PETALS - Aplikasi Smartphone Pendeteksi Ranjau Darat

31 May 2011 16:55 5763 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ranjau darat masih menjadi masalah di daerah bekas konflik. Tim peneliti dari Harvard School of Engineering and Applied Science memberikan solusi efektif dan efisien untuk masalah ini. Mereka menggabungkan antara dunia telekomunikasi yang sedang meng-*global* dengan kebutuhan militer atas masalah ranjau darat. Tim menciptakan PETALS (Pattern Enhancement Tool for Assisting Landmines Sensing), sebuah aplikasi *smartphone* yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan ranjau darat.

Ranjau darat masih menjadi masalah di daerah bekas konflik. Tahun 2010 kemarin, PBB melaporkan sekitar 3.956 orang meninggal akibat ranjau darat sisa konflik. Jumlah ini belum termasuk korban yang terluka dan cacat akibat ranjau darat yang masih tertanam secara sporadis.

Di daerah bekas konflik, pembersihan ranjau darat dilakukan menggunakan alat pendeteksi logam standar. Cara konvensional ini memakan waktu yang lama, karena pendeteksian dilakukan secara manual dengan menyisir beribu-ribu hektar wilayah. Dan kemungkinan logam yang terdeteksi itu ranjau atau hanya logam biasa harus dicek secara manual pula. Selain itu alat ini tidak memberikan hasil yang maksimal dikarenakan kebanyakan ranjau darat model terbaru terbuat dari bahan campuran yang mengandung unsur logam sangat sedikit, sehingga kemungkinan besar alat pendeteksi logam standar tidak menemukannya.

Tim peneliti dari Harvard School of Engineering and Applied Science memberikan solusi efektif dan efisien untuk masalah ini. Mereka menggabungkan antara dunia telekomunikasi yang sedang meng-global dengan kebutuhan militer atas masalah ranjau darat. Tim tersebut menciptakan PETALS, sebuah aplikasi smartphone pendeteksi keberadaan ranjau darat.

PETALS bertujuan untuk meminimalisasi human error yang dihasilkan apabila menggunakan pendeteksi logam biasa. Aplikasi ini bisa memberikan jawaban apakah ada ranjau darat di dekat keberadaan pengguna aplikasi, dan menjawab dimana ranjau darat tersebut berada.

PETALS memberikan sketsa wilayah yang dideteksi, dan apabila ada ranjau darat PETALS akan memberikan informasi letak keberadaannya dengan memberi tanda pada sketsa wilayah tersebut. Cara ini jelas lebih akurat menunjukkan dimana letak ranjau darat dibandingkan dengan pendeteksi logam. Sinyal suara pendeteksi logam akan berbunyi bila mendekati benda logam, tetapi tidak menunjukkan secara tepat dimana letak ranjau darat tersebut.

Aplikasi smartphone pendeteksi rajau ini masih dalam tahap uji coba dan masih dalam tahap perkembangan. Namun pada hasil uji coba yang dilakukan oleh pihak militer, efektivitas proses pendeteksian ranjau naik 80% dengan menggunakan PETALS. Untuk Anda pengguna iPhone mungkin bisa mulai mencari aplikasi ini, karena beberapa media mengeluarkan rumor bahwa PETALS telah hadir untuk iPhone.

Dengan hadirnya Aplikasi PETALS ini, smartphone akan menyandang predikat baru selain sebagai alat komunikasi dan multifungsi lainnya. Kedepannya smartphone akan menjadi alat yang bisa menyelamatkan nyawa manusia. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel