Tips Microsoft Word - Membuat Komentar Pop-up dan Mencari Makna Sebuah Kata

31 Jul 2013 23:00 9285 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Microsoft word merupakan sebuah programan pengolahan kata yang pastinya hampir ada di setiap komputer berbasiskan sistem operasi Windows buatan Microsoft. Maka tidak salah jika saat ini Microsoft word merupakan program yang paling dikenal oleh kebanyakan orang.

Microsoft word merupakan sebuah programan pengolahan kata yang pastinya hampir ada di setiap komputer berbasiskan sistem operasi Windows buatan Microsoft. Maka tidak salah jika saat ini Microsoft word merupakan program yang paling dikenal oleh kebanyakan orang. Program yang termasuk ke dalam paket Microsoft office tersebut memang menawarkan fitur yang mudah digunakan serta tampilannya yang sederhana sehingga mudah dipelajari oleh setiap orang. Namun karena kemudahannya tersebut, terkadang ada beberapa trik serta tips Microsoft word sederhana yang justru tidak diketahui oleh banyak orang.

Ya, meskipun hampir setiap orang biasa menggunakannya, namun ternyata hanya segelintir orang yang mampu memanfaatkan program Microsoft word ini secara maksimal. Padahal, beberapa trik serta tips Microsoft word yang sederhana justru dapat meningkatkan efektifitas kerja dan membuat Anda tampak lebih professional. Oleh karena itu, kali ini Plimbi akan memberikan beberapa trik dan tips Microsoft Word yang mungkin belum Anda ketahui.

Tips dan trik Microsoft Word yang akan Plimbi bahas kali ini adalah membuat sebuah pop up yang berisi komentar atau review terhadap sebagian tulisan yang ada di dokumen. Selain itu Plimbi juga akan membahas cara mencari makna dari kata atau kalimat yang tidak Anda ketahui dalam sebuah dokumen. Untuk sebagian orang kedua tips di atas mungkin sudah tidak asing lagi, namun masih banyak juga yang tidak mengetahuinya. Maka dari itu, simak dengan baik ulasan Plimbi berikut ini.

Membuat Komentar Pop up

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh Microsoft word adalah komentar pop up. Fitur ini sangat cocok sekali bagi Anda yang suka mencorat coret teks ataupun bagi para dosen yang sedang merevisi skripsi mahasiswanya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menulis catatan di bawah teks tersebut atau mencorat coret kertas yang sudah diprint.

Menggunakan fitur ini juga sangat mudah. Caranya, highlight kata atau kalimat yang ingin Anda komentari, kemudian masuklah ke menu insert > comment. Setelah itu, masukkanlah komentar untuk teks atau kalimat tersebut.

Setelah semuanya selesai, maka sekarang Anda akan melihat sebuah dokumen dengan beberapa kata atau kalimat yang ter-highlight. Jika Anda mengarahkan kursor ke kata atau kalimat tersebut, maka akan muncul sebuah pop up berisikan komentar yang telah Anda buat sebelumnya.

Dengan menggunakan fitur komentar pop up ini, maka pasti dokumen yang telah Anda buat tersebut akan tampak lebih rapi dan juga lebih professional. Selain untuk memberikan komentar, Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk memberikan keterangan tambahan terhadap suatu teks yang mungkin kurang dimengerti si pembaca.

 

Baca juga :

                    Tips Microsoft Word dan Excel yang Bisa Diterapkan di Kantor

                    Samsung Galaxy S7 Edge dan S6 Edge, "edge" S7 lebih berguna dan lebar

 

Mencari Makna Sebuah Kata

Trik dan tips selanjutnya yang akan Plimbi bahas yaitu cara untuk mencari makna dari kata yang ada di sebuah dokumen. Ketika Anda membaca sebuah dokumen milik orang lain, terkadang Anda pasti menemukan satu atau dua kata yang terdengar asing di telinga Anda. nah, Microsoft word ternyata sudah menyediakan sebuah fitur yang akan membantu Anda dalam mengatasi hal tersebut.

Cara menggunakan fitur tersebut juga sangat mudah, cukup highlight teks yang tidak Anda mengerti kemudian pilihlah menu “look up”. Setelah itu, Anda akan melihat sebuah menu bar terbuka di sebelah kanan layar yang menampilkan berbagai macam sumber yang dapat Anda gunakan untuk mencari makna kata asing tersebut. Beberapa sumber tersebut di antaranya adalah kamus, thesaurus, dan beberapa situs seperti Factiva iWorks, HighBeam Research, Live Search (Bing), dan masih banyak lagi.

Jika Anda memilih situs internet seperti Live Search untuk mencarinya, maka hasil pencarian tersebut juga akan langsung muncul di dalam Microsoft word tersebut. Jika Anda membutuhkan keterangan lebih lanjut, maka Anda dapat mengklik link-nya untuk kemudian Anda akan dibawa keluar dari jendela Microsoft word.

Itulah dua trik serta tips Microsoft word yang sangat sederhana namun memiliki manfaat yang sangat besar. Selain akan menjadikan dokumen Anda lebih professional, kedua fitur tersebut juga akan membuat waktu Anda menjadi lebih efisien. Selamat mencoba! [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel