Misi Planet Jupiter Ditunda NASA, Mengapa?

9 Jul 2013 15:00 3252 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

NASA menunda misi planet Jupiter Icy Moons Orbiter (JIMO) – sebuah proposal ambisius untuk menerbangkan pesawat ruang angkasa menuju Jupiter, tiga orbit bulan seukuran planet, dan mempelajari lautan air asin besar yang berada di permukaan es mereka.

NASA menunda misi planet Jupiter Icy Moons Orbiter (JIMO) – sebuah proposal ambisius untuk menerbangkan pesawat ruang angkasa menuju Jupiter, tiga orbit bulan seukuran planet, dan mempelajari lautan air asin besar yang berada di permukaan es mereka.

Bulan-bulan yang akan diorbitkan oleh JIMO adalah Europa, Callisto dan Ganymede. JIMO menjadi pesawat ruang angkasa berskala besar yang membawa teknologi yang blum dikembangkan dan digerakkan oleh penggerak listrik didukung oleh reaktor fisi nuklir. Misi ini rencananya akan diluncurkan sekitar tahun 2015. Jupiter Icy Moons Orbiter akan mengunjungi Callisto terlebih dulu, kemudian Ganymede dan Europa.

Apa yang mungkin terjadi: lautan di bawah permukaan?

Galileo, yaitu penyelidikan antarplanet NASA melihat bukti bahwa bulan es besar memiliki tiga bahan penting bagi kehidupan – air, energi dan bahan kimia yang diperlukan.

Misalnya, celah, titik-titik dan lubang di permukaan Europa tampaknya menjadi tanda lautan air cair di bawah tempurung bulan es ini. Data Galileo memberi kesan air tersebut berhubungan dengan zaman geologis dan dapat tetap relatif dekat dengan permukaan.

Galileo bekerja di sekitar Jupiter dari tahun 1995 hingga 2003. Jupiter Icy Moons Orbiter mengorbit di setiap bulan untuk penyelidikan lebih lanjut tentang proses penyusunan, sejarahnya dan potensinya untuk mempertahankan hidup.

Mengapa JIMO?

Misi JIMO memiliki dua tujuan:

  • Untuk eksplorasi lebih lanjut dengan menyelidiki komposisi, sejarah dan potensi kehidupan di bulan-bulan es Jupiter – Callisto, Ganymede dan Europa. Kembali pada tahun 2002, US National Research Council menjadikan Europa sebagai prioritas utama. Kemudian menambahkan Callisto dan Ganymede sebagi perbandingan untuk memahami bagaimana bulan-bulan ini berkembang.
  • Untuk mengembangkan reaktor nuklir yang dapat diproses dengan aman dan dioperasikan dengan baik di luar angkasa, untuk eksplorasi luar angkasa yang mendalam. Jumlah daya yang tersedia dari reaktor nuklir akan menjadi ratusan kali lebih besar daripada sistem lain yang digunakan pada pesawat ruang angkasa antarplanet masa lalu. Ini akan memungkinkan penggunaan instrumen yang lebih mampu dan transmisi data yang lebih cepat.

 

Baca juga :

                   Planet Mars Diprediksi akan Bertabrakan dengan Bulan

                   [Tutorial] Inilah Cara Mematikan Windows Menggunakan Cortana

 

Pentingnya Air

Jika cairan air terdapat pada tiga bulan es ini, akan masuk akal untuk berspekulasi tentang keberadaan kehidupan di sana.

Mungkinkah ini terbentuk di dekat ventilasi vulkanik bawah laut? Bagaimanapun juga, kehidupan di Bumi telah ditemukan pada kedalaman laut yang besar, di luar penetrasi sinar matahari, berkembang dekat ventilasi vulkanik bawah laut pada nutrisi kimia upwelling dari interior planet kita. Di bumi, upwelling adalah proses di mana nutrisi-sarat air dari kedalaman laut naik ke permukaan.

Electric Ion Propulsion System

Tenaga apa yang bisa membawa JIMO ke Jupiter? Perancangnya merencanakan untuk menggunakan sistem penggerak listrik yang dikenal sebagai ion propulsi. Teknologi ini telah berhasil digunakan oleh misi Deep Space 1 NASA, yang menunjukkan perjalanan antarplanet.

Deep Space 1 diluncurkan pada tahun 1998. Satelit ini terbang dengan Asteroid 9969 Braille pada tahun 1999 dan kemudian oleh Comet Borrelly pada tahun 2001. Perbedaannya adalah, Deep Space 1 menarik listrik untuk pendorongnya dari panel surya. Sementara JIMO akan menarik listrik dari reaktor fisi nuklir.

Rencana Penerbangan

Setelah pengembangan dan pengujian roket dan pesawat ruang angkasa, JIMO akan dibawa ke orbit bumi antara 2013 dan 2015. Kemudian JIMO akan terpisah dari roket dan pendorong ion-propulsi dan akan menjauh dari Bumi pada jangka panjang menuju Jupiter.

Bertahun-tahun kemudian, setelah memasuki orbit sekitar Jupiter, JIMO akan terbang ke orbit individu di seluruh Callisto, kemudian Ganymede dan terakhir Europa.

Mengingat radiasi elektronik yang akan dibangun di JIMO, intensitas sabuk radiasi di Europa mungkin akan membatasi instrumen pesawat ruang angkasa beberapa lama dan akan dapat beroperasi di orbit sekitar bulan itu. Dengan demikian, pekerjaan JIMO akan berakhir di Europa. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel