1

Inilah Daftar 5 Perusahaan Komputer Terbesar di Dunia

16 Apr 2013 23:45 33416 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ini dia 5 daftar nama perusahaan besar dunia yang bergerak di bidang produksi komputer, siapa yang paling inovatif akan bertahan.

Beberapa tahun ini bisnis PC yang terdiri dari laptop maupun komputer dekstop kabarnya tidak semanis dulu. Saat ini konsumen banyak tergoda untuk memakai tablet atau smartphone ketimbang membeli perangkat komputer yang baru. Hasil riset IDC mencatat penurunan sampai 14% pada kuartal pertama. Beberapa vendor komputer besar akhirnya mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan. Namun beberapa perusahaan masih mampu menjual cukup banyak komputer, khususnya perusahaan besar yang berada di atas. Berikut daftar nama perusahaan komputer terbesar di dunia dari terbawah hingga teratas yang dikeluarkan oleh IDC:

Asus

Asus menempati urutan ke 5 dari daftar nama perusahaan komputer terbesar di dunia. Dari data yang ada Asus mampu mengapalkan 4,4 juta unit komputer pada kuartal I tahun 2013 dengan pangsa pasar 5,7 %. Perusahaan asal Taiwan ini mengalami penurunan penjualan 19,2 % dibanding tahun 2012 lalu. Asus saat ini menjual laptop dan komputer berbasis Windows 8. Tak hanya itu, Asus juga merilis tablet PC Windows serta Android. Perusahaan ini juga baru saja merilis Asus MemoPad, sebuah tablet PC Android yang dibanderol. Saat ini Asus juga mencoba membuat sebuah terobosan pada perangkat Android dan dinamakan PadFone. PadFone merupakan smartphone yang bisa disatukan dengan PC.

Acer

Acer hanya mampu mengapalkan 6.2 juta unit laptop dan komputer pada kuartal I tahun 2013 dan meraih market share hanya 8,1 %. Perusahaan yang berada pada posisi ke 4 di daftar nama perusahaan PC terbesar di dunia ini menderita persentase penurunan yang cukup signifikan pada angka 31,1 %. Dan sama dengan yang dilakukan oleh para vendor PC lainnya, perusahaan ini berusaha mengantisipasi peralihan konsumen ke tablet ataupun smartphone. Perusahaan ini menciptakan lini tablet android yang diberi nama Iconia dan juga tablet Windows. Perusahaan Acer juga mencoba terjun ke dunia industri smartphone. Meskipun kiprahnya tidak terlalu sukses, smartphone merk Acer terus mengeluarkan model terbarunya secara konsisten.

Dell

Perusahaan ini mampu membuat dirinya menempati urutan ketiga besar dalam daftar nama perusahaan PC terbesar di dunia. Vendor ini berhasil mengapalkan sebanyak 9 juta unit komputer di kuartal I tahun 2013 ini dengan pangsa pasar 11,8 %. Perusahaan ini mengalami penurunan angka jual sebesar 10,9 % dibanding pada tahun sebelumnya di tahun 2012. Perusahaan PC yang didirikan oleh Michael Dell ini memang bisa dikatakan tidaklah sejaya dulu lagi. Perusahaan ini juga mencoba keberuntungan di dunia smartphone namun nasibnya sama seperti rekan dibawahnya, Acer. Perusahaan ini juga tidak menuai keberuntungan seperti yang diharapkan. Beberapa waktu lalu perusahaan ini dikabarkan tidak akan memperjualkan sahamnya lagi dilantai bursa efek. Perusahaan ini akan dikelola sepenuhnya oleh Michael Dell sendiri.

Lenovo

Menempati urutan ke 2 pada daftar nama perusahaan PC terbesar, membuat vendor ini masih tetap exis di dunia industri PC. Lenovo tercatat mampu melakukan pengapalan sebanyak 11,7 juta item komputer hasil produksinya dan berhasil membidik pangsa pasar hingga 15,3 %. Lenovo merupakan satu-satunya produsen PC yang jumlah pengapalan perangkatnya tidak mengalami penurunan seperti rekan-rekan lainnya. Perusahaan dari negeri China ini memang sedang naik daun, padahal perusahaan PC lainnya sedang mengalami masa tidak mengenakkan. Pada industri smartphone, perusahaan ini juga mulai mengepakkan sayapnya. Terutama pada negara asalnya, China. Di negara tirai bambu Lenovo meraih pangsa pasar yang sangat signifikan.

Hewlett Packard

Perusahaan ini menempati urutan teratas pada daftar nama perusahaan yang dikeluarkan oleh IDC. Perusahaan ini tercatat mampu mengapalkan sebanyak 12 juta unit komputer pada kuartal I tahun 2013 dengan raihan market share 15,7%. Data ini turun sebanyak 23,7 % pada tahun 2012 dalam satu periode. Perusahaan pembuat komputer ini sudah sejak lama telah menjadi perusahaan komputer terbesar di dunia. Kejayaan perusahaan ini juga ditunjang oleh keberhasilan merk Compaq yang juga merupakan milik perusahaan ini. Namun, HP perlu khawatir dengan tekanan hebat vendor asal Cina yang agresif. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel