Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Android? Ikuti Tips-Tips Berikut

9 Jul 2013 13:00 95318 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berjuta-juta aplikasi Android telah tersedia di Google Play, belum lagi di market place selain Google Play. Android benar-benar menjadi platform yang member nuansa baru pada perkembangan aplikasi. Walau aplikasi Android sudah bertebaran di internet, tetap saja aplikasi baru yang berkualitas masih di cari para pengguna Android. 

Berjuta-juta aplikasi Android telah tersedia di Google Play, belum lagi di market place selain Google Play. Android benar-benar menjadi platform yang member nuansa baru pada perkembangan aplikasi. Walau aplikasi Android sudah bertebaran di internet, tetap saja aplikasi baru yang berkualitas masih dicari para pengguna Android. Mengapa? Karena tidak sedikit juga aplikasi Android yang tidak bermutu bahkan merugikan penggunanya seperti aplikasi yang disisipi malware, berharga tidak pantas, hanya untuk menjebak penggunanya dan lain sebagainya. Namun bila Anda benar-benar cinta Android dan ingin membuat aplikasi yang berkualitas untuk Android Plimbi memberikan tips cara membuat aplikasi Android yang mungkin bisa membantu.

Sebelum Anda menjadi developer game atau aplikasi Android, ada beberapa hal yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu. Ini merupakan pengetahun dasar pemograman untuk Android.

Pengetahuan Mengenai Java

Pengembangan Android banyak dilakukan di Java. Java bukan bahasa yang sulit untuk dipelajari. Anda bisa mempelajarinya dari internet. Tanpa pengatahuan dasa Java, Anda akan bingung bagaimana bahasa Android. Memang Java Android bukanlah seperti Java standar, tetapi dengan mengetahui bahasa Java standar Anda tidak akan sulit beranjak ke Java Android karena masih satu indung.

Pengetahuan mengenai XML

Memiliki pengetahuan XML sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari Anda. Apalagi Anda senang berkutat dengan blog atau website. Ini juga sangat berguna untuk Android. Android banyak menggunakan bahasa XML untuk user interface aplikasi atau game.

 

Baca juga :

                   5 Aplikasi Android untuk Download Video di Dailymotio

                   Review Elsword Evolution, Game Reinkarnasi Elsword yang Hadir di Perangkat Android

 

Peralatan Android

Kebanyakan developer merekomendasikan Eclips untuk sesi pengkodingan Anda. Anda juga perlu menginstal Android SDK sebelum membuat aplikasi. Untungnya Android menyediakan satu paket yang berisi Eclips, Android SDK dan alat-alat yang berhubungan lainnya. Satu yang perlu kita perhatikan, sebentar lagi pengembangan aplikasi Android akan pindah ke Android Studio, jadi bersiap-siaplah dari sekarang.

Ketekunan

Ini salah satu kunci keberhasilan pembelajaran cara membuat aplikasi Android. Pengembangan aplikasi Android ini tidak semudah menggunakannya. Anda harus terus-menerus belajar walau terjadi kegagalan. Jangan menyerah ditengah jalan. Anda harus banyak menyisihkan waktu yang cukup banyak untuk pembelajaran ini.

Website Resmi Developer Android

Langkah terbaik pertama adalah mengunjungi website resmi pengembang aplikasi Android. Website ini memberika segala informasi yang Anda butuhkan untuk membuat aplikasi Android termasuk IDE dan peralatan-peralatan yang sudah disebutkan di atas. Dan situs ini dikelola oleh Android SDK, jadi kita bisa mendapat informasi dari pengembang aslinya. Mereka akan memberikan informasi yang paling up-to-date mengenai Android.

Untuk pemula, disedikan tempat pembelajaran dari awal pembuatan aplikasi hingga bagaimana menghasilkan uang dengan aplikasi buatannya tersebut. Untuk yang sudah mahir, ada API dan referensi bagaimana cara mengembangkan aplikasi yang Anda buat. Anda akan menemukan solusi yang efesien di laman ini. Dan ini semua gratis dari Android.

Mobile Tuts untuk Android

Website ini sudah sangat terkenal di dunia maya. Pada awalnya mereka menyediakan tutorial untuk desain seperti photoshop, vector dan lain sebagainya. Kali ini mereka juga merambah Android. Saat ini Tuts+ (AKA TutsPlus) menjadi sumber daya yang paling besar dalam mencari pengetahuan dan tutorial pembuatan aplikasi Android. Mereka menyediakan infromasi untuk pemula hingga yang sudah mahir. Selama tiga tahun terakhir, ada 1500 postingan tutorial pembuatan aplikasi Android.

Yang membuat Tuts+ semakin diminati adalah, pengkategorian yang mereka buat. Mereka mengkategorikan tutorial berdasarkan tingkat kesulitan, lama waktu penyelesaian dan teknologi yang digunakan. Ditambah screenshoot yang lengkap untuk mempermudah Anda. Dan ini gratis.

Marakana Android Bootcamp Series 2012

Marakana merupakan perusahaan yang melatih orang-orang menjadi IT profesional . Mereka menyediakan video tutorial pengembangan Android yang diberi nama Android Bootcamp Series. Sebenarnya mereka tidak hanya melatih orang menjadi developer Android, semua bidang IT mereka jelajahi. Namuan sekarang Android mereka pilih karena memang sangat berkembang.

Video direkam selama lima hari, video pelatihan yang mereka selenggarakan. Ini bukan video tutorial biasa yang mungkin bisa Anda lihat di YouTube, ini benar-benar video pelatihan. Ada seminar, kelas, workshop dan lain sebagainya. Mereka ingin kita juga bisa belajar dari apa yang mereka berikan pada peserta pelatihan. Ini gratis.

Tutorial pengembangan Android di Vogella.com

Vogela adalah website yang ditujukan untuk akuisisi dan distribusi pengetahun untuk Java, Android dan Eclipse. Mereka memiliki serangkaian tutorial untuk pengembangan Android. Tutorial ini dilengkapi dengan screenshoot dan saran yang pastinya sangat berguna selama pembelajaran Anda.

Tutorial ini dimulai dari dasar sekali seperti menyiapkan peratalan, pembelajran konsep dasar Android kemudian menengah seperti coding XML, membuat user interface dan bermain dengan sensor pada Android. Jumlah artikelnya mungkin tidak sebanyak website lainnya, tetapi website ini sangat saying bila dilewatkan. Apalagi kita dalam tahap belajar. Ini gratis.

Android Development Series (Lynda.com)

Bila Anda merasa baik belajar dengan tutorial video Markana saja tidak cukup. Anda juga membutuhkan Lynda.com. Lynda menyediakan berates video tutorial pengembangan aplikasi Android. Bila di kalkulasikan video tersebut memiliki durasi 40 jam. Dan ini merupakan pembelajaran yang sangat berguna. Siapkanlah waktu Anda untuk belajar dengan Lynda.

Video memngajarkan kita dari awal pengembangan aplikasi Android. Dari mulai pengetahun Java hingga bagaimana aplikasi yang Anda buat layak di pajang di Google Play. Sebenarnya bukan hanya Android yang mereka sediakan, ada juga pembuatan game flash, pelatihan Java dan lain sebagainya. Namun yang satu ini berbayar, US$25 perbulan. Tetapi Anda bisa mencobanya gratis selama satu minggu. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel