merupakan hal yang sangat sulit. Rencana keempat sahabat itu untuk mendirikan perusahaan pun akhirnya gagal total.

 

Baca juga :

                   William Hewlett – Pendiri Perusahaan Komputer HP Yang Sangat Inspiratif

                   Inilah MicroSD Terbaru dari SAMSUNG yang Berkapasitas 256GB

 

Mendirikan HP

Pada akhir tahun 1939, ia dan Bill akhirnya memutuskan untuk membuat perusahaan Hewlett Packard setelah Bill keluar dari perusahaan General Electrics. Kedua sahabat ini mencoba membuat produk berdasarkan keahlian mereka masing-masing di bidangnya.

Produk pertama yang dibuat merupakan desain dari Bill Hewlett, produk ini terinspirasi dari ide-ide yang diberikan professor Fred Termans selama masa kuliah. Ia membuat sebuah audio oscillator yang merupakan alat untuk menciptakan audio kualitas tinggi yang dibutuhkan untuk komunikasi, geophysics, pengobatan, dan juga sistem pertahanan. Bill kemudian memamerkan produk buatannya ini ke dalam sebuah konferensi para teknisi radio dan mendapatkan respon positif di sana. Akhirnya, Bill dan David memutuskan untuk menjual oscillator tersebut secara komersil. Seperti telah diprediksi sebelumnya, produk ini menjadi laris manis di pasaran dan mendapatkan kesuksesan yang sangat besar.

Ratusan produk Hewlett Packard kemudian mengikuti produk oscillator ini dan mendapatkan kesuksesan yang besar di pasaran. Usaha yang awalnya hanya merupakan sebuah usaha rumahan, sedikit demi sedikit berubah menjadi sebuah perusahaan kelas dunia di bidang peralatan komputer. Semua keberhasilan ini tentu saja tidak akan terjadi tanpa usaha yang gigih dari kedua pendirinya ini. Ia kemudian meninggal di tahun 1997 pada usianya yang ke-84 di rumahnya di Los Altos Hill, California. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel