Tanda Bahwa Handphone Layar Sentuh Rusak atau Memiliki Kualitas yang Buruk

4 Jul 2013 12:30 36040 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dewasa ini, kita makin dimanjakan oleh handphone layar sentuh dengan kualitas layar yang sangat tajam dan memanjakan mata para penggunanya. Handphone layar sentuh ini sendiri didukung oleh prosesor quad-core dan RAM tinggi yang menghadiahkan kepada anda kualitas layar yang sangat indah. 

Dewasa ini, kita makin dimanjakan oleh handphone layar sentuh dengan kualitas layar yang sangat tajam dan memanjakan mata para penggunanya. Handphone layar sentuh ini sendiri didukung oleh prosesor quad-core dan RAM tinggi yang menghadiahkan kepada Anda kualitas layar yang sangat indah. Namun ada kalanya meskipun Anda memiliki perangkat unggulan, namun layar pada perangkat Anda masih menunjukkan kualitas layar yang bisa dibilang buruk. Untuk mengetahui apakah layar Anda berada dalam kualitas yang buruk, berikut Paseban berikan petunjuk dan ciri handphone layar sentuh rusak atau mempunyai kualitas yang buruk untuk Anda.

Resolusi Rendah

Resolusi rendah tidak hanya menyerang perangkat handphone saja, namun juga menyerang perangkat komputasi mobile seperti Ultrabook. Namun resolusi rendah pada layar sangat terasa dampaknya pada perangkat smartphone. Karena memang memiliki layar yang portabel berbeda jauh dengan perangkat laptop yang memiliki ukuran layar yang benar-benar dapat menutupi kekurangannya.

Untuk tablet sendiri, minimum harus memiliki resolusi layar sebesar 1280 x 800 piksel untuk ukuran tablet sebesar 7 inci, Nexus 7 contohnya. Untuk tablet 10-inci, iPad Retina Display yang memiliki resolusi sebesar 2048 x 1536 piksel adalah standar emas, dan sekarang ada dua full HD Android tablet di harga 8,5 jutaan, kita bisa mendapatkan Asus Transformer Pad Infinity Asus Transformer Pad Infinity. Anda juga bisa mendapatkan tablet dengan harga yang terjangkau seperti Lenovo IdeaPad S2, namun kualitas layar pada perangkat ini mampu membuat Anda kecewa.

Dan jika Anda berada dalam pasar smartphone, incarlah perangkat dengan resolusi minimal 960 x 540 (juga disebut qHD), namun resolusi 1280 x 720 piksel merupakan resolusi yang paling baik. Dan lebih baik Anda menjauhi handphone dengan resolusi layar sebesar 480 x 320 piksel, karena Anda akan mendapatkan teks yang kabur dan menghabiskan terlalu banyak waktu Anda untuk melakukan  zoom in untuk melihat konten.

Tidak Dapat Dilihat di Bawah Sinar Matahari (Atau Terlalu Redup)

Pasti Anda sudah mengenal perangkat Samsung Galaxy SIII. Banyak orang memuja layar AMOLED yang mampu menawarkan grafis tajam dan bening. Namun mereka tidak pernah menggunakan perangkat itu di luar dan mengoperasikannya langsung di bawah paparan sinar matahari. Karena ketika Anda melakukan itu, maka Anda akan melihat bahwa SIII terlalu redup untuk digunakan di bawah paparan sinar matahari.

Ketika di lakukan pengujian menggunakan light meter, S III mampu mencatatkan angka 210 lux. Sedangkan handphone AMOLED lain mampu menghasilkan yang lebih baik, seperti Nokia Lumia 900 (262 lux), HTC One X (525 lux), dan iPhone 4S mendapat angka 549 lux yang memudahkan mereka dioperasikan di luar ruangan.

Sudut Pandang yang Buruk

Dengan smartphone dan tablet, Anda akan berpikir bahwa sudut pandang terbatas tidak akan menjadi masalah bagi Anda, berbeda halnya dengan laptop dan PC. Cara berpikir itu salah. Karena handphone layar sentuh yang memiliki sudut pandang buruk, tidak akan mampu memuaskan Anda pada saat Anda mengoperasikan perangkat Anda di dalam mobil, terutama untuk melihat GPS. Sudut pAndang yang sempit juga dapat merusak sebuah kualitas dari grafis tablet. Jadi sebelum Anda memboyong perangkat smartphone atau tablet untuk Anda, maka perikas kembali sudut pandang dari perangkat tersebut.

 

Baca juga :

                   5 Mitos Mencas Handphone

                   Review Lenovo Vibe P1 Turbo

 

Putih Tidaklah Putih

Layar AMOLED bukanlah pilihan terbaik untuk perangkat smartphone Anda. Namun jika diperhatikan, banyak pengguna cenderung memiliki warna biru ketika menampilkan latar belakang putih. Memiliki perangkat dengan layar putih yang benar-benar tidak putih akan sangat mengganggu pengalaman Anda dalam mengoperasikan handphone Anda. Terutama untuk Anda yang selalu mengedepankan tampilan grafis. Cara yang baik untuk menguji ini adalah buka browser dan masukkan "about: blank" dan bandingkan kedua perangkat tersebut secara berdampingan.

Anda dapat Melihat Garis Grid Pada Layar

Permasalahan yang paling mendasar akan tampilan buruk layar adalah Anda dapat melihat garis grid pada layar perangkat Anda, terutama pada ikon aplikasi yang terdapat di perangkat Anda. Tampilan luar dari sebuah perangkat dapatlah menipu, seperti Toshiba Excite 10 LE tablet. Apa gunanya untuk memiliki tablet tertipis di dunia ketika layar dirusak oleh garis grid pada layar? Hal ini terbukti sangat mengganggu ketika menonton video atau membaca. Kelemahan yang sama melAnda Archos 70b. Menjadi murah bukanlah alasan untuk memberikan kualitas layar yang ‘murah’ pula. Terutama smartphone, biasanya garis grid ini menyerang smartphone dengan layar yang kecil, Samsung Galaxy Mini contohnya. Jika Anda ingin mendapatkan tampilan layar yang tajam, maka hindarilah perangkat tersebut.

Bisa jadi dengan banyaknya Anda menemukan ciri layar sentuh yang buruk di atas, maka semakin mudah handphone layar sentuh rusak. Maka berhati-hati lah sebelum membeli handphone layar sentuh. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel