Sepuluh Tips dan Trik Komputer Agar Memiliki Kecepatan Lebih

10 Jul 2013 23:00 2548 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Siapa yang tidak tidak ingin memiliki komputer dengan tingkat kecepatan yang sangat tinggi? Tidak perlu menggelontorkan uang Anda dengan jumlah yang fantastis hanya untuk membeli komputer super cepat.

Siapa yang tidak tidak ingin memiliki komputer dengan tingkat kecepatan yang sangat tinggi? Tidak perlu menggelontorkan uang Anda dengan jumlah yang fantastis hanya untuk membeli komputer super cepat. Berikut ini Plimbi memiliki tips dan trik komputer agar memiliki kecepatan yang super yahut tanpa harus merogok kocek yang sangat banyak.

Namun dengan sedikit catatan, tips trik komputer ini berlaku untuk Windows XP, akan tetapi juga berlaku untuk Windows Vista. Nah mari kita lihat beberapa tips berikut agar kita memiliki komputer yang super kenceng.

Matikan Program Load RAM

Langkah pertama yang perlu kita perhatikan dalam memaksimalkan kecepatan komputer yang kita miliki adalah dengan mematikan program load ke RAM pada startup. Caranya sebagai berikut: Go Star > Run, ketik msconfig dalam "Open" field, kemudian klik OK.

Klik pada tab Startup dan hapus centang pada apa pun yang menurut Anda tidak penting. Apakah Anda benar-benar membutuhkan "iTunes Helper"? Jangan takut untuk mematikan fungsi tersebut jika Anda tidak membutuhkannya, karena Windows akan membuka apa pun yang benar-benar dibutuhkan oleh Anda.

Optimalkan USB dan FireWire Eksternal

Langkah berikutnya adalah mengoptimalkan USB dan FireWire eksternal hard drive untuk kinerja komputer Anda. Untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa mulai dengan Go Start > Settings > Control Panel. Double-klik pada System, klik pada tab Hardware, dan klik Device Manager. Klik pada + simbol di samping Disk Drives, klik kanan pada drive eksternal Anda, dan pilih Properties.

Setelah itu, klik pada tab Policies, dan pilih "Optimize for Performance", untuk menghindari potensi kehilangan data, gunakan "Safely Remove Hardware" pilihan di system tray (tombol dengan panah hijau ) saat melepas drive.

Optimalkan Drive Internal

Jika langkah kedua sudah dilakukan, Anda dapat melakukan langkah berikutnya dengan mengoptimalkan drive internal untuk kinerja komputer Anda. Ikuti langkah-langkah yang sama seperti di atas, tapi klik kanan pada drive internal bukan eksternal. Pilih Properties, klik pada tab Policies, dan pilih "Enable Write Caching pada Disk." (Dengan mengaktifkan write caching pada drive eksternal dapat meningkatkan kinerja.)

ReadyBoost

Langkah selanjutnya yakni dengan menggunakan ReadyBoost. Ini adalah satu-satunya cara yang tidak gratis, tapi dengan Windows Vista Anda dapat menggunakan atau memasukkan USB thumb drive (hingga 4GB) dan ketika Anda melakukannya, Anda akan diminta sebuah konfirmasi apakah Anda ingin mengaktifkan ReadyBoost.

Langkah ini akan menambah lebih banyak memori untuk sistem Anda, namun tidak sama seperti halnya dengan menambahkan sistem RAM, akan tetapi hal ini lebih seperti memiliki disk cache yang benar-benar baik. Peningkatan kecepatan akan terlihat untuk apa saja selain Streaming data yang terus menerus. Dengan melakukan langkah ini Anda perlu sebuah USB drive yang cepat, jika tidak cukup cepat, Windows Vista akan memberitahu Anda bahwa USB drive yang Anda pakai tidak cocok atau tidak dapat mendukung secara maksimal. ReadyBoost adalah cara yang bagus untuk pengguna Windows Vista untuk mempercepat transfer data.

 

Baca juga :

                    Tips dan Trik Komputer: Kenali Perbedaan Shut Down, Sleep, dan Hibernate pada Komputer Windows

                    Hati-Hati! Tombol Reaksi Facebook Ternyata Berbahaya

 

Hati-Hati Update Otomatis

Anda juga perlu berhati-hati mengenai update otomatis. Pada dasarnya beberapa update otomatis mengambil alih komputer Anda saat sistem ini melakukan pekerjaannya, yang mana sistem ini juga dapat mengganggu kecepatan pada komputer Anda. Kebanyakan sebuah sistem update otomatis memiliki pilihan di mana Anda dapat meminta untuk diberitahu mengenai sebuah pembaruan, yang memungkinkan Anda memutuskan apakah akan menginstal mereka segera atau nanti. Pilihan lain adalah untuk menjadwalkan pembaruan ketika Anda tidak menggunakan komputer Anda.

Gunakan ASIO

Untuk interface audio Anda, gunakan ASIO bukan driver MME atau WDM dengan Sony Creative Software aplikasi. Kebanyakan interface memiliki driver untuk ketiganya, tapi MME dan WDM jauh lebih lambat. Dan jangan pernah menggunakan driver yang "emulated."

Dengan ASIO, yang mana mengutamakan Layanan Latar Belakang. Program Sony ini mendukung low-latency ASIO protokol, untuk hasil yang terbaik. Dengan melakukan langakh tersebut, Anda bisa melakukannya dengan masuk ke Start > Settings > Control Panel. Klik System, kemudian klik pada tab Advanced, dan under performance, klik Pengaturan. Ketika jendela Performance Options terbuka, klik pada tab Advanced dan untuk Penjadwalan Processor, pilih "Layanan Latar Belakang." Mengutamakan layanan latar belakang membantu ASIO bekerja lebih efisien.

Periksa Hardware dan Nonaktifkan System Restore

Periksa secara berkala untuk driver baru pada hardware. Biasanya driver baru sering mengakibatkan kinerja yang lebih baik. Dan jangan lupa kartu grafis Anda, kinerja grafis sering mempengaruhi audio pada komputer Anda. Defragment drive Anda secara berkala. Langkah tersebut untuk merapihkan data yang tidak tersimpan atau tertata dengan baik, dan dengan langkah ini juga dapat meningkatkan kinerja kecepatan pada komputer Anda.

Jangan menonaktifkan System Restore. Beberapa orang mengklaim menonaktifkan System Restore dapat meningkatkan kinerja komputer. Namun sebaiknya Anda tidak menonaktifkan System Restore ini, karena sistem ini dapat memulihkan tingkat kondisi komputer Anda. [NRZ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel