Tips Mengamankan Handset Android Dari Hacker Jaringan Wifi

3 Jun 2011 17:56 7893 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Android sering memiliki masalah dalam hal keamanan. Sebagian besar pengguna *handset* Android mendapati data pribadinya dicuri oleh *hacker*. Penelitian menemukan bahwa jaringan Wifi yang menjadi penyebab hal tersebut. Untuk Anda pengguna Android yang lebih sering memanfaatkan jaringan Wifi, berikut tips untuk mencegah *handset* Anda disusupi oleh *hacker*.

Seperti yang telah dibahas oleh banyak media luar negeri, Android sering memiliki masalah dalam hal keamanan. Sebagian besar pengguna handset Android mendapati data pribadinya dicuri oleh hacker. Kenapa hal ini banyak terjadi di luar negeri sana, sementara di Indonesia masalah tersebut jarang terjadi? Penelitian menemukan bahwa jaringan Wifi yang menjadi penyebab hal tersebut.

Di luar negeri, hotspot Wifi hampir tersedia di semua tempat, sehingga pengguna lebih banyak yang memilih menggunakan sarana internet gratis ini daripada menggunakan jaringan operator miliknya. Oleh karena itu, keluhan data pribadi handset Android tercuri lebih banyak terjadi di luar sana daripada di tanah air. Untuk Anda pengguna Android yang lebih sering memanfaatkan jaringan Wifi, berikut tips untuk mencegah handset Anda disusupi oleh hacker.

Lemahnya keamanan seperti ini dialami oleh aplikasi yang menggunakan authentication protocol bernama ClientLogin yang berjalan pada OS Android versi 2.3 kebawah. Dengan ClientLogin, pengguna hanya perlu memasukkan username dan password yang diminta, selanjutnya proses autentikasi aplikasi akan mengambil dari data yang tersimpan pada ClientLogin. Data autentikasi tersimpan pada ClientLogin inilah yang memiliki sistem keamanan rentan. Hacker bisa mengakses data autentikasi yang tersimpan pada ClientLogin tersebut apabila pengguna terhubung pada jaringan Wifi unencrypted.

Pada saat Anda berada di mall dan mencari jaringan Wifi yang tersedia, Anda akan menemui beberapa jaringan yang tidak membutuhkan password (Open) dan jaringan yang membutuhkan password (Security-Enable Wireless Network). Jaringan Wifi yang open inilah yang dinamakan jaringan Wifi unencrypted, dan jaringan inilah yang bisa membahayakan handset Android Anda. Bahkan sering terjadi jaringan Wifi unencrypted sengaja disediakan oleh hacker dengan tujuan untuk mencuri data autentikasi para pengguna.

Tidakkah pencegahan paling efektif adalah hindari penggunaan jaringan Wifi unencrypted. Namun bila pilihan Anda hanyalah jaringan Wifi Open, gunakan aplikasi tambahan untuk keamanan koneksi Wifi seperti SSH Tunnel. Aplikasi ini bisa menciptakan koneksi yang aman antara handset Android Anda dengan server jaringan Wifi unencrypred. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel