Kehebatan dan Keunggulan Mobil Masa Depan

1 Jul 2013 14:00 5152 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada beberapa konsep Mobil Masa Depan yang sudah muncul di beberapa pameran otomotif, dan barangkali fitur-fitur ini sudah seharusnya ada di Mobil Masa Depan

Saat ini beberapa perusahaan, baik perusahaan mobil maupun perusahaan lainnya yang bergerak di bidang teknologi, sedang mengembangkan mobil beserta komponennya yang bersifat futuristik. Dengan demikian, bisa jadi beberapa tahun yang akan datang Anda telah dapat mengendairai mobil yang sebelumnya hanya ada di pikiran Anda atau hanya bisa Anda tonton di film-film. Seperti apa gambaran mobil masa depan yang saat ini sedang dikembangkan?

Mobil Juga Bisa Memiliki Remote Control

Bukan hanya televisi yang dapat dikendalikan dengan remote control. Saat ini salah satu perusahaan mobil, Hyundai Motor, sedang mengembangkan remote control untuk mobil masa depan. Remote control ini memiliki fitur yang canggih. Anda dapat membuka serta menyalakan mesin dan komponen lainnya dari jarak jauh. Bahkan, jika mobil Anda mengalami kerusakan, sebuah notifikasi akan dimunculkan di remote control yang ada di genggaman Anda.

Kendali Terdapat di Suara Anda

Jika sebelumnya telah terdapat teknologi Robin pada Android dan teknologi Siri pada iPhone, kini giliran mobil masa depan yang akan mengadopsi teknologi serupa. Teknologi tersebut merupakan sistem pengenal suara atau dikenal dengan istilah voice recognition. Kegiatan menyetir Anda tidak akan terganggu ketika Anda harus menerima telepon, mengetik sms, maupun mengakses internet. Berbagai fitur yang terdapat pada mobil Anda dapat dikendalikan dengan mengucapkan perintah yang sederhana.

Mobil yang Bisa Berjalan Sendiri

Bukan hanya pesawat yang memiliki sistem kopilot. Saat ini mobil masa depan tanpa sopir telah dikembangkan oleh Google dan sedang dalam tahap uji coba. Untuk mencapai tempat tujuan, Anda hanya perlu untuk ‘memberi tahu’ mobil ke mana tujuan Anda. Selain itu, dengan perintah suara, Anda dapat mengatur kecepatan serta mobil Anda akan mencari jalan dan memarkir secara otomatis.

Dashboard yang Berfungsi Sebagai Tablet

Pada mobil masa depan, di hadapan Anda akan disajikan sebuah ‘tablet raksasa’. Perangkat tersebut merupakan dashboard dalam wujud digital yang sedang dikembangkan oleh Toyota dengan nama Human Machine Interface (HMI). Sebagai contoh pemanfaatan perangkat ini, untuk mengakses fitur GPS, Anda tidak perlu menggunakan smartphone maupun tablet Anda. Cukup gunakan dashboard yang terdapat di hadapan Anda.

Fitur Hiburan yang Canggih

Sebuah proyek yang bernama Enjoyable Interactions in the Rear Seat sedang dikembangkan oleh GEElab untuk mobil masa depan. Teknologi ini akan menghadirkan hiburan bagi penumpang yang duduk di kursi belakang. Yang mengagumkan dari teknologi ini adalah penggunaan hologram. Jadi, tidak dibutuhkan sebuah layar raksasa yang akan menghabiskan ruang di mobil Anda.

Mobil yang Peduli dengan Kesehatan Anda

Pada mobil masa depan, seolah-olah Anda akan ditemani oleh dokter pribadi di sepanjang perjalanan. Sebuah kursi untuk mobil yang sedang dikembangkan oleh Ford mampu memantau detak jantung serta kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pengambilalihan Kendali Kemudi Ketika Anda Mengalami Masalah

Bukan tidak mungkin Anda tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan, misalnya serangan jantung dan kehilagan kesadaran, pada saat sedang menyetir mobil. Jika hal tersebut terjadi, mobil masa depan secara otomatis akan mengarahkan mobil ke tempat yang lebih aman. Lebih canggihnya lagi, mobil akan menghubungi 911 atau 112 untuk mengabarkan permasalahan Anda.

 

Baca juga :

                    Fitur Online Yang Akan Hadir Pada Teknologi Mobil Masa Depan

                    Samsung Galaxy S7 Edge dan S6 Edge, "edge" S7 lebih berguna dan lebar

 

Mobil yang Dapat Berkomunikasi

Untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan, DEUFRAKO sedang mengembangkan proyek yang diberi nama PROTON-Plata. Teknologi ini nantinya diharapkan mampu mendeteksi dan memberi tahu Anda jika terdapat orang dan berbagai objek yang terdapat di tengah jalan. Dengan teknologi ini, kecelakaan tentunya dapat diminimalisasi.

Selain berkomunikasi dengan Anda, mobil masa depan juga diharapkan mampu berkomunikasi dengan mobil lainnya. Dengan perkembangan teknologi, kecelakaan antarmobil dapat dikurangi. Selain itu, antara mobil yang satu dan mobil yang lain dapat saling berkomunikasi untuk berbagi info mengenai kemacetan yang sedang terjadi.

Koneksi Internet Terus Tersedia di Sepanjang Perjalanan

Toyota dan Ford sedang mempersiapkan mobil masa depan yang dilengkapi dengan fitur WiFi. Dengan fitur ini, Anda dapat terus mengakses internet di sepanjang perjalanan. Bahkan, Anda dapat mengakses file-file dari komputer di rumah Anda melalui jaringan internet. Kini, apa yang ada di pikiran Anda tentang fitur-fitur lain yang seharusnya ada di mobile masa depan? [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel