Samsung Galaxy Golden - Smartphone Android dengan Desain Flip Klasik

6 Nov 2013 16:00 3280 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Smartphone dengan sistem operasi Android sangat kental dengan desain candy bar berlayar sentuh penuh. Hal ini tentu sangat jauh berbeda dengan era handphone satu dekade yang lalu yang mengusung berbagai macam desain. Namun kini Samsung mencoba memberikan terobosan baru dengan menghadirkan smartphone Android yang memiliki desain flip layaknya feature phone klasik.

Smartphone dengan sistem operasi Android sangat kental dengan desain candy bar berlayar sentuh penuh. Hal ini tentu sangat jauh berbeda dengan era handphone satu dekade yang lalu yang mengusung berbagai macam desain. Namun kini Samsung mencoba memberikan terobosan baru dengan menghadirkan smartphone Android yang memiliki desain flip layaknya feature phone klasik. Smartphone ini diberi nama Samsung Galaxy Golden karena merujuk kepada warna casingnya yang berwarna emas. Bagaimanakah spesifikasi serta kelebihan dari smartphone terbaru Samsung ini? berikut Paseban akan mengulasnya untuk Anda.

Desain / Dimensi / Berat

Dari sisi desain, Samsung Galaxy Golden ini mengusung desain flip phone yang sangat klasik. Smartphone ini juga mengusung keypad angka klasik dan bukan keypad QWERTY seperti kebanyakan smartphone saat ini. Menariknya, smartphone ini dilengkapi oleh dua buah layar sekaligus sehingga Anda bisa tetap menggunakan smartphone ini secara normal baik ketika dibuka ataupun ketika ditutup. Secara keseluruhan, smartphone ini memiliki dimensi sebesar 118 x 59.5 x 15.8 mm dan berat 179 gram. Smartphone ini juga tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan emas.

Layar

Smartphone terbaru besutan perusahaan asal Korea Selatan ini mengusung dua buah layar sekaligus, yaitu layar luar dan layar dalam. Layar luarnya memiliki ukuran sebesar 3,5 inch dan layar dalamnya memiliki ukuran sebesar 3,7 inch. Kedua layar tersebut menggunakan teknologi Super AMOLED capacitive touchscreen yang mampu menampilkan warna hingga 16 juta jenis. Keduanya juga memiliki resolusi sebesar 480 x 800 piksel dan kerapatan layar sebesar 252 ppi. Dengan dua buah layar yang dimilikinya ini, maka Anda dapat mengoperasikannya layaknya smartphone sentuh Android lainnya, ataupun dengan gaya smartphone klasik.

Performa

Dari segi performa, Samsung Galaxy Golden ini mengusung performa yang tidak main-main untuk ukuran smartphone kelas atas. Smartphone ini dibesut oleh prosesor Qualcomm MSM8930 Snapdragon 400 Dual-core 1.7 GHz Krait. RAM yang dibenamkannya juga cukup besar yaitu 1,5 GB sehingga smartphone ini dapat digunakan dengan lancar untuk urusan multitasking. Pengolah Grafis Adreno 305 juga sudah dibenamkan untuk memdukung smartphone ini dalam menjalankan berbagai macam aplikasi maupun game. untuk sistem operasinya, smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean.

Kamera

Kamera yang diusung oleh Samsung Galaxy Golden ini juga tidak bisa dianggap sepele. Smartphone ini menyediakan kamera utama yang memiliki resolusi sebesar 8 MP yang dilengkapi dengan fitur autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, dan face and smile detection. Kamera utama ini juga mampu merekam video high definition dengan resolusi 1080p pada kecepatan 30 fps. Untuk kamera sekundernya, smartphone ini menyematkan kamera dengan resousi 1,9 MP yang dapat dipakai untuk keperluan video chatting dan lainnya.

Memori Penyimpanan

Dalam hal media penyimpanan data, smartphone besutan produsen asal negri ginseng ini dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 16 GB. Jika kapasitas memori internal tersebut dirasa belum mampu menampung data yang Anda miliki, maka Anda dapat menambahnya dengan memori ekstenal Micro SD hingga kapasitas 64 GB.

Baterai

Untuk urusan penyimpanan daya, smartphone ini dibekali dengan baterai Li-Ion dengan kapasitas sebesar 1820 mAh. Di atas kertas, kapasitas tersebut dirasa kurang karena smartphone ini mengusung spesifikasi yang tinggi serta dua layar sekaligus.

Konektivitas dan Fitur Lainnya

Untuk konektivitasnya, smartphone ini telah dibekali dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hotspot, DLNA, Bluetooth v4.0 with A2DP, microUSB v2.0 (MHL). Fitur lainnya yang terdapat di smartphone ini adalah HTML5, FM Radio, GPS with A-GPS support and GLONASS, SNS integration, MP4/DivX/XviD/WMV/H.264/H.263 player, MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player, Organizer, Image/video editor, Document viewer, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa, Voice memo/dial/commands, dan Predictive text input (Swype).

Kesimpulan

Hadirnya berbagai macam jenis smartphone terbaru tampaknya tidak menyurutkan minat konsumen terhadap handphone klasik. Oleh karena itu, Samsung Galaxy Golden hadir sebagai smartphone modern yang tetap mengusung desain klasik. Walaupun desainnya klasik, namun spesifikasi yang diusungnya sangatlah tangguh dan tidak bisa dianggap sebelah mata. Ketangguhan smartphone ini juga tercermin dari harganya yang ada pada kisaran USD 700 atau sekitar 7 juta rupiah. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel