Front Mission Evolved - Game Aksi Pertarungan Robot Yang Brutal

20 May 2013 19:00 3745 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana jika Anda menjalankan karakter sebagai robot dan melawan robot sebagai musuhnya? Aksi game pertempuran robot seperti itu dapat Anda nikmati dalam Front Mission Evolved.

Berjalan dan melakukan petualangan sebagai karakter manusia melawan musuh yang juga manusia, zombie, alien atau hantu. Tampaknya game dengan jalan cerita seperti itu sudah sangat mainstream dan banyak sekali pilihannya. Bagaimana jika Anda menjalankan karakter sebagai robot dan melawan robot sebagai musuhnya? Aksi game pertempuran robot seperti itu dapat Anda nikmati dalam Front Mission Evolved.

Front Mission Evolved adalah salah satu game yang masuk dalam jajaran game terbaik tahun 2010, menghadirkan pertempuran brutal antar robot yang dijalankan manusia. Game pertarungan robot ini digarap langsung oleh developer Double Helix Games dan publikasinya dilakukan oleh Square Enix. Game ini dalam bahasa aslinya, Jepang disebut Furonto Mission Eborubu, pertama kali dirilis pada bulan September 2010 di Jepang dan Amerika Utara dan Oktober 2010 di Eropa.

Ada 3 platform yang bisa Anda gunakan untuk memainkannya, di antaranya adalah Microsoft Windows, Xbox 360 dan PlayStation 3. Pihak pengembangnya mengklaim bahwa game ini memiliki dua genre sekaligus, yakni Tank & Mecha Sim dan Third-person Shooter. Tank & Mecha Sim merupakan salah satu genre yang masih jarang ditemui, hanya beberapa game modern saja yang ada. Perlu Anda ketahui bahwa Front Mission Evolved merupakan sekuel dari seri game Front Mission yang sudah ada sejak tahun 1995.

Plot cerita Mission Evolved berawal dari uji coba teknologi yang dilakukan oleh insinyur bernama Dylan Ramsey. Ia mendapat tugas untuk mengembangkan sebuah senjata jenis terbaru yang canggih dan modern, yakni Diable Avionics. Ramsey mengerjakan tugas tersebut di Long Island, New York dan mulai melakukan pengujian prototipe robot Wanser. Di saat ia sedang melakukan pengujian tersebut, ada sekelompok orang tidak dikenal yang menyerang kota New York. Ramsey sangat khawatir akan keselamatan ayahnya dan bergegas menuju kantor National Strategy Research Laboratory (NSRL). Ia menawarkan diri untuk membantu pasukan USN untuk melawan para penyerang. Akhirnya kedua belah pihak saling unjuk kekuatan dan perang konvensional tampaknya tidak berlaku. Yang ada adalah perang menggunakan robot, pesawat tempur, kendaraan lapis baja besar dan berbagai peralatan perang modern.

Kisah konflik besar dalam game ini diatur pada tahun 2171 atau abad 22 di mana semua negara adidaya mulai membangun struktur besar yang disebut orbital elevator. Dengan peningkatan jumlah satelit surveilans dan teknologi berbasis antariksa sedang dikembangkan, suasana ala Perang Dingin diatur sebagai serikat supranasional digunakan teknologi ini untuk mengawasi lawan mereka di Bumi. Perang pecah ketika salah satu elevator di Amerika Serikat diserang dan dihancurkan oleh penyerang tak dikenal.

Anda sebagai pemain ditugaskan untuk menggendalikan dan mengontrol sebuah robot besar yang dinamai Wanzer buatan insinyur Ramsey. Uniknya, disini Anda juga bisa melakukan kustomisasi dengan mengganti beberapa bagian yang tidak disukai seperti kaki, tangan dan body. Selain konstruksi bodi, Anda juga bisa menambahkan berbagai senjata ampuh yang bervariasi jenisnya seperti shotgun, machine gun, rifle, rocket launcher, dan missile launcher. Namun, di sini Anda tidak hanya melawan musuh dan sesukanya menembak. Cerdik-cerdiklah dalam menentukan senjata yang akan digunakan, sesuai lawannya agar efektif. Gunakan shotgun yang berkekuatan dahsyat untuk pertarungan jarak dekat, sedangkan untuk pertarungan jarak jauh bisa menggunakan rifle.

Selain melakukan kustomisasi pada robot Wanzer, Anda juga bisa mengatur skill yang nantinya digunakan untuk bertempur. Umumnya, skill tersebut bisa tergantung dari senjata yang Anda gunakan, dan jenisnya juga sangat banyak seperti Piercing Shot yang dapat langsung menghancurkan musuh dan EMP Blast yang membuat musuh terdiam (stun) selama beberapa detik sehingga mudah untuk melakukan damage. Semakin banyak slot yang terdapat pada senjata Anda, maka semakin banyak skill yang bisa dipasangkan pada senjata tersebut. Lalu apakah robot Wanzer berjalan sendiri dan hanya Anda yang mengontrolnya secara gamblang? Tidak, karena dibalik layar ada karakter manusia dari pasukan USN yang melakukan kontrol.

Dalam game ini setiap musuh memiliki keahlian tersendiri, contohnya adalah Brawler yang jago dalam serangan jarak dekat. Yang perlu diperhatikan, Wanzer juga dapat dihancurkan setiap bagian tubuhnya jiak kena serangan. Bagian tubuh yang hancur akan memengaruhi performanya, misalnya jika kakinya hancur maka kelincahannya akan berkurang secara drastis, atau mungkin tangannya yang hancur akan membuat akurasinya kacau.

Amazon.com adalah salah satu distributor resmi penjual media game ini, Anda bisa mendownloadnya melalui link ini. Untuk Blu-ray Disc PS3 dihargai USD8.45, untuk Xbox 360 dihargai USD8.95, sedangkan untuk platform PC Microsoft Windows hanya USD3.95. Untuk informasi lebih lengkap dari game ini, Anda bisa mengunjungi situs resminya di sini. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel