Indonesiakreatif.net, Situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

28 Jun 2013 22:00 3161 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

indonesiakreatif.net, situs ini dikelola dan dikembangkan oleh orang-orang yang peduli akan industri kreatif di bawah asuhan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi.

Peran Kementrian Pariwisata dan Ekonomi dalam menunjang semangat berkarya terus diupayakan, salah satu pendekatan yang cukup menarik adalah hadirnya situs kreatif sebagai tempat yang menghubungkan antara pelaku, pemodal dan penikmat ekonomi kreatif. Situs tersebut adalah indonesiakreatif.net.

Awal Mula Situs

Situs ini ternyata merupakan bagian dari gerakan Indonesia kreatif. Tujuan didirikan situs ini adalah sebagai wadah untuk menggeliatkan pelaku industri kreatif di Indonesia, dengan hadirnya situs indonesiakreatif.net, semua orang dapat meleburkan ide dan mengungkapkan gagasan-gagasan kreatifnya terutama generasi muda. Situs ini sendiri dikelola dan dikembangkan oleh orang-orang yang peduli akan industri kreatif, di bawah asuhan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi. Situs ini dibangun oleh para sukarela yang sudah terjun langsung di dunia industri kreatif sejak tahun 2006.

Kehadiran  situs ini semakin kuat saat keluar inpres 6 pada tahun 2009 mengenai pengembangan ekonomi kreatif.  Mari Elka Pangestu sebagai Menteri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi sangat yakin bahwa situs ini akan berperan besar dalam menumbuhkan industri-industri kreatif baru. Tahun 2010, tepatnya tanggal 23 Juni situs ini diresmikan, dengan harapan akan terus berperan untuk menghubungkan pelaku industri kreatif, pemerintah dan pemodal atau perusahaan. Situs ini terus bertahan dan tetap fokus pada tujuan awalnya. Tahun 2013 situs ini sudah memasuki versi 2.0 dan terus melakukan perbaikan dalam pelayanan dan pengembangan.

Lima Unsur Strategis

Situs ini tidak serta merta hanya menjadi media dan penghubung saja, tetapi di dalamnya terdapat konten-konten yang sangat bermanfaaat bagi para pelaku industri kreatif khususnya dan para pembaca biasa umunya. Sesuai dengan target yang diarahkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi, situs ini harus bisa menjadi pendorong laahirnya inovasi-inovasi yang mampu bersaing secara konseptual maupun secara bisnis. Untuk itu, situs indonesiakreatif.net memiliki fokus terhadap lima unsur strategis sebagai pilar utamanya. Kelima unsur tersebut dibahas berikut ini.

  • Creative Economy

Situs ini memiliki perhatian besar terhadap bidang yang satu ini, pengunjung atau pembaca perlu mengetahui informasi mengenai ekonomi. Baik itu berupa informasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  atau kebijakannya atau info lain yang bermanfaat. Bidang ini juga mefokuskan pengembangan berupa rencana kerja atau  penelitian yang berhubungan dengan ekonomi kreatif.

  • Creative Circle

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi tentunya menginginkan adanya konten berupa biografi tokoh yang bisa ddijadikan panutan, terutama jika pengunjungnya generasi muda. Umumnya generasi muda sangat  antusias terhadap sesuatu yang diidolakan dan biasanya  akan mengikuti jejak sang tokoh yang diidolakan. Atas dasar ini, situs ini menghadirkan konten tentang para penggiat dalam bidang industri kreatif, biografi kesuksesan, tokoh panutan dan creativepreneur. Tentunya hal ini bertujuan agar para pembaca mengetahui para insan yang berdidakasi tinggi pada industri kreatif.

  • Creative Wave

Salah satu pilar situs ini ingin memberi perhatian lebih pada acara atau kegiatan yang berhubungan dengan ruang publik. Sebagai sebuah media, tentunya harus ada penekanan terhadap masyarakat tentang pentingnya industri kreatif. Fokusnya dapat berupa event, kampanye atau gerakan lain membuat masyarakt tergerak untuk peduli terhadap industri ini.

  • Creative Space

Seni adalah salah satu bidang yang terkadang paling dipinggirkan dibandingkan bidang lain. Hal ini karena seni dianggap hanya mengusung nilai estetis dan tidak adanya calah bisnis. Ini jugalah yang kemudian dicoba diubah oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi dengan situs ini. Peranan seni sebagai industri kreatif dapat dilakukan dengan cara memetakan ruang-ruang atau mediuam tempat terjadinya interaksi ekspresif, misalnya gedung pertunjukan, galeri atau ruang  publik lain sebagai tempat  mengekspresikan diri. Kehadiran situs ini tentunya akan lebih mudah secara promosi dan bisa menghubungkan dengan pelaku-pelaku lain sehingga terjadi interaksi yang nantinya bisa disebut  interaksi yang kreatif.

  • Creative Info

Sebagai sebuah media di dunia maya, situs ini tentu juga bisa berperan sebagai portal tentang segala informasi mengenai industri kreatif. Situs lain biasanya bercampur dengan ragam berita lain, namun situs ini bisa fokus pada satu bidang sehingga memudahkan para pembaca untuk menavigasi situs ini.

 

Baca juga :

                   10 Desain Logo Dengan Harga Selangit, Brand Indonesia Salah Satunya!

                   "bye bye Adobe Flash Player," Google Akhirnya Siap Berpindah ke Lain Hati

 

Langkah Ke Depan

Situs ini mungkin masih tahap pengembangan dan banyak kekurangan, namun sebagai bagian dari program kerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi, situs ini sangat bermanfaat sebagai wadah berkumpul para pelaku yang terlibat di dunia industri kreatif. Ada portal berita, informasi kreatif yang meliputi arsitektur, desain, film, musik, teknologi informasi dan lain sebagainya. Situs ini juga setidaknya dapat dimanfaatkan sebagai referensi dalam menunjang penelitian industri kreatif. Apakah Anda cukup kreatif dan bergulat di bidang ini? Jika jawaban Anda bukan “tidak”, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang situs ini di sini. 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel