1

Isu Seputar Mac Os X Terbaru untuk Laptop Apple

21 Jul 2014 08:00 2273 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Menjelang digelarnya WWDC, menimbulkan rumor baru yaitu OS X terbaru akan hadir dengan konsep yang “Fresh” dari OSX pendahulunya. padahal, rumor yang tersebar sebelumnya adalah WWDC nanti akan membahas IOS 8, bukan OSX.

Menjelang digelarnya WWDC (Worldwide Developers Conference) atau dalam bahasa Indonesianya adalah konferensi para Developer Apple, menimbulkan rumor baru yaitu OS X terbaru akan hadir dengan konsep yang “Fresh” dari OSX pendahulunya. padahal, rumor yang tersebar sebelumnya adalah WWDC nanti akan membahas IOS 8, bukan OSX.

Pembahasan mengenai sistem operasi terbaru untuk laptop Apple ini di WWDC terakhir kalinya pada tahun 2007. Yang mana hasil dari konferensi tersebut melahirkan Mac OS X 10.5 Leopard. Adapun pada tahun tahun berikutnya, WWDC lebih banyak membicarakan mengenai perbaikan seputar iPhone dan OS nya, yaitu iOS 7. Walaupun pada tahun lalu Apple membahas tentang OS X Maveric, namun sebenarnya pembahasan tersebut bertujuan untuk perbaikan pada iOS 7.

Menurut beberapa sumber, OS X 10.10 akan lahir dengan desain yang berbeda dari pendahulunya. Jika di ibaratkan, perubahan pada OS khusus untuk Laptop Apple ini seperti berubahnya tampilan dari iOS 6 ke iOS 7. Dan hal ini jugalah yang memotivasi tim UI (tim desainer) Apple untuk memberikan “Nuansa baru” ke dalam OS X 10.10.

Rumor lain yang sedang berkembang mengenai OS X 10.10 ini adalah OS X terbaru ini akan mengusung Mode Hybrid seperti yang diusung oleh Microsoft melalui Windows 8 ke Windows Phone 8. Ibarat sebuah Website, tampilan dari OS X 10.10 adalah Desktop Version nya dari iOS 7.

Upgrade yang akan di tanamkan ke dalam OS X 10.10 ini hanya sebatas tampilan saja, tidak sampai kepada sistem. Sebagaimana yang kita ketahui, Apple akan tetap memisahkan entitas utama antara OS X dengan iOS, yang salah satunya adalah, OS X lebih mengacu  kepada penggunaan Mouse dan Keyboard, sedangkan iOS lebih ditujukan kepada penggunaan fitur sentuh.

Lalu, apa nama yang akan diberikan untuk OS X 10.10 ini? Tampaknya pemberian nama “keluarga kucing” akan diperkirakan berakhir pada versi ini. Ada issue, bahwa penamaan untuk OS X versi ini terinspirasi oleh California, tentunya rumor ini terkait dengan aktivitas Apple pada beberapa waktu lalu yang telah mengakuisisi beberapa merek dagang di negeri itu.

 

Seputar upgrade pada OS X

Sebagai mana yang telah kita ketahui, bahwa upgrade tampilan dari OS X version tidak terlalu jauh berbeda, sejauh ini hanya terjadi satu kali perubahan tampilan secara besar besaran yaitu dari versi Leopard ke versi Lion.

Walaupun pada versi OS X kali ini lebih mengadopsi kepada tampilan iOS 7, namun dari segi fungsi dan penempatan, Paseban perkirakan tidak akan jauh berbeda dari dari versi-versi sebelumnya. Terlebih lagi jika menimbang kepada bus yang kemungkinan akan muncul pada versi selanjutnya, jika semua sistem dirombak total dikarenakan tuntutan desain yang baru.

Tweak dan Source Code pun, diperkirakan tidak akan banyak mengalami perubahan. Hal ini kami prediksikan terkait Source Code yang telah diberikan Apple kepada para developer Games, aplikasi dan Software Mac. Tentu saja perlu penyesuaian yang akan memakan waktu lama jika Apple benar benar mengubah segala, bukan hanya pada tampilan saja.

 

Rumor lain terkait WWDC

Selain rumor tentang OS X versi terbaru, Apple pun rencananya akan merilis Apple TV yang baru. Jika paseban boleh berpendapat, mungkinkah Apple akan memberi Source Code kepada para developer sehingga mereka bisa mengintergrasikan Apple TV dengan aplikasi? jawabannya bisa ya atau tidak. Tinggal kita tunggu saja kabar dari hasil WWDC yang akan digelar kurang lebih 30 hari lagi. [IA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel