Jobs4autism.com: Situs Peduli Autis Dapatkan Hak Bekerja

1 Jun 2011 13:13 6397 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Di Indonesia, orang-orang berkebutuhan khusus belum mendapatkan perhatian lebih dari berbagai aspek, termasuk kesempatan bekerja. Namun kenyataan seperti itu tidak menjadi sebuah hambatan karena sebuah situs yang dikelola 4 sarjana berupaya mengembangkan sebuah situs yang bermotif kepedulian sekaligus menguntungkan. Sebuah situs menarik bernama jobs4autism.com.

Anda pernah menonton film drama inspiratif 'I AM SAM' yang dibintangi Sean Penn yang bercerita tentang seorang penyandang Autism Retarder (terdiagnosa rendah intelektual) yang bekerja menjadi waitress di Starbuck dimana tugasnya hanya membersihkan meja, merapikan gula dan gelas dan menyapa semua pelanggan dengan sapaan yang sama dan berulang-ulang? Kali ini Paseban mencoba membuka mata Anda sebentar untuk melihat keberadaan penyandang autis di sekitar Kita. Hal ini berhubungan dengan sebuah situs yang mengusung tentang persamaan hak bekerja bagi penyandang autis.

Pada umumnya, perusahaan memiliki standar pegawai yang ideal, sehat jasmani dan rohani, dan kebanyakan perusahaan justru sama sekali tidak memiliki kebijakan yang memberi kesempatan bekerja bagi orang-orang berkebutuhan khusus seperti penyandang autis.

Di Indonesia, orang-orang berkebutuhan khusus belum mendapatkan perhatian lebih dari berbagai aspek, termasuk kesempatan bekerja. Namun kenyataan seperti itu tidak menjadi sebuah hambatan karena sebuah situs yang dikelola 4 sarjana berupaya mengembangkan sebuah situs yang bermotif kepedulian sekaligus menguntungkan. Sebuah situs menarik bernama jobs4autism.com.

Situs jobs4autism.com merupakan situs peduli autis yang berupaya memberi lowongan kerja bagi penyandang autis, selain info lowongan kerja, jobs4autism.com bermuatan cerita kehidupan kerja para penyandang autis, baik itu pengalaman menyenangkan ataupun pengalaman yang kurang menyenangkan. Pengalaman ini akan menginspirasi dan mendorong penyandang autis lainnya, selain pengalaman yang baik, pengalaman menyedihkan juga sering dibagikan dalam situs ini dimana keberadaan penyandang autis sering mendapatkan diskriminasi dan tidak mendapatkan hak yang sama untuk bisa bekerja di sebuah instansi atau perusahaan.

Situs job4autism.com dibentuk oleh empat kawan alumni dari University of Notre Dame di bawah bimbingan Profesor Khalil Matta. Keempat sahabat tersebut terdiri dari Scott Meier, Ramiro (Ram) Ballesteros, Michael Lerma dan Kathleen Pedraza yang bersama-sama mengusung semangat mengubah mainstream masyarakat terhadap penyandang autis dan membantu penyandang autis agar mendapatkan kesempatan kerja.

Sejak dibukanya situs peduli autis ini, banyak penyandang autis mendapatkan pekerjaan, karena beberapa perusahaan yang memiliki kebijakan memperkerjakan orang-orang berkebutuhan khusus seperti autis ini lebih mudah memasang iklan dan mempublikasi kebutuhannya di jobs4autism.com tersebut.

jobs4autism.com ini membuka membership yang terbuka untuk siapapun, terlebih untuk penyandang autis, anggota keluarga dari penyandang autis, guru, terapis atau pelatih bagi penyandang autis. Fitur jobs4autism.com ini dipenuhi dengan informasi lowongan kerja dari beberapa perusahaan dan instansi dengan posisi yang sesuai dengan keterampilan para penyandang autis, seperti waitress, kasir, tukang bangunan, laundry, tukang kebun, juru ketik dan lain-lain.

Selain informasi lowongan kerja, jobs4autism.com ini juga menjadi wadah saling berbagi antar membership tentang pengalaman baik atau buruk selama bekerja dan mencari pekerjaan. Tidak hanya itu, situs jobs4autism.com up to date meng-upload video seorang penyandang autis berhasil bekerja sehingga informasi tersebut menjadi pembelajaran bagi penyandang autis lainnya yang belum bekerja. Dalam jobs4autism.com, fitur regulasi dan advokasi para penyandang autis juga ditampilkan sebagai pengetahuan dan referensi mereka bekerja. job4autism.com menjadi sebuah pembelajaran untuk semua pihak, baik masyarakat, perusahaan, dan pemerintah. LN

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel