TouchMover - Robot Layar Sentuh Microsoft Membuat Anda Bisa Meraba Otak

24 Jun 2013 14:15 2641 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Robot menjadi perpanjangan tangan manusia. Mereka banyak membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Seperti salah satu robot ciptaan Microsoft ini. Layar sentuh mungkin bukan hal yang baru lagi, tetapi teknologi layar sentuh yang merespon sentuhan Anda kedengarannya cukup fantastis.

Robot menjadi perpanjangan tangan manusia. Mereka banyak membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Seperti salah satu robot ciptaan Microsoft ini. Layar sentuh mungkin bukan hal yang baru lagi, tetapi teknologi layar sentuh yang merespon sentuhan Anda kedengarannya cukup fantastis.

Awal tahun ini TechFest, Microsoft Research memamerkan sejumlah aplikasi keren yang berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalah prototype haptic feedback toucscreeen yang diberi nama TouchMover. Teknologi layar sentuh yang memberikan umpan balik atau respon dari sentuhan. Mereka sedang mempersiapkan untuk mengumumkan teknologi baru yang mereka ciptakan secara detail, yang kita bahas kali ini hanya sebagian dari itu.

Cara kerja layar sentuh ini cukup sederhana namun mengagumkan. Dibelakang layar terdapat robot yang menjadi perangkat vital keajaiban ini bisa terjadi. Robot tersebut menggerakkan layar maju dan mundur sesuai dengan permuakaan benda yang kita sentuh. Misalahnya pada layar terdapat gambar bola, ketika Anda sentuh Anda akan merasakan seperti menyentuh bola sungguhan karena robot yang ada di nelakang layar menggerakkan layar sesuai permukaan bola yang Anda sentuh. Begitu juga dengan otak. Gambar otak pada layar juga merespon hal yang sama. Bila Anda menekan gambar otak tersebut dia akan merespon dengan tekanan balik yang lembut. Atau ketika Anda meraba otak tersebut, Anda akan merasakan ketidak rataaan permuakaannya. Efek ini semua membuat kita seperti menyentuh otak sungguhan.

Selain respon pada sentuhan seperti di atas, penglihatan kita juga di manipulasi di sini. Gambar akan berubah sesuai jarak pandang kita pada suatu objek bila digerakkan. Misalnya, kita sedang menggerakkn balok maka balok tersebut iktu menyesuaikan bentuknya. Bukan hanya itu, untuk benda yang memang nyatanya berat di layar ini kita juga merasakan beratnya dia ketika ingin di pindahkan.

 

Baca juga :

                    Robot yang Nyaris Mendekati Wanita Cantik Sempurna Telah Dibuat di Tiongkok

                    "Viking Horde," Virus Android Terbaru di Tahun 2016

 

Tampilan gambar pada robot layar sentuh ini real 3D. Anda bisa memindahkan barang-barang yang ada di gambar ke belakang benda yang lain dengan sentuhan. Ketika Anda mendorong suatu benda maka dia akan benar-benar terdorong di layar. Layard an gerakan robot yang ada di belakang layar seperti bekerja sama menciptakan sensasi se real mungkin untuk kita. Bukan hanya pandangan tetapi juga sentuhan.

Ini cukup membantu kedokteran pastinya. Dengan teknologi ini dokter bisa menjelaskan dengan gamblang kepada mahasiswanya atau pasiennya apa yang terjadi pada mereka. Mereka juga bisa merasakan langsung simulasi meyentuh tubuh mereka sendiri. Misalnya, terjadi benjolan di tangan Anda. Anda ingin merasakan seberapa kuat benjolan tersebut maka bisa menggunakan teknologi ini. Mari kita tunggu saja kemana teknologi ini dibawa Microsoft. Apakah untuk konsumsi publik atau hanya untuk orang-orang atau lembaga tertentu. Microsoft sadar, sensasi menyentuh itu kebanyakan bermain di otak dan penglihatan manusia sehingga masih bisa di manipulasi. Silahkan lihat video di bawah untuk lebih jelasnya:

[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel