Tengok Tips Cara Merawat Laptop Berikut Ini!

7 Jul 2013 16:00 3507 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Laptop! Kita tahu bahwa laptop mempunyai banyak fungsi dalam mendukung kinerja saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun, nyatanya masih banyak orang yang belum begitu mengerti bagaimana cara merawat laptop itu sendiri dengan baik.

Laptop! Kita tahu bahwa laptop mempunyai banyak fungsi dalam mendukung kinerja saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun, nyatanya masih banyak orang yang belum begitu mengerti bagaimana cara merawat laptop itu sendiri dengan baik. Terkadang, beberapa orang masih sedikit kesulitan dalam melakukan sebuah perawatan ringan pada perangkat yang satu ini.

Contohnya, seperti masih terdapat beberapa orang yang secara tidak sadar membuang daya tahan baterai laptop karena menghidupkan fitur-fitur tambahan yang tidak diperlukan pada saat menggunakannya. Tentu hal tersebut tidak memaksimalkan fungsi dari laptop itu sendiri. Banyak tahapan dan cara merawat laptop dengan baik agar fungsinya dapat dirasakan oleh para penggunanya. Dengan memahami penggunaan laptop secara baik, maka kualitas perangkat itu sendiri dapat terjaga. Jika Anda tidak begitu memahami penggunaannya, maka kemungkinan besar perangkat Anda akan cepat rusak dan bahakan tidak akan terasa manfaatnya sama sekali. Kali ini kita akan mencoba memberikan beberapa tips memelihara laptop dengan baik agar penggunaannya menjadi maksimal.

Matikan koneksi yang jarang digunakan

Dalam cara merawat laptop ini Anda perlu memperhatikan fitur-fitur yang tidak terpakai, alangkah baiknya jika fitur tersebut dimatikan, contohnya WiFi. Jika Anda sedang tidak berada pada zona hotspot, sebaiknya koneksi Wi-Fi ini dimatikan untuk menghemat daya tahan baterai. Dengan begitu Anda dapat menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain koneksi WiFi, ada koneksi Bluetooth yang perlu dierhatikan juga. Anda bisa mematikan koneksi Bluetooth ini ketika tidak akan melakukan proses pemindahan atau pengiriman data, Anda dapat menyalakan koneksi ini hanya jika akan melakukan pemindahan data saja.

Minimalisir penggunaan adaptor

Perhatikan juga penggunaan adaptor saat menambah daya baterai laptop, jangan sampai Anda terus menggunakan adaptor ketika daya baterai sudah terisi penuh. Jika hal ini sangat sering dilakukan setiap menggunakan laptop maupun tidak, bisa saja terjadi kemungkinan baterai laptop akan cepat habis atau mengalami drop. Tentunya hal ini akan sangat disayangkan karena nantinya baterai perangkat Anda sudah tidak maksimal lagi penggunaannya.

Agar dapat menjaga kondisi dan kualitas baterai dengan baik, sebaiknya gunakan adaptor ketika baterai laptop sudah mulai sedikit atau habis. Jika kapasitas baterai sudah terisi penuh, cabut adaptornya dari perangkat. Dan perlu diingat, jangan sampai melepaskan baterai laptop dan Anda hanya menggunakan adaptor saja karena kondisi aliran listrik di Indonesia yang masih belum stabil malah akan merusak komponen-komponen vital seperti hardisk yang bisa saja terbakar karena laptop sangat sering mati mendadak.

 

Baca juga :

                    Tips Merawat Laptop - Tips Membawa Laptop Saat Perjalanan Jauh

                    5 Antivirus Terbaik untuk Android di Bulan Mei 2016

 

Penggunaan antivirus

Selain itu, Anda juga harus sering dalam melakukan pembersihan pada laptop. Berhati-hatilah terhadap serangan virus yang sangat mengganggu kinerja laptop yang Anda miliki. Sebaiknya pasang software antivirus untuk menghadapi serangan malware atau dari program-program yang mencurigakan. Dengan menggunakan antivirus, setidaknya Anda dapat menjaga kondisi perangkat terhindar dari serangan malware berbahaya.

Terdapat banyak jenis antivirus, Anda dapat menggunakan salah satu antivirus sesuai dengan kebutuhan. Namun perlu diingat, jangan sampai menggunakan banyak antivirus karena hal ini dapat menyebabkab terhambatnya kinerja laptop yang harus menjalankan beberapa antivirus. Anda cukup menggunakan satu antivirus saja, tentunya dengan kualitas terbaik.

Andaa tidak perlu panik jika laptop yang digunakan tiba-tiba mati atau bahkan tidak bisa masuk ke layar awal (windows) karena Anda masih bisa melakukan langkah install ulang agar laptop bisa berjalan seperti biasa. Namun untuk proses install ulang ini memiliki kesulitan yang berbeda-beda, agar kita idak salah dalam melakukan proses install ulang lebih baik kita meminta teman atau kerabat lainnya yang lebih mengerti untuk melakukan proses installasi pada laptop tersebut. [NRZ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel