OnePlus One, Ponsel Android Berbasis CyanogenMod 11S

23 Jul 2014 19:00 4346 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Persaingan bisnis smartphone di Tiongkok saat ini semakin kompetitif. Sebelumnya, ponsel-ponsel dengan merek Huawei, OPPO dan Xiaomi pasti sering Anda dengar. Namun, kali ini terdapat pemain baru yang menamai dirinya OnePlus. Pemain baru di kancah ponsel pintar OnePlus ini didirikan oleh mantan CEO dari Brand OPPO dan Brand ini baru saja diperkenalkan di kota Beijing beberapa waktu lalu.

Saat ini, kancah gadget dunia telah memiliki pemain baru. Meskipun baru beberapa waktu yang lalu diperkenalkan kepada publik, namun Vendor ini memiliki cukup pengalaman terutama karena CEO Brand ini merupakan mantan CEO Brand OPPO. Vendor ini memiliki nama OnePlus yang saat memperkenalkan dirinya kepada publik juga merilis ponsel Android terbaru buatannya.

Ponsel Android OnePlus One ini memiliki nama “ONE” yang sangat sesuai karena merupakan produk perdana yang dirilis OnePlus. Mengusung spesifikasi tinggi seperti adanya layar sentuh berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD, ponsel Android OnePlus One ini juga dilengkapi dengan prosesor Quad Core serta kamera beresolusi 13 Megapiksel. Yang paling menarik di dalam OnePlus One adalah adanya sistem operasi CyanogenMod 11S yang di kustomisasi oleh developer berbasis Android 4.4.2 KitKat.

 

Desain dan Layar

Dari segi desain, tampak sekilas ponsel Android terbaru ini mirip dengan desain yang ada di dalam Oppo Find 7 terutama dari segi penempatan layar dan tombol volume. Dibekali dengan pilihan Silk White dan Sandstone Black, ponsel OnePlus One hadir dengan dimensi bodi sebesar 152.9 x 75.9 x 8.9 mm dengan bobot seberat 162 gram. Saat menggenggamnya, pengguna sendiri akan merasakan kenyamanan karena ponsel ini memiliki sisi yang tipis serta penggunaan Casing plastik Doff pada Cover belakang. Berbekal layar sentuh berukuran 5,5 inci, layar yang dihadirkan akan sangat memuaskan Anda karena memiliki resolusi Full HD 1,920 x 1,080 piksel. Dengan dukungan fitur IPS yang memberikan kenyamanan mata saat menggunakannya di bawah sinar matahari, OnePlus One juga dibekali proteksi dari Corning Gorilla Glass 3 serta mendukung Multitouch hingga 10 jari.

Desain dan Layar OnePlus One

Desain dan Layar OnePlus One

 

 

Hardware

Dari segi performa, ponsel Android terbaru ini mengandalkan Chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 dengan prosesor Quad Core 2.5 GHz Krait 400. Mengenai kecepatan yang dihasilkan, Anda tentu akan merasakan kepuasan karena ponsel ini akan menghasilkan kecepatan yang tinggi saat digunakan untuk menjalankan fitur multimedia, gaming maupun sekedar browsing. Berjalan pada sistem operasi Android 4.4.2 KitKat, OnePlus One sendiri mengkustomisasinya Software yang ada sehingga memiliki tampilan, Setting dan fitur yang unik bernama CyanogenMod 11S.

Hardware OnePlus One

Hardware dari OnePlus One yang berdesain apik dan premium

 

Memori Penyimpanan

Ponsel OnePlus One didukung oleh RAM berukuran 3 GB yang mampu mengakomodir segala macam kebutuhan pengguna dengan membuat ponsel ini berjalan dengan sangat mulus. Pengguna sendiri dapat memanfaatkan memori penyimpanan yang ada di dalam ponsel ini dengan kapasitas yang disediakan sebesar 32 GB dan 64 GB.

 

Kamera

Ponsel ini dibekali kamera utama pada sisi belakang yang memiliki ukuran sebesar 13 Megapiksel. Adanya sensor Sony Exmor IMX 214 yang digunakan tentu membuat kualitas gambar yang dihasilkan semakin lebih jernih. Terdapat juga fitur Dual LED Flash dan auto fokus yang mampu menunjang kebutuhan fotografi Anda. Tidak hanya kamera depan yang mampu menghasilkan gambar yang baik, pada sisi depan juga terdapat kamera berukuran 5 Megapiksel yang dapat Anda gunakan.

Kamera utama dan depan pada OnePlus One

Kamera utama dan depan pada OnePlus One

 

 

Konektivitas

Ponsel OnePlus One memiliki Slot Micro SIM Card yang mendukung jaringan GSM 850, 900, 1800, 1900, 2100 MHz dan LTE LTE 700 / 1700 / 2600 /2300/2100/1800. Tidak hanya itu, ponsel ini juga memiliki dukungan fitur konektivitas lainnya seperti NFC, Bluetooth 4.0, Wi-Fi 802.11 b, g, n, n 5GHz Tethering dan MicroUSB 2.0.

 

Fitur Lain

Selain menghadirkan spesifikasi dan fitur yang lengkap, OnePlus juga tidak lupa menyematkan fitur pendukung di dalam ponsel ini, seperti sensor Accelerometer, Gyro, Proximity dan Compass, Video dan Music Player, dan aplikasi dari Google Service seperti Google Play Store, Gmail, Google Maps, YouTube dan Google Music. Untuk mendukung Anda beraktifitas, baterai berkapasitas 3100 mAh didalam ponsel ini tentu akan sangat mendukung Anda.

Skema Speaker dan microphone pada OnePlus One

Skema Speaker dan microphone pada OnePlus One

 

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang sangat tinggi, ponsel Android terbaru ini cukup bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang ingin merasakan ponsel dengan OS Android Based selain Nexus. Selain itu, desain elegan namun minimalis pada ponsel ini serta kualitas layar Full HD yang didukung oleh prosesor Quad Core tentu semakin memberikan kenyamanan bagi Anda. Dengan pilihan memori internal yang berbeda, Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp 3,2 juta untuk versi 16 GB dan Rp 3,8 juta untuk versi 64 GB. OnePlus One sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 16 Mei 2014 di negara-negara yang tersebar di Asia, Eropa dan Amerika. [ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel