1

Dengan SSD Ini, Harga Produk akan Lebih Murah

28 May 2015 20:00 2569 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
 Perusahaan Sandisk menghadirkan SSD Z400s yang rencanannya akan dibanderol dengan harga murah.

Teknologi penyimpanan SSD saat ini lebih baik dibandingkan penyimpanan HDD. Sudah jadi rahasia umum, kalau SDD terkenal dalam kemampuannya dalam menyimpan data dan durabilitas yang baik. SSD juga terkenal dengan kecepatan baca dan nulis yang lebih baik dibandingkan HDD. Tapi SSD memiliki kelemahan yang membuat semua pengguna komputer agak malas meliriknya, mahal. 

Tidak semua orang memiliki cukup dana untuk membeli SSD. Tidak aneh jika kemudian pengguna masih melirik HDD untuk menyimpan data karena kapasitasnya lebih besar. Sekali lagi, faktor mahal memang menjadi “pagar pembatas” bagi pengguna komputer untuk melirik media penyimpanan yang satu ini. 

Menilik kondisi ini, Sandisk mencoba menghadirkan SSD dengan harga yang terjangkau. Perusahaan yang gemar menciptakan produk penyimpanan data ini menghadirkan SSD Z400s yang rencanannya akan dibanderol dengan harga murah. Diharapkan, kehadiran SSD ini jadi solusi untuk pengguna komputer yang memang agak malas untuk membeli SSD karena harganya yang mahal. 

SSD (Solid State Drive) Z400s sendiri adalah produk penyimpanan dengan kemampuan 5 kali lebih cepat dibandingkan HDD dalam membaca data. SSD ini juga lebih hemat daya. Pihak Sandisk mengklaim jika SSD (Solid State Drive) Z400s hanya mengonsumsi daya 20 kali lebih rendah dibandingkan HDD.

Sayangnya, SSD ini tidak dijual langsung ke pengguna. SSD ini ditujukan untuk para produsen atau dalam hal dirancang untuk keperluan OEM (Original Equipment Manufacturer) PC dan aplikasi embedded. Jadi, nantinya, produsen komputer semacam Asus, Dell, dan kawan-kawannya akan memilih menggunakan SSD yang satu ini dibandingkan dengan HDD. Penggunaan SSD ini nantinya tidak akan membuat banderol produk jadi mahal. Produk SSD ini sendiri memang ditujukan untuk hadir pada perangkat komputer yang ada di kelas entry-level.

Lantas, bagaimana teknologi SSD yang satu ini? SSD ini dibangun dengan chip memori dengan teknologi fabrikasi 15nm. Dengan teknologi fabrikasi itu, SSD ini hanya mengonsumsi daya 30mW saja. Sementara untuk chip yang digunakan di dalamnya adalah chip MLC (Multi-Level Cell) dan dukungan kontroler dari Silicon Motion SM2246XT. Dikutip Plimbi dari berbagai sumber, SSD Z400s ini akan hadir dalam kapasitas 32GB sampai 256GB. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel