New Jupiter Z1, Inovasi Kecepatan & Efisiensi Bahan Bakar Dalam Satu Kendaraan

24 Jun 2013 22:00 9699 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

motor jupiter z menawarkan kecepatan dan efisiensi bahan bakar yang maksimal, motor ini cocok untuk anak muda yang menggilai kecepatan dan akselerasi

Meskipun harga bahan bakar minya naik, jumlah pengguna motor tak akan turun secara drastis. Motor tetap saja dipilih sebagai alat transportasi bagi sebagian besar pengguna jalan. Alasannya tak lain karena motor bisa menembus arus lalu lintas yang padat, harganya terjangkau untuk masyarakat kelas menengah ke bawah dan untuk sebagian besar kota di Indonesia sepeda motor masih lebih nyaman digunakan bila dibanding dengan alat transportasi umum. Nah, Yamaha agaknya membaca peluang ini sehingga tahun kemarin produsen motor ini meluncurkan produk new Jupiter Z1.

Generasi Baru

Jupiter Z adalah salah satu produk motor andalan Yamaha. Pada awalnya Yamaha meluncurkan generasi pertama motor Jupiter di tahun 2000, generasi pertama ini menggunakan mesin 110 cc. Tak berhenti sampai di situ saja, Yamaha terus melakukan inovasi dan perbaikan hingga dirilislah produk Jupiter generasi terbaru pada tahun 2003. Generasi motor Jupiter ini diberi embel-embel “Z” di bagian belakangnya. Inovasi Yamaha tak berhenti sampai di sini saja, berselang enam tahun kemudian Yamaha meluncurkan generasi ketiga yang kali ini menggunakan mesin 115 cc. Inovasi yang dilakukan Yamaha ini disambut pasar dengan baik, buktinya kendaraan ini terjual lebih dari 12.000 unit hanya selama bulan April 2012.

Nah pada bulan Juli tahun 2012, Yamaha secara resmi merilis generasi terbaru di area Pekan Raya Jakarta. Generasi terbaru ini diberi nama All New Jupiter Z1. Motor ini merupakan motor pertama keluaran Yamaha yang menggunakan teknologi fuel injection atau tanpa menggunakan karburator sehingga memiliki performa yang tinggi. Untuk motor andalan ini, Yamaha mengusung mesin dengan teknologi motor balap YZ Crankshaft sehingga performanya meningkat sebanyak 20%.

New Jupiter Z1 ini menggunakan tipe mesin 4 langkah dengan 2 valve SOHC yang dilengkapi pendingin udara. Jumlah silinder tunggal dengan posisi mendatar. Volume mesin yang digunakan adalah 113.7 cc. Untuk rem, Yamaha melengkapinya dengan rem cakram di bagian depan dan rem tromol di bagian belakang. Sedangkan untuk suspense, motor ini menggunakan suspensi depan teleskopik dan suspensi ganda untuk suspense belakang.

Para pengendara sepeda motor benar-benar dimanjakan dengan motor ini. Suara mesinnya lebih halus dan perpindahan gigi pun semakin nyaman. Para pengendara motor ini akan tampak semakin gagah dengan suara knalpot yang lebih powerfull. Sedangkan untuk lampu depan, Yamaha mengusung teknologi lampu yang secara otomatis akan menyala begitu mesin dinyalakan. Dan untuk lampu bagian belakang memiliki desain yang dinamis sehingga menampilkan kesan sebagai motor yang sporty.

 

Baca juga :

                   Mobil Listrik Tesla, Era Baru Kendaraan Roda 4 Masa Depan

                  Samsung Galaxy S7 Edge dan S6 Edge, "edge" S7 lebih berguna dan lebar

 

Tampilan dan Desain

Dari segi tampilannya, motor ini memiliki tampilan yang stylish sehingga sontak menarik perhatian konsumen. Yamaha mengusung tema gold metal dragon heart atau naga emas. Elemen metal begitu kuat disematkan pada tampilan luarnya sehingga memberikan kesan modern, stylish dan sporty.

Yamaha memanjakan para konsumennya  dengan mengusung lima pilihan warna, yaitu warna putih sebagai warna dominan dan dikombinasikan dengan warna merah dan hitam. Sementara pilihan warna lainnya terdiri dari warna biru yang dipadukan dengan warna hitam, warna hijau yang gabungkan dengan warna hitam, warna merah yang dikombinasikan dengan warna hitam dan warna dominan hitam yang dipercantik dengan sentuhan warna merah yang minimalis. Untuk melengkapi penampilan bodi motor yang sudah begitu cantik ini, Yamaha menambahkan aksen kecil berupa list warna pada bagian velg. Ada dua varian warna list velg yakni merah dan putih.

Di generasi motor ini, Yamaha memilih untuk menggunakan rangka steel tube underbone. Motor ini dirancang sedemikian rupa untuk bisa melakukan maneuver, menembus angin dan menikung di lalu lintas yang padat.

Harga

Motor Jupiter ini dilepas ke pasaran dengan harga berkisar antara Rp 14-15 jutaan. Z1 CW (Cast Wheel) atau dengan velg racing dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan Z1 SW (Spoke Wheel) atau dengan velg jari-jari.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel