Tips Memilih Nama Blog Yang Bagus

13 Jun 2013 19:00 15259 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berbagai macam blog mulai dari yang isinya seperti buku diary, travelling blog, seputar masakan dan lainnya banyak sekali ditemukan dan biasanya memiliki nama-nama yang unik. Bagi yang belum memiliki dan berniat membuatnya, hal pertama yang harus dipikirkan adalah tips memilih nama blog yang bagus.

Memiliki sebuah blog sudah menjadi hal biasa bagi orang-orang yang hobi berselancar di dunia internet. Berbagai macam blog mulai dari yang isinya seperti buku diary, travelling blog, seputar masakan dan lainnya banyak sekali ditemukan dan biasanya memiliki nama-nama yang unik. Bagi yang belum memiliki dan berniat membuatnya, hal pertama yang harus dipikirkan adalah tips memilih nama blog yang bagus. Memilih nama untuk sebuah situs tidak bisa disepelekan karena bisa dibilang sama seperti memberi nama untuk anak pertama, kenapa? Karena sebuah nama bisa menentukan banyak atau tidaknya orang-orang yang akan mengunjungi dan membaca postingan Anda. Jika Anda bingung bagaimana tips memilih nama Blog yang bagus, berikut triknya.

1. Sesuaikan Dengan Content Blog

Nama situs Anda sedikitnya haruslah bisa mendeskripsikan isi tulisan-tulisan yang Anda akan posting karena umumnya orang-orang melakukan pencarian dengan mengetikan hal apa yang ingin dicarinya di search engine. Jadi fokuskan nama situs Anda seperti bertema travelling, culinary, health & beauty, ataupun semacam buku harian (diary) sehingga hal ini akan memudahkan Anda memilih nama yang bagus. Bagi yang ingin membuat situs untuk kepentingan bisnis, perhatikan juga jenis perusahaan atau bisnis Anda untuk bisa mengerucutkan ide Anda.

2. Mudah Diingat

Kata-kata Simple is Better haruslah diterapkan dalam pemberian nama situs karena nama yang terlalu panjang dan ribet akan sulit diingat. Seunik apapun nama itu jika terlalu panjang dan banyak menggunakan istilah aneh maka orang pun malas untuk mengingatnya. Jika Anda termasuk orang yang kreatif cobalah bermain kata yang jika dilihat mulai dari yang khusus ke hal-hal yang general yang akan dibahas di situs Anda. Juga hindari kata-kata yang membuat bingung terutama jika menggunakan bahasa asing.

3. Hindari Penggunaan Kata Yang Membingungkan

Dalam membuat nama situs yang bagus, hindari menggunakan kata-kata yang membingungkan terutama jika Anda memilih menggunakan bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Jangan sampai Anda salah penulisan kata ataupun grammar walaupun memang banyak kata-kata dalam bahasa Inggris yang dibuat dalam bahasa slang-nya. Juga hindari menggunakan kata-kata yang mirip dengan tagline produk-produk tertentu karena bisa berujung dengan kebingungan pembaca dan tidak etis jika menjiplak hasil karya seseorang.

 

Baca juga :

                   7 Hal Mendasar dan Penting yang Harus ada Sebuah Blog

                   Kesederhanaan Musik dan Soto Ayam Pak Min yang Selalu Membuat Rindu

 

4. Perhatikan Domain Names

Banyak yang menyepelakan hal ini, tetapi untuk nama situs haruslah matching dengan domain name. Untuk nama domain.com dan .net itu berarti Anda men-self hosting blog Anda sendiri sedangkan untuk free hosting blog seperti domain WordPress atau Blogger, Anda bisa mencari nama domain yang tersedia di dalam sistem mereka. Kenapa hal ini penting? Karena suatu saat ketika orang mengunjungi situs ANda, mereka biasanya hanya mengingat nama blog-nya saja, sehingga ketika ingin mengunjunginya kembali mereka langsung mengetik nama blog dengan domain .com atau .net. Jika mereka tidak menemukannya mereka akan beralih ke blog lainnya.

5. Cek Availability Dari Nama Yang Akan Digunakan

Karena sudah banyak blog yang ada di internet maka bukan tidak mungkin nama yang ada di benak Anda ternyata sudah dipakai terlebih dahulu oleh para Bloggers lain. Caranya cukup mudah, ketik nama yang ingin dipakai di search engine dan lihat apakah ada nama yang terlihat mirip dengan milik Anda atau tidak. Melakukan pencarian terhadap competitors juga bisa dilakukan untuk melihat blog ‘saingan’ Anda dalam satu topik yang sama.

6. Diskusi Dengan Keluarga atau Sahabat

Terkadang untuk mendapatkan suatu ide yang bagus dan cemerlang, diskusi dengan keluarga atau sahabat perlu dilakukan dan Anda juga bisa menanyakan pendapat mereka terhadap usulan nama yang bagus dan Anda inginkan. Proses brain storming ini juga sangat berguna apalagi jika blog Anda sudah jadi, Anda bisa sekalian melakukan promosi agar mereka mengunjungi situs Anda.

Penamaan situs sama pentingnya dengan isi blog Anda sendiri. Jangan terburu-buru dalam memutuskan nama, ambil sedikit waktu dan biarkan pikiran Anda bermain-main dengan kata-kata. Semoga tips memilih nama blog di atas bisa membantu Anda memutuskan yang terbaik!

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel