Tips Memilih SDcard Sesuai Kebutuhan

6 Jun 2011 17:15 5777 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

SDcard, sebagai media penyimpanan pada beberapa *gadget*, selain memiliki variasi dalam kapasitas, juga memiliki perbedaan dalam hal kecepatan menulis data. Pada umumnya SDcard android adalah Class 2, yang mana hal ini berarti memiliki kecepatan menulis data 2MB/detik. Pada kecepatan ini sebenarnya sudah mumpuni untuk menikmati kecanggihan Android. Berikut beberapa kondisi yang membutuhkan SDcard dengan kecepatan lebih dari Class 2.

SD card, sebagai media penyimpanan pada beberapa gadget, selain memiliki variasi dalam kapasitas, juga memiliki perbedaan dalam hal kecepatan menulis data. Kecepatan tersebut ditandai dengan nama Class. Dan yang tersedia di pasaran saat ini adalah Class 2, Class 4, dan yang tercepat Class 6, tetapi perbedaan kecepatan ini tidak berpengaruh pada situasi tertentu. Sebagai contoh paling mudah untuk fungsi kecepatan pada SDcard adalah penggunaannya pada kamera DSLR. Kamera DSLR memiliki kemampuan untuk mengambil beberapa jepretan foto perdetik. Hasil jepretan foto pada SDcard Class 2 akan lebih sedikit dari SDcard Class 4.

Pada umumnya SD card android adalah Class 2, yang mana hal ini berarti memiliki kecepatan menulis data 2MB/detik. Pada kecepatan ini sebenarnya sudah mumpuni untuk menikmati kecanggihan Android. Berikut beberapa kondisi yang membutuhkan SDcard dengan kecepatan lebih dari Class 2.

Pengguna smartphone Android yang banyak memanfaatkan fitur kamera, dan kamera tersebut memiliki ketajaman lebih dari 5 megapixel, sebaiknya SDcard yang digunakan berkecepatan minimal Class 4. Kamera smartphone Android dengan ketajaman 5 megapixel akan menghasilkan gambar beresolusi besar. Dengan SDcard berkecepatan Class 4 keatas, akan mempercepat proses penulisan data pada gambar. Hal ini berarti setelah mengambil gambar, proses menunggu untuk melakukan pengambilan gambar selanjutnya akan lebih cepat.

Penggunaan SDcard berkecepatan lebih dari Class 2 juga disarankan kepada pengguna yang sering memanfaatkan USB untuk transfer data dari komputer, misalnya Anda pengguna yang selalu meng-update lagu-lagu pada smartphone Android. Semakin besar kecepatan SDcard, semakin cepat proses transfer melaui USB tersebut.

Yang terakhir, dan yang paling penting, adalah sekarang ini banyak handset Android yang bisa menginstal aplikasi pada SDcard, baik sudah bawaan maupun penggunaan aplikasi tambahan seperti App2Sd. Pada kondisi ini penggunaan SDcard berkecepatan diatas Class 2 sangat berpengaruh, misalnya untuk aplikasi game yang bagus dan berkapasitas besar, penggunaan SDcard Class 6 akan memberikan kepuasan lebih dalam untuk Anda ketika bermain. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel