1

Internet.org Hadirkan Layanan Akses Internet Gratis di Indonesia

20 Apr 2015 13:00 6445 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Internet.org adalah program dari Facebook yang hadirkan layanan akses internet gratis di Indonesia dengan menggunakan kartu Indosat

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook memiliki visi yang bagus dalam menghadapi tantangan informasi dan teknologi kedepannya. Salah satu langkahnya dimulai dengan menghadirkan Internet.org pada tahun 2014. Prrogram  ini merupakan program layanan akses internet gratis untuk negara berkembang, termasuk Indonesia. 

Zukerberg sudah menghadirkan layanan akses internet gratis ini di beberapa negara. Dan Indonesia mendapat kesempatan layanan ini pada April 2015. Bekerjasama dengan salah satu operator di Indonesia, Indosat, Internet.org  sudah bisa dinikmati oleh pengguna Indosat untuk mengakses internet gratis, terutama situs jejaring sosial Facebook.

Internet.org

Dilansir dari laman Kompas.com (20/04/2015) yang mengutip status Facebook Zuckerberg, kehadiran Internet.org diharapkan akan membantu orang Indonesia dalam memanfaatkan internet lebih luas lagi. Menurut Zukerberg, internet di Indonesia bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal positif seperti untuk mengembangkan karir, layanan kesehatan, program pendidikan dan komunikasi. Kehadiran internet.org juga membuat nilai harga akses internet menjadi lebih murah.

 

Cara Kerja Internet.org

Lalu, bagiamana cara kerja layanan Internet.org ini agar bisa mendapatkan akses gratis internet? Caranya cukup mudah. Pengguna hanya perlu menggunakan kartu SIM dari Indosat. Setelah itu, pengguna cukup masuk ke situs internet.org. Nantinya, situs ini akan menghadirkan beberapa situs lokal dan Facebook yang bisa diakses secara gratis.  Setidaknya ada sekitar 15 situs gratis yang bisa diakses gratis lewat internet.org. Kelimabelas situs tersebut terdiri dari situs e-commerce, situs lowongan kerja, situs pencarian, situs pendidikan, dan juga situs kesehatan. Nah, pengguna cukup memilih situs mana yang ingin dikunjungi. Tidak perlu takut mengambil kouta, karena sekali lagi, Internet.org menghadirkannya secara gratis.

 

Tak Sekadar Hadirkan Layanan Gratis

Program Internet.org  sendiri bukanlah  program main-main. Program ini membantu pemerintah dalam menghadirkan akses internet di daerah-daerah yang sebelumnya tidak tersentuh jaringan internet. Dan dalam praktiknya, layanan ini telah bekerjasama dengan berbagai pimimpnan teknologi, berbagai komunitas internasional maupun lokal. Jadi, dalam hal ini, Internet.org bukan sekadar memanjakan pengguna yang ingin gratisan tetapi lebih ke arah program kemanusiaan.

 

Tujuan Internet.org

Bukan hanya membantu pemerintah, program ini juga memiliki tujuan lainnya. Misalnya, adalah peningkatan jumlah pengguna internet. Dengan adanya layanan gratis ini, semua orang dari berbagai kelas ekonomi akan bisa mengakses internet. Termasuk para pengguna akses internet lewat jaringan 2G. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatakan kondisi sosial ekonomi lebih mudah dan tidak terkendala masalah biaya akses internet. Selain itu, program ini juga secara langsung akan membuat jumlah pemakai kartu SIM dari Indosat meningkat. Sangat potensial sekali, Indosat akan kebanjiran pelanggan baru atau pelanggan yang hijrah dari operator lain.

Lalu, apakah program ini akan bertahan selamanya? Layanan gratis dari Internet.org ini buah kerjasama Facebook dan Indosat dengan jangka waktu  selama dua tahun. Bukan tidak mungkin, kedua perusahaan ini nantinya akan memperpanjang program Internet.org. Tentunya hal ini juga akan terus disepakati secara kedua belah pihak lewat evaluasi yang akan dilangsungkan secara berkala. [HMN]

 

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel