Lima Tips Untuk Mengoptimalkan Aplikasi BlackBerry Messenger di BlackBerry 10

8 Jul 2013 15:00 4902 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Aplikasi BlackBerry Messenger alias BBM merupakan salah satu aplikasi unggulan yang ada pada setiap ponsel BlackBerry. Hal tersebut juga berlaku untuk BBM yang terdapat di sistem operasi BlackBerry 10, di mana terdapat banyak optimalisasi dari aplikasi tersebut.

Aplikasi BlackBerry Messenger alias BBM merupakan salah satu aplikasi unggulan yang ada pada setiap ponsel BlackBerry. Hal tersebut juga berlaku untuk BBM yang terdapat di sistem operasi BlackBerry 10, di mana terdapat banyak optimalisasi dari aplikasi tersebut. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui tips serta trik untuk mengoptimalkan penggunaan BBM di sistem operasi BlackBerry terbaru tersebut. Padahal, aplikasi tersebut dapat dioptimalkan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini Plimbi akan mengulas 5 buah tips sederhana untuk menjadikan Aplikasi BlackBerry Messenger Anda menjadi lebih baik. Apa sajakah tips optimalisasinya? Simak ulasan Plimbi berikut ini.

BBM Instant Action

Anda pasti memiliki seseorang atau beberapa orang yang sering Anda hubungi melalui BBM, maka tentu lebih efektif jika Anda dapat mengirimkan pesan kepada mereka secara cepat. Untungnya, hal ini dapat dilakukan dengan mudah di ponsel BlackBerry Q10 dan juga BlackBerry Z10.

Pada BlackBerry Q10, Anda dapat langsung menulis kata “BBM” diikuti nama kontak yang ingin Anda hubungi di homescreen. Setelah itu, Anda hanya tinggal memilih kontaknya untuk kemudian Anda akan langsung dibawa ke jendela percakapan untuk langsung memulai percakapan baru.

Jika Anda menggunakan BlackBerry Z10 dengan sistem operasi BlackBerry OS 10.1, maka Anda dapat langsung menuju ikon search yang ada di bagian bawah homescreen. Setelah itu, cukup tuliskan kata BBM diikuti nama kontak untuk langsung memulai percakapan.

Menampilkan Kontak BBM dalam bentuk List & Grid

Secara default, kontak BBM ditampilkan dalam bentuk grid. Namun ternyata Anda dapat mengubahnya menjadi bentuk list walaupun sebenarnya banyak orang yang lebih menyukai bentuk grid karena mereka bisa melihat display picture yang menarik.

Namun jika Anda ingin mencoba untuk menggantinya, caranya sangat mudah. Bukalah aplikasi BlackBerry Messenger kemudian geserlah ke bawah hingga menemukan menu setting. Dari menu setting tersebut, gantilah Contact layout dari Grid menjadi List.

Meminta Gambar High Quality

Jika Anda sering mengirim dan menerima gambar lewat BBM, Anda pasti sering mendapatkan gambar yang kualitasnya pas-pasan. Nah, Anda juga dapat meminta gambar versi high quality-nya dengan mudah. Caranya, tekan dan tahan gambar tersebut, kemudian pilihlah opsi HQ pada menu yang muncul di sebelah kiri. Setelah itu, si pengirim gambar tersebut akan diberikan pilihan untuk mengirim ulang gambar dengan kualitas high quality atau menolak permintaan tersebut.

Satu hal yang harus Anda ingat, meminta dan mengirimkan gambar dengan kualitas yang lebih tinggi akan memakan kuota data yang lebih besar dibandingkan dengan mengirim gambar dengan kualitas biasa. Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan jaringan Wifi jika ingin mengirim atau menerima gambar dengan kualitas terbaik.

Selain itu, jika Anda ingin menyimpan gambar yang dikirimkan orang lain melalui BBM, Anda juga hanya tinggal menekan dan menahan gambar tersebut kemudian pilih opsi Save Image yang ada di menu pada bagian kiri.    

BBM Music Updates

Dalam sistem operasi BlackBerry 10 ini Anda juga dapat menunjukan lagu apa saja yang sedang Anda dengarkan di Music app pada perangkat BlackBerry Anda. caranya, buka aplikasi BBM kemudian geserlah ke bawah hingga Anda menemukan menu setting. Masuklah ke menu setting terebut kemudian aktifkan opsi “Show What I’m Listening To”.

Kemudian jika Anda tidak ingin melihat status update musik dari daftar teman yang ada di kontak Anda, maka Anda tinggal membuka aplikasi BBM dan menuju ke menu setting. Setelah itu Anda dapat menonaktifkan fitur Music Status Updates.

 

Baca juga :

                    Blackberry Priv, Android Yang Lebih Produktif Dengan Keypad QWERTY

                    Masih Melajang Hingga Sekarang? Mungkin Anda Tidak Punya 5 Hal Berikut

 

Menggabungkan Kontak

Setelah Anda melakukan pengaturan pada berbagai akun yang Anda miliki, Anda mungkin akan mendapatkan beberapa orang yang sama muncul dalam dua kontak yang berbeda. Untuk beberapa kontak mungkin akan langsung digabungkan secara otomatis. Namun apabila ada kontak yang tidak diganbungkan secara otomatis, maka Anda dapat menggabungkannya secra manual melalui langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Contacs
  • Tekan dan tahan kontak yang ingin Anda gabungkan
  • Pilih Select More
  • Pilih kontak yang akan digabungkan
  • Pilih opsi Link Contact dari menu

Itulah 5 tips serta trik untuk mengoptimalkan aplikasi BlackBerry Messenger Anda. selamat mencoba. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel