Cara Membersihkan AC Agar Usia Pakai Makin Maksimal

13 Jun 2013 22:00 15869 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Penggunaan yang hampir tiap hari merupakan salah satu penyebab mengapa AC menjadi mudah kotor dan kebanyak orang tidak tahu bagaimana cara membersihkan AC.

Keberadaan Air Conditioner pada penggunaan rumahan telah menjamur di beberapa kota Indonesia, mayoritas merupakan kota yang terletak di dataran rendah. Untuk wilayah dataran rendah yang panas dan merangkap sebagai kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, keberadaan AC hampir dapat dipastikan sebuah hal yang wajar untuk rumah-rumah kelas menengah ke atas. Penggunaan yang hampir tiap hari merupakan salah satu penyebab mengapa AC menjadi mudah kotor dan kebanyak orang tidak tahu bagaimana cara membersihkan AC. Namun satu hal yang kurang disadari oleh para pemiliknya terkadang kotornya AC dapat menjadi salah satu lasan menurunnya kemampuan benda ini untuk bekerja secara optimal. Dengan komponen yang kotor, tentu perputaran fan tidak akan optimal dan menyebabkan suhu yang dihasilkan tidak sesegar biasanya.

Artikel ini akan membahas tentang cara membersihkan AC sendiri. Dengan mengikuti tutorial singkat ini, Anda akan mengetahui bagaimana teknik membersihkan perangkat ini dengan baik sehingga tidak perlu menggunakan jasa tukang servis hanya untuk membersihkan perangkat elektronik yang satu ini. Cara yang digunakan termasuk sederhana dan mudah diterapkan. Tertarik untuk mengerjakannya?

Langkah pertama

Yang harus Anda lakukan adalah mengecek kondisi filter udara pada AC yang digunakan, jika filter udara dirasa cukup kotor maka Anda harus membeli yang baru untuk gantinya. Filter udara ini bisa didapat pada toko peralatan AC terdekat dari rumah Anda. Baca buku manual perangkat yang Anda gunakan untuk mengetahui ukuran dari filter udara tersebut, kemudian belilah filter yang ukurannya sama dengan yang tertera pada buku manual. Anda juga bisa membawa filter lama sebagai pembanding jika buku manualnya tidak ditemukan. Jika Anda merasa filter udara yang ada tidak terlalu kotor, maka Anda dapat melanjutkan cara membersihkan AC ini ke langkah kedua.

Langkah Kedua

Cara kedua adalah mematikan listrik melalui panel pada unit AC. Sekali lagi Anda mungkin harus mengecek buku manual untuk mengetahui letak power switch. Langkah ini harus dilakukan karena cara ini melibatkan penggunaan air yang pastinya akan berakibat fatal jika listrik masih mengalir pada perangkat Anda. Setelah listrik mati, Anda dapat mengganti filter udaranya, bila perlu.

Langkah Ketiga

Membersihkan bagian luar dan dalam dari blower. Buka tutup blower menggunakan obeng, gunakan sikat gigi untuk membersihkan celah yang sempit dan gunakan kuas untuk membersihkan area sisanya. Anda dapat mengganti kuas dengan benda lain jika ada. Cara pada langkah ini tidak mengharuskan Anda untuk menggunakan air dan detergen, Anda dapat melakukannya dengan keadaan kering jika ingin.

 

Baca juga :

                   4 Tips Berlari di Cuaca yang Panas

                   5 Film Perang Terbaik Wajib Tonton

 

Langkah Keempat

Keempat adalah membersihkan kondensornya. Kondensor adalah sebuah rangkaian komponen yang berbentuk seperti sayap baling-baling radiator yang umumnya terbuat dari alumunium. Caranya, siram dengan air berdetergen dengan hati-hati. Cara ini mengharuskan Anda menyiapkan sebuah baskom yang digunakan untuk menampung air kotor yang dihasilkan. Jangan lupa untuk melakukan bilasan terakhir menggunakan air bersih untuk melenyapkan sisa detergen, karena larutan detergen yang tertinggal dapat menyebabkan karat. Pastikan bahwa unit ini benar-benar bersih dan terbebas dari sisa air detergen. Cara di langkah keempat ini merupakan proses paling penting pada upaya Anda untuk membersihkanya, jadi lakukanlah dengan teliti.

Langkah Kelima

Kelima adalah proses finishing. Setelah seluruh komponen dirasa kering, pasang seluruh bongkaran perangkat AC yang tadi dilepas. Nyalakan ke sambungan listrik dan aktifkan perangkat AC Anda, rasakan bedanya. Cara ini pasti akan membawa perbedaan yang cukup signifikan.

Kesimpulan

Untuk membersihkan perangkat AC mengharuskan Anda menyiapkan filter udara baru dan buku manual bila perlu. Anda juga harus menggunakan obeng dan menyiapkan beberapa perlengkapan lain semisal sikat gigi, kuas dan air, detergen, serta baskom. Disarankan untuk menggunakan alat penyiram seperti gayung atau semprotan tanaman yang dapat menyiram dengan lebih efisien. Jangan lupa untuk menyiapkan metode pembuangan air kotor yang baik, karena cara ini pasti akan menghasilkan air kotor yang mungkin melebihi dugaan Anda.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel