Teknologi Live Streaming Video Pada Penyergapan Osama

31 May 2011 14:49 5457 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Teknologi live streaming video ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dipahami. Sistem live streaming video mirip dengan sistem Wifi, hanya saja pada skala yang lebih besar dan lebih kuat. Pembahasan teknologi live streaming video inilah yang akan Paseban kemukakan.

Memang serangan tempat persembunyian Osama Bin Laden yang dilakukan tentara AS telah terjadi beberapa waktu yang lalu. Namun yang menjadi perhatian Paseban pada artikel ini adalah foto dan pemberitaan media yang menggambarkan Presiden Obama beserta Tim-nya menyaksikan serangan tersebut secara langsung dari White House, meskipun kantor berita BBC melaporkan Obama bisa melihat serangan secara langsung, tetapi tidak semua hal dalam operasi penyergapan tersebut bisa Obama saksikan. Pembahasan teknologi live streaming video yang digunakan oleh Seal Team Six ini yang akan Paseban kemukakan.

Teknologi live streaming video ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dipahami. Sistem live streaming video hingga bisa sampai ke White house ini mirip dengan sistem Wifi, hanya saja pada skala yang lebih besar dan lebih kuat. Apabila diprediksikan, sistem penyampaian gambar dari lokasi penyergapan ke White House adalah sebagai berikut. Setiap kamera helm para tentara merupakan transmitter yang akan menyampaikan gambar ke sebuah kotak kecil yang berfungsi sebagai repeater.

Kotak repeater ini bisa menjadi relay bagi lima hingga enam kamera helm, dan para tentara menyebarkan kotak kecil tersebut terlebih dahulu. Dari kotak repeater gambar akan diteruskan ke helikopter yang telah standby dekat dengan lokasi penyergapan. Dari helikopter, relay gambar akan diteruskan ke satelit. Setelah itu White House tinggal mengunci posisi satelit dan mengambil gambar untuk ditampilkan pada layar video.

Kotak repeater yang berfungsi sebagai relay antara kamera helm tentara dengan helikopter bisa saja tidak digunakan apabila helikopter berada dekat dengan lokasi penyergapan. Tetapi akan lebih baik apabila kotak repeater tersebut digunakan untuk lebih memperkuat sinyal.

Secara logika, apabila sistem live streaming video ataupun Wifi berjalan sesederhana ini, bukankah sistem tersebut akan sangat mudah untuk disusupi oleh pihak lain? Live streaming video penyergapan bisa juga ditampilkan di layar video masyarakat umum, sistem Wifi bisa disusupi dan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun sistem sederhana tersebut telah diperkuat dengan metode Enkripsi untuk membuatnya menjadi lebih sulit untuk disusupi.

Enkripsi adalah sebuah proses yang melakukan perubahan sebuah kode dari yang bisa dimengerti menjadi sebuah kode yang tidak bisa dimengerti atau tidak terbaca, dan hanya pihak yang memiliki sistem pengkodean yang bisa mengubahnya (Deskripsi) menjadi data aslinya yang bisa dimengerti atau terbaca. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel