Cara Jailbreak iPod Touch 4G, iPod Touch 3G yang Berjalan Pada iOS 5.1.1 Menggunakan Redsn0w

28 Aug 2012 13:00 11178 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak hanya Android yang bisa di-*root*, perangkat iOS pun bisa Anda *root* namun dengan nama yang berbeda, jika pada Android dikenal dengan sebutan *rooting*, maka pada iOS dikenal dengan nama jailbreak.

Tidak hanya Android yang bisa di-root, perangkat iOS pun bisa Anda root namun dengan nama yang berbeda, jika pada Android dikenal dengan sebutan rooting, maka pada iOS dikenal dengan nama jailbreak. Cara jailbreak iPod Touch inipun memiliki tujuan yang sama dengan rooting, yakni sama-sama agar mendapatkan sistem operasi yang lebih kuat dan cepat pada perangkat.

Pada beberapa waktu yang lalu, Redsn0w terbaru telah diluncurkan oleh tim developer dari iPhone. Redsn0w terbaru ini memiliki *support* atau dukungan untuk *untethered* iOS 5.1.1 untuk iPhone 4S, iPhone 4, iPhone 3GS, iPad 3, iPad 2, iPad 1, iPod Touch 4G dan iPod Touch 3G. Pada artikel ini akan kami ulas tentang bagaimana cara jailbreak iPod Touch agar iPod Anda saat ini dapat berjalan pada iOS 5.1.1 menggunakan Redsn0w langkah demi langkah. Redsn0w ini bisa berjalan pada sistem operasi Mac dan Windows yang Anda miliki.

Sebelum Anda melakukan jailbreak pada iPod Touch Anda, ada baiknya Anda membaca beberapa poin penting berikut ini sebelum Anda melangkah ke langkah selanjutnya.

- Petunjuk ini hanya bisa digunkan untuk para pengguna iPod Touch - Redsn0w 0.9.12b2 mendukung *untethered jailbreak* - Redsn0w 0.9.12b2 mendukung iPod Touch 4G dan iPod Touch 3G yang berjalan pada iOS 5.1.1 - Pastikan bahwa iPod Touch Anda berjalan pada sistem operasi iOS 5.1.1 dengan cara *Settings ï  General ï About ï Version

- Perlu Anda ingat bahwa melakukan jailbreaking pada iPod Touch Anda akan menghanguskan masa garansi, maka lakukan jailbreaking ini dengan resiko Anda sendiri - Lakukan backup file yang berada pada iPod Touch Anda sebelum melakukan jailbreaking pada iPod Touch Anda - Pastikan juga bahwa Anda saat ini menjalankan versi terbaru dari iTunes.

Setelah membaca poin-poin penting di atas, maka berikutnya Anda telah siap untuk melakukan jailbreak pada iPod Touch Anda. Sekali lagi lakukan jailbreaking ini dengan resiko Anda sendiri, sekali Anda melakukan jailbreak, maka Anda akan kehilangan masa garansi Anda.

Langkah 1 Unduh versi terakhir dari Redsn0w pada link ini, dan simpan file Redns0w di dalam folder yang bernama Redsn0w pada komputer Anda.

Langkah 2 Double klik pada file Zip Redsn0w dan ekstrak aplikasi ke dalam folder Redsn0w dan selanjutnya jalankan aplikasi Redsn0w. Untuk para pengguna Windows harus menjalankan aplikasi Redsn0w ini menggunakan Run as an Administrator.

Langkah 3 Setelah menjalankan Redsn0w, klik pada tombol jailbreak

Langkah 4 Redsn0w akan memulai proses jailbreak dan akan melalui tiga langkah berikut:

1. Preparing. 2. Processing. 3. Finishing Up

Langkah 5 Ketika ketiga langkah tersebut telah dilewati, Redsn0w akan menginformasikan kepada Anda bahwa proses jalibreak telah selesai dan sukses dijalankan. Namun jangan terlalu terburu-buru untuk mencoba atau mengutak-atik iPod Touch Anda. Anda harus menunggu beberapa saat terlebih dahulu, karena setelah melalui proses jailbreak ini iPod Touch Anda akan butuh atau melakukan proses booting untuk mengaktifkan atau mengukuhkan hasil jailbreak Anda. Setelah melakukan booting, Anda juga diharuskan untuk menunggu lagi agar iPod Touch Anda melakukan respring sebagai tahap terakhir setelah melakukan booting untuk menerapkan hasil jailbreak pada iPod Touch Anda.

Setelah selesai melakukan respring, maka iPod Touch Anda telah berhasil di-jailbreak dan Anda harus dapat menemukan ikon Cydia pada homescreen (harap dicatat bahwa ikon Cydia mungkin tidak selalu berada pada halaman utama atau homescreen iPod Touch Anda, jadi jangan segera berasumsi bahwa iPod Touch Anda tidak berhasil Anda jailbreak jika ikon Cydia tidak berada pada layar homescreen Andaa, gunakan Spotlight untuk mencarinya) Ketika Anda selesai melakukan jailbreak, Anda bisa mencoba untuk menginstall beberapa aplikasi jailbreak yang memiliki fungsi dan utilitas yang memilki fitur lebih canggih dibandingkan dengan aplikasi yang biasa. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel