Mengenal Lebih Dekat Dengan Sistem Operasi Symbian OS

16 Aug 2013 12:45 14506 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa tahun yang lalu, sebelum munculnya Android dan iOS, dunia sistem operasi mobile dikuasai oleh sebuah nama yaitu Symbian OS.

Beberapa tahun yang lalu, sebelum munculnya Android dan iOS, dunia sistem operasi mobile dikuasai oleh sebuah nama yaitu Symbian OS. Kokohnya kekuasaan Symbian di puncak sistem operasi mobile tidak lain karena Nokia yang merupakan partner sejatinya adalah penguasa ponsel saat ini. Sekedar mengenang kejayaan sistem operasi ini pada beberapa tahun yang lalu, kali ini Paseban akan mengulas seluk beluk mengenai sistem operasi Symbian ini.

Sejarah

Symbian adalah sistem operasi yang tak bebas bergerak yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk peralatan bergerak seperti mobile. Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Pada awalnya saham Symbian dikuasai oleh Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%). Namun kemudian Nokia membeli seluruh sahamnya pada tahun 2008.

Symbian sendiri terdiri atas beberapa jenis OS (Operating System) yaitu Symbian S60, S80, S90 dan UIQ. Nokia lebih berkutat pada S60, S80 dan S90 sementara UIQ hanya digunakan pada ponsel Sony Ericsson seri P dan M. Oleh Nokia, symbian pada awalnya merupakan system operasi tertutup alias tidak bisa diutak-atik oleh pihak lain dalam pengembangan softwarenya. Namun karena terdesak oleh Android yang sudah open source, akhirnya Nokia merilis symbian S^3 yang sudah go open source alias dipersiapkan menuju system operasi terbuka, namun belum sepenuhnya open source. Nokia menjanjikan akan full open source beberapa tahun lagi.

Symbian S60 yang dikembangkan oleh Nokia terdiri atas beberapa jenis lagi yang kita kenal dengan sebutan S60v1, S60v2, S60v3, S60v5 atau S^1, S^3, Symbian Anna dan terakhir Symbian Belle. Apa perbedaan dari masing-masing symbian itu?

Symbian S60v1 merupakan OS Symbian yang pertama dikembangkan oleh Nokia untuk ponsel-ponsel smartphone mereka. Nokia 7650 adalah symbian s60v1 pertama yang dirilis oleh Nokia. Selanjutnya berturut-turut Nokia 3650, 3660, N-Gage, dan N-Gage QD. Setelah itu, Nokia melanjutkan pengembangan OS Symbian S60v2 dengan ponsel pertamanya Nokia 6600, kemudian Nokia 7610, 3230, 6630, 6681, 6680, N70 dan lainnya.

Setelah sukses dengan OS Symbian-nya, Nokia kemudian merilis OS Symbian terbaru-nya yaitu S60v3 yang dikenalkan pertama dengan ponsel tipe 3250. Dilanjutkan lagi dengan S60v5-nya di Nokia 5800. Kemudian N8 sekelasnya dengan Symbian S^3 dan Symbian Anna di E6.

Perbedaan Versi

Lalu,apa perbedaan OS Symbian itu masing-masing? Untuk OS Symbian S60v1 dan S60v2, hampir tidak terdapat perbedaan berarti pada keduanya selain system yang lebih fresh. Kelemahan dari keduanya adalah mudah terserang virus. S60v1 dan S60v2 memang dikembangkan tanpa system keamanan yang mumpuni sehingga untuk mengamankan ponsel, antivirus itu wajib untuk di pasang. Sementara pada symbian s60v3, system keamanannya sudah dibuat dengan baik oleh Nokia sehingga untuk saat ini atau lebih tepatnya hingga saat ini, s60v3 tidak mungkin terserang virus.

Kelebihan

Symbian terbilang OS yang paling laris pada tahun 2007 sampai 2010 kemarin karena memang belum ada yang menandinginya waktu itu. Symbian juga terbukti bisa tampil baik pada ponsel dan dirancang untuk multimedia, hampir semua aplikasi yang kompatibel bisa dipasang di sana. Symbian merupakan sistem operasi besutan Nokia dan vendor besar lainnya yang tidak diragukan lagi kualitasnya.

Kekurangan

Pada saat beberapa tahun lalu mungkin symbian yang paling populer, namun tidak untuk saat ini, Symbian merosot dengan adanya OS baru besutan dari merek dagang yang lain, seperti iphone atau yang paling berat yaitu Android yang sudah sangat populer saat ini. Karena symbian isinya atau konfigursi systemnya hampir sama dengan komputer, symbian rentan terkena virus. Tentu saja virus ponsel, kadang juga virus dari komputer tapi biasanya tidak terlalu berbahaya sampai yang berbahaya sampai ponsel tidak bisa dihidupkan lagi.

Sekarang keseluruhan saham di symbian limited telah dimiliki oleh Nokia dan posisi sistem operasi Symbian sebagai penguasa pasar sistem operasi bergerak telah direbut oleh sistem operasi buatan Google yaitu sistem operasi Android yang meluncur pada akhir tahun 2009 dengan ponsel pertamanya HTC dreaam g1. Vendor ponsel seperti Samsung, LG, dan Sony sekarang tidak lagi menggunakan sistem oprasi Symbian dan menyatakan berhenti mendukung sistem operasi ini. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel