Cara Menggunakan Windows Program di Linux Menggunakan Wine

2 Jul 2013 18:30 15227 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagai sistem operasi yang tidak banyak dipakai membuat kebanyakan software atau program komputer tidak dapat berjalan pada Linux. Para pengembang program komputer memang lebih melirik Windows sebagai OS yang dapat menjalankan program buatannya. Namun bagi pengguna Linux jangan kecewa dulu, karena ternyata ada cara menggunakan Windows dengan sebuah software. Software Apakah itu?

Mari kita berusaha untuk tidak mengatakan bahwa Linux adalah sistem operasi yang tidak laku dan tidak kompatibel menjalankan berbagai program. Kenyataannya Anda tetap bisa menjalankan berbagai software pada Linux, baik itu dari jenis utility, office, games, aplikasi Messenger dan lain-lain. Cara menggunakan Windows program di Linux yang akan Plimbi ulas adalah dengan menggunakan Wine.

Tidak banyak yang tahu tentang Wine karena software ini memang dikhususkan untuk komputer dengan sistem operasi bertipe Unix, salah satunya adalah Linux. Wine yang merupakan singkatan dari “Wine Is Not Emulator” ini sengaja dibuat untuk menjalankan program Windows  di Linux. Jadi, berbagai aplikasi yang sebenarnya dibuat kompabilitas dengan Microsoft Windows dapat Anda jalankan pada Linux menggunakan Wine. Penamaan Wine memang unik, karena meskipun berasal dari singkatan “Wine Is Not Emulator”, nyatanya ini adalah sebuah program Emulator. Beberapa orang bahkan menyebutnya Windows Emulator.

 

Baca juga :

                   [Tutorial] Inilah Cara Mematikan Windows Menggunakan Cortana

                   Sedikit Ulasan tentang Paket Internet dari XL

 

Wine merupakan perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah lisensi GNU Lesser General Public License (LGPL). Para pengembangnya dari Wine Team pada awalnya merilis program Wine ini di bawah lisensi MIT, atau sama seperti sistem X-Windows. Namun pada Maret 2002 disepakati untuk menggunakan LGPL sebagai lisensinya. Pengembang Wine Team sempat merilis versi beta yang pertama (Wine versi 0.9), yakni pada tanggal 25 Oktober 2005 setelah 12 tahun masa pengembangan. Namun, baru -baru ini kabarnya Wine sendiri telah merilis versi 1.5 . dengab perkembangan program Wine yang sampai saat ini sudah dirilis dengan versi 1.5 , tentunya ada banyak dukungan serta fitur-fitur terbaru. Beberapa fitur yang paling utama adalah ketersediaan untuk menjalankan aplikasi terbaru yang populer serta game yang lebih banyak .Bahkan dengan Wineini pengguna juga dapat langsung melakukan unduhan game maupun aplikasi tanpa harus mencari link download. Bayangkan,  Microsoft Office yang seharusnya untuk OS Microsoft Windows dapat Anda jalankan pada Linux. Atau Anda bisa menginstalasi game sekelas plans vs zombie atau sekedar menjalankan aplikasi dengan ekstensi .exe lainnya.

Cara mendapatkan Wine Anda harus melakukan langkah-langkah yang cukup panjang, namun tidak terlalu rumit. Pertama adalah pengunduhan yang dapat Anda dapatkan pada link ini sesuai dengan jenis Linux yang digunakan:

Sebelumnya Anda harus tetap mengkoneksikan komputer dengan internet dan silahkan buka terminal, caranya Ctrl+Alt+T lalu ketikkan perintah per baris berikut:

  • sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
  • sudo apt-get update                                                                                                      
  • sudo apt-get install wine1.5 wine-gecko1.9 winetricks corefonts

Untuk Arch Linux kodenya adalah sudo pacman -S wine. Sedangkan Linux Fedora dan Turunan kodenya adalah sudo yum install wine. Lalu bagaimana cara menjalankan aplikasi atau game? harap dibesakan, untuk aplikasi atau game yang bisa hanya di copy paste, dapat langsung di copy paste folder ke C:\ drivesnya WINE. Untuk masuk ke C:\ drivesnya Wine bisa melalui applications - WINE - browse C: Drive. Namun bagi aplikasi atau game yang butuh proses install, lakukan copy installer ke C: drive, lalu jalankan. Caranya adalah klik kanan, kemudian open with Wine, seperti Anda menjalankan file ISO. Alternatif lain bisa juga lewat terminal, caranya adalah ketik wine [spasi] pathToFile. Agar mudah dan gampang, pathToFile caranya drag dan drop aplikasi yang ingin dijalankan via WINE.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah Wine dapat menjalankan program Windows di Linux seluruhnya?  Sayangnya tidak, karena ada banyak program-program Windows yang ternyata tidak dapat dijalankan dengan Wine. Tapi setidaknya Anda tetap bisa menjalankan program yang penting seperti Microsoft Outlook 2010 (32bit), Adobe Photoshop (khususnya CS2, CS3 dan CS4), Media Monkey, AutoCAD, Watchtower Library dan lain-lain. Untuk game, ada berbagai game ringan dan berat yang dapat dijalankan oleh Wine di Linux, diantaranya adalah Assault Cube, Dead Cyborg, Mario Bros, Angry Birds, Call of Duty (Modern Warfare 1,2 , dan 3), Counter Strike, GTA Andreas, Left 4 Dead, EVE online, The Sims 3, The Elder Scrolls IV, Final Fantasy dan masih banyak lagi yang lain. Untuk menjalankan game-game berat, pastikan spesifikasi komputer Anda memenuhi syarat. Jika masih belum jelas, Anda bisa memperoleh informasi lengkap pada situs resmi Wine HQ berikut ini. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel