Cara Membuat Blog dengan Platform Blogspot (Blogger) dengan Mudah

13 Nov 2014 18:00 4289 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bila Anda salah satunya yang ingin tahu cara membuat Blog, maka Anda datang pada halaman yang tepat. Entah alasan Anda membuat Blog untuk mengutarakan ide dan pemikiran Anda, untuk keperluan promo bisnis, atau untuk eksis belaka, Anda perlu tahu tentang cara membuat Blog.

Pertanyaan tentang cara membuat Blog masih banyak dicari oleh orang. Tidak sedikit para pengguna internet yang mencari tahu tentang sesuatu yang disebut dengan Blog ini. Mereka mungkin mendengar dari temannya atau melihat sebuah Website Blog sehingga tertarik untuk membuatnya sendiri. Sebagian dari mereka mungkin mencari eksistensi dari Blog seperti halnya di jejaring sosial. Sebagian lagi menjadikan Blog sebagai sebuah media promo untuk kepentingan bisnis.

Bila Anda salah satunya yang ingin tahu cara membuat Blog, maka Anda datang pada halaman yang tepat. Entah alasan Anda membuat Blog untuk mengutarakan ide dan pemikiran Anda, untuk keperluan promo bisnis, atau untuk eksis belaka, Anda perlu tahu tentang cara membuat Blog. Dan kali ini akan dibahas cara membuat Blog dengan platform yang paling terkenal di internet, yakni Blogspot (Blogger).

 

Tentang Blog dan Blogspot

Sebelum membahas tentang cara membuat Blog di Blogpspot, Anda tentunya sudah tahu tentang Blog. Bagi yang belum tahu, maka akan dijelaskan sedikit perihal Blog ini. Hal ini bertujuan agar Anda bisa membedakan mana yang disebut Blog dan mana yang disebut dengan website. Banyak orang yang terjebak pada hal ini sehingga kadang tidak bisa membedakan mana Blog mana website.

Website merupakan sebuah halaman yang didalamnya terdapat berbagai informasi dan bisa diakses melalui jaringan internet. Sementara itu, Blog merupakan bagian dari website yang didalamnya terdapt tulisan yang dibuat pemilikinya. Secara sederhana, Blog adalah diary online atau catatan harian yang ada dalam jaringan internet.

Dari pengertian tersebut diketahui bahwa Blog merupakan bagian dari website. Website cakupannya lebih luas sementara Blog umumnya berupa tulisan atau suatu karya tertentu saja. Dan Blog memiliki berbagai platform. Salah satunya yang terkenal adalah Blogspot (sekarang bernama Blogger). Platform Blog ini merupakan jenis Blog yang cukup mudah digunakan. Blog ini sendiri berada dalam lingkup Google. Jadi, bila Anda sudah mempunyai akun Google, maka Anda bisa langsung membuat Blog ini tanpa daftar terlebih dahulu.

 


Langkah Membuat Blog di Blogspot

Cara membuat Blog di Blogspot (Blogger) bisa Anda lakukan dengan mengakses situs Blogger. Anda juga bisa mengaksesnya dengan cara memasukan kata kunci tersebut di mesin pencari. Setelah itu Anda masuk ke www.Blogger.com. Anda akan diminta memasukan akun Gmail (Google). Bagi yang sudah punya sila masuk dan bagi yang belum sila buat terlebih dahulu. Anggap saja Anda sudah punya akun Google, dan Anda tinggal ikuti langkah berikut ini.

 

  1. Setelah Anda masuk akun Google, Anda akan dihadapkan pada tampilan untuk membuat profil Google Plus dan membuat Blog. Anda bisa memilih membuat Google Plus (jejaring sosial buatan Google) atau Anda bisa langsung memilih membuat Blog.

 

cara membuat blog

 

  1. Setelah Anda memilih membuat Blog, maka Anda kemudian akan dialihkan pada halaman untuk mengisi nama tampilan (nama pengguna Blogger). Anda bebas memasukan nama apapun, tapi sebaiknya nama profil Blooger Anda sama dengan nama Google Plus dan akun Gmail Anda secara keseluruhan. Umumnya pilihan ini juga sudah terdapat nama sesuai dengan akun, tetapi Anda bisa mengubah nama pengguna Anda.

 

cara membuat blog

 

  1.  Setelah mengisi nama tampilan, Anda akan memasuki halaman utama (dahsboard) Blogger. Anda bisa memilih pilihan “Blog Baru” atau pilihan “Tambahkan”. Pilihan “Tambahkan” adalah pilihan untuk menambah daftar Blog yang Anda ikuti perkembangannya. Langkah ini bisa Anda lakukan nanti. Sebaiknya, pilihlah dulu pilihan “Blog Baru”.

 

cara membuat blog

 

  1. Setelah Anda memilih “Tambahkan”, Anda akan masuk pada pilihan untuk membuat judul Blog dan alamat Blog Anda. Anda isi judul Blog sesuai yang Anda inginkan. Bila Blog Anda tentang Blog pribadi maka cukup tuliskan nama Anda. Namun, bila Anda ingin membuat Blog khusus semisal Blog kesehatan, maka berilah judul yang berhubungan dengan kesehatan. Contohnya, Informasi Kesehatan. Untuk alamat, Anda bisa mengisinya bebas. Sesuaikan dengan judul, bila Blog tentang profil Anda maka sebaiknya isilah alamat dengan nama Anda. Setelah diisi, nantinya alamat Blog Anda akan sesuai dengan alamat, misalnya namaanda.blogspot.com.

 

cara membuat blog

 

  1. Jangan lupakan untuk memilih Template. Template ini merupakan istilah untuk tampilan Blog Anda. Anda bisa menggunakan template yang ada dari Google. Nantinya, Anda juga bisa mengganti template dengan template yang lebih indah dan baik yang bisa Anda cari di Internet.

 

  1. Setelah Anda mengatur judul, alamat, dan template, maka Anda tinggal memilih pilihan Buat Blog. Setelah itu, Anda akan melihat daftar yang Anda buat. Klik alamat tersebut dan Anda akan dialihkan pada halaman utama Blog Anda. Halaman inilah tempat Anda mengatur posting (kiriman tulisan atau gambar), mengatur tampilan, melihat komentar, melihat statisitk, dan masih banyak lagi.

cara membuat blog

 

Demikianlah cara membuat Blog di Blogspot dengan mudah. Kini Anda bisa menulis berbagai hal di Blog ini. Anda juga bisa melihat Blog lain dan mempromosikan Blog Anda. Tentu hal ini dilakukan agar Blog ini juga ramai dikunjungi. Cukup teorinya, sekarang segera praktekkan membuat Blog dan isi dan rawatlah Blog yang telah Anda buat. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel