Cara Buat Aplikasi Android Berjalan Pada Mac OS X

14 Aug 2012 16:00 7305 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada ulasan kali ini, Plimbi akan khusus membahas tentang bagaimana cara buat aplikasi Android agar bisa berjalan pada Mac OS X. Dengan hampir setengah juta aplikasi yang disediakan pada Google Play, tak ada salahnya mencicipi beberapa aplikasi Android untuk melengkapi pengalaman komputasi *desktop* Anda.

Semenjak berkembangnya ponsel pintar dengan pesat, banyak aplikasi dari ponsel ponsel pintar tersebut bisa dijalankan pada perangkat komputer kita mirip dengan aplikasi desktop pada ponsel kita. Pada ulasan kali ini, Plimbi akan khusus membahas tentang bagaimana cara buat aplikasi Android agar bisa berjalan pada Mac OS X.

Dengan hampir setengah juta aplikasi yang disediakan pada Google Play, tak ada salahnya mencicipi beberapa aplikasi Android untuk melengkapi pengalaman komputasi *desktop* Anda. Cara buat aplikasi Android pada Mac ini tentunya dengan bantuan dari beberapa aplikasi yang mampu menjalankan Android dengan tanpa hambatan pada sistem operasi Mac yang notabene berbeda sistem operasinya. Untuk mengetahui bagaimana cara menjalankan aplikasi Android pada Mac OS X, bisa Anda ikuti ulasan Plimbi berikut ini.

Jalankan Android Ice Cream Sandwich di VirtualBox Cara yang sangat mudah untuk menjalankan Android pada Mac Anda adalah menggunakan VirtualBox. Untuk menjalankan Android ICS ini, Anda pertama-tama harus mengunduh aplikasi VirtualBox dan mengkonfigurasikan pengaturan pada aplikasi ini. Aplikasi ini tersedia gratis dan bisa langsung Anda gunakan. Setelah Anda berhasil mengunduh filenya, maka Anda tinggal uncrompressed file, cari Android-v4.vbox dan jalankan untuk memulai booting dari Android pada VirtualBox.

Dan akhirnya pilih Android Startup from /dev/sda pada VirtualBox boot menu. Dan Anda telah memiliki Android Ice Cream Sandwich pada Mac OS X Anda. Untuk mengunduh VirtualBox, Anda bisa langsung menuju ke link ini

Android SDK - Emulator Android SDK merupakan software development kit yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan legal dari situs Android, dan Android SDK ini juga datang bersama emulator yang mana Anda bisa menggunakan Android dalam balutan desktop namun masih memiliki tampilan *mobile*.

Emulator ini sebenarnya ditargetkan untuk pada developer para aplikasi Android, namun bukannya menguji aplikasi yang dikembangkannya sendiri, Anda dapat menggunakannya untuk menjalankan aplikasi Android pada komputer Anda. Setelah Anda mengunduh SDK Core, uncompress file dan buka file "Android” yang terletak pada Android-sdk-macosx - tools.

Pastikan semua file dari formaware Android terbaru di periksa, dan tekan install. Jika semua paket telah berhasil terinstal, pilih Manage AVDs dari Tools pada drop-down menu, dan buat Android Virtual Device baru menggunakan firmware yang telah Anda unduh sebelumnya. Pada akhirnya, dengan Android Virtual Device, tekan tombol Start untuk menjalankan emulator Android Anda.

Untuk mengunduh emulator Android ini, Anda bisa langsung menuju ke link ini

BlueStacks App Player Solusi terakhir tentang cara menjalankan Android pada Mac OS X Anda ini merupakan cara yang sangat menggairahkan, karena alih-alih menjelaskan sistem operasi Android, aplikasi ini benar-benar menyediakan framework untuk menjalankan aplikasi Android langsung pada komputer Anda. Aplikasi yang bernama BlueStacks App Player ini telah tersedia terlebih dahulu untuk sistem operasi Windows untuk beberapa waktu, dan bahkan telah menjalin kemitraan dengan produsen komputer kenamaan ASUS sebagai salah satu upayanya. Aplikasi ini baru-baru ini juga muncul khusus sistem operasi Mac OS X dan masih dalam bentuk Alpha.

Versi Alpha dari aplikasi ini pun berimbas pada hanya tersedianya beberapa aplikasi Android yang bisa Anda jalankan pada Mac OS X ini. Dengan lebih banyak pengembang di masa-masa yang akan datang, maka akan lebih banyak aplikasi yang akan ditambahkan pada aplikasi ini. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa langsung menuju ke link berikut.

Namun dari semua hal ini, Anda harus mengetahui bahwa aplikasi ini maupun aplikasi sebelumnya merupakan hanya sebuah prototype saja yang memberikan sedikit preview tentang sistem operasi dari Android, dan bukan merupakan versi penuh dari Android itu sendiri. Namun setidaknya Anda masih dapat mencicipi sedikit rasa dari robot hijau Android pada Mac Anda tanpa harus mengubah beberapa pengaturan atau menghilangkan beberapa bagian dari sistem operasi Mac OS X yang Anda miliki.

Semoga tips dan trik yang Plimbi berikan ini dapat menjawab rasa penasaran Anda tentang bagaimana cara menjalankan Android pada Mac OS X Anda. Selamat mencoba! [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel