Cek Asal Usul Smartphone Anda dengan IMEI

23 Aug 2011 13:00 4248 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setiap perangkat GSM memiliki*IMEI (International Mobile Equipment Identity), dari IMEI inilah operator jaringan dan pihak lain bisa melacak apakah sebuah smartphone adalah barang curian atau bukan.

Setiap perangkat GSM memiliki IMEI (International Mobile Equipment Identity), dari IMEI inilah operator jaringan dan pihak lain bisa melacak apakah sebuah smartphone adalah barang curian atau bukan.

Pasca kerusuhan di Inggris, banyak smartphone dinyatakan hilang dan dicuri, laporan menyatakan kebanyakan barang yang hilang adalah iPhone dan iPad. Operator jaringan Inggris pun ikut berpartisipasi mengatasi beredarnya barang curian di pasaran dengan memperketat sistem keamanan dan akan memblokir smartphone atau tablet dengan fitur 3G yang memiliki IMEI terdaftar sebagai barang curian.

Hal ini bisa dijadikan pelajaran bagi kita untuk lebih berhati-hati dengan tawaran menggiurkan akan smartphone dengan harga sangat miring, yang memiliki potensi besar sebagai barang curian. Karena kini Anda mengetahui bahwa berdasarkan sebuah IMEI, smartphone atau tablet dengan fitur 3G bisa diblokir oleh operator jaringan. Hal ini juga bisa Anda jadikan pelajaran untuk segera melaporkan IMEI smartphone atau tablet dengan fitur 3G Anda yang dicuri.

Namun sayangnya sistem keamanan dengan memblokir berdasarkan IMEI ini belum sepenuhnya sempurna, karena unblock IMEI (berbeda dengan unlock) masih mungkin dilakukan. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel