Tengok Sejarah Awal Mula Terciptanya Smartwatch Beserta Perkembangannya di Sini

27 Dec 2013 07:00 5851 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Smartwatch telah menjadi hal besar sejak tahun 1982. Tapi tahun ini akan berbeda: ketika Samsung Galaxy Gear turun ke pasar pada 4 September lalu, dan menjadi penAnda gelombang baru dari teknologi smartwatch. 

Smartwatch telah menjadi hal besar sejak tahun 1982. Tapi tahun ini akan berbeda: ketika Samsung Galaxy Gear turun ke pasar pada 4 September lalu, dan menjadi penAnda gelombang baru dari teknologi smartwatch. Selain Samsung, masih ada beberapa produsen lain yang ditunggu untuk meluncurkan produk smartwatch-nya, yakni Apple dan Samsung.

Sebelum pasar saat ini diramaikan oleh teknologi untuk pergelangan tangan ini, ada beberapa produk smartwatch yang pertama kali muncul di pasaran semenjak tahun 1982. Simak ulasan Paseban di bawah ini untuk mengetahuinya.

1982: Pulsar NL C01

Pulsar adalah merek Seiko, dan sementara versi NL C01 telah menjadi teknologi kuno saat ini, yang mana smartwatch ini hanya mampu menyimpan 24 digit informasi. Seri ini diikuti dengan seri lain, seperti 1984 UC-2000. Kedua jam tangan ini adalah ambisius: Anda bisa membelinya dengan dock yang tersambungkan dengan printer thermal dan slot memori cartridge.

Ambisius adalah istilah relatif, tentu saja: pertengahan tahun delapan puluhan, smartwatch masih agak menarik perhatian. Apa yang mereka tidak miliki adalah konektivitas. Bluetooth baru muncul satu dekade kemudian dan hardware seluler terlalu besar dan terlalu mahal, karena satu-satunya ponsel pada masa itu adalah Motorola DynaTAC 8000X yang besar dan berat yang harus ditebus dengan harga $3,995.

1984: Seiko RC-1000

Seiko RC-1000 disinkronkan melalui kabel, dan itu kompatibel dengan berbagai PC termasuk Apple dan perangkat keras Commodore C64. Model lain, RC-4000 (dijuluki PC Datagraph) dirilis pada tahun 1985 dan mengabaikan tampilan plastik dari RC-1000, dan beralih menggunakan chassis stainless. Smartwatch ini dikenal untuk iga baris jenis dot-matrix yang tidak biasa dan memiliki RAM sebesar 2KB.

1990: Seiko Receptor

Pergeseran besar berikutnya dalam smartwatch yang terjadi pada pergantian dekade adalah Seiko 1990 Receptor, sebuah jam yang memiliki tugas gAnda juga sebagai pager. Untuk pertama kalinya, smartwatch yang secara nirkabel terhubung ke dunia yang lebih luas. Yang mereka perlukan pada saat itu adalah tinggal menambahkan beberapa fungsi lain. Dan Seiko Receptor telah menjadi perubah pasar smartwatch pada masa itu.

1998: Seiko Ruputer

1998 Ruputer (kemudian dikenal sebagai OnHand PC di Amerika Serikat) lebih dari sebuah komputer dari jam tangan, membawa prosesor 16-bit dan 128KB RAM. Layar yang dibawanya pun masih berupa LCD 102x64 mono, dan tidak touchscreen, tapi Anda bisa menulis aplikasi untuk Ruputer di C.

Samsung sedang memikirkan smartwatch-nya juga. SPH-WP10 adalah watch phone pertama dari Samsung, meskipun perangkat ini berusaha meniru yang sedan tren di pasaran, namun perangkat ini tidak pernah sukses besar.

IBM dan Citizen mencoba untuk menciptakan smartwatch Linux, WatchPad, tapi itu tidak berlangsung lama. Fosil berlangsung lebih lama, setelah menemukan cara untuk menjejalkan Palm OS menjadi layar yang jauh lebih kecil (Palm OS dirancang untuk PDA, tapi Fossil menggunakan layar ponsel yang lebih kecil): perusahaan ini meluncurkan beberapa model, sejak 2002 sampai 2005.  

2004: Microsoft SPOT

Sudah menjadi hal yang biasa bagi Microsoft untuk memasuki pasar yang berpotensi besar terlalu dini, sehingga Anda tidak akan terkejut untuk menemukan bahwa raksasa ini telah menciptakan smartwatch hampir satu dekade lalu. Platform Microsoft ini disebut Smart Object Personal Technology, atau SPOT untuk jangka pendek, dan itu digunakan untuk siaran FM untuk memperbarui data pelanggan di kota-kota besar di Amerika Serikat.

Untuk menggunakannya, pengguna harus berlangganan layanan selama per tahun dengan harga $59. SPOT dirilis dari tahun 2004 sampai 2008, dan Microsoft menutup SPOT pada tahun 2012.

2009: Samsung S9110 Watch Phone

Microsoft memiliki ide yang tepat dan jawaban yang salah. Masa depan smartwatch adalah nirkabel, tetapi nirkabel yang dimaksud bukanlah FM, namun itu adalah Bluetooth. Perjalanan tanpa henti dari teknologi smartwatch ini berarti menAndankan bahwa semua potongan-potongan teka-teki itu mulai datang bersama-sama, seperti: baterai yang lebih baik, layar sentuh dan memiliki daya yang rendah, koneksi jarak pendek ke perangkat yang tersambung ke internet seperti smartphone.

Pada awal dekade ini, perusahaan demi perusahaan telah melihat potensi yang besar. Samsung memiliki S9110 Watch Phone (2009). Sony Ericsson meluncurkan LiveView nya (2010) untuk menarik data dari ponsel Android, dan Allerta memperkenalkan InPulse (2010) yang melakukan hal yang sama untuk BlackBerry.

WIMM Labs memperkenalkan WIMM One (2011) mendorong versi modifikasi dari Android menjadi perangkat smartwatch, Motorola MotoACTV (2011) menampilkan  informasi kebugaran gabungan dan pemutaran musik dan Apple menemukan bahwa iPod Nano (2011) sering digunakan para penggunanya di pergelangan tangan.

2012: Pebbles dan fitness kit

Pada akhir 2012, kita disuguhkan dengan Nike + Fuelbands dan Jawbone Ups, Pebble dan Cuckoo, Sony Smartwatch dan segala macam pelacak GPS dan smartwatch untuk penggunaan olahraga. Banyak dari mereka memang sangat baik, namun penjualan relatif kecil, mereka menunjukkan bahwa tidak ada yang cukup dipantau pada pasar smartwatch untuk waktu itu. Mungkinkah Samsung akan merubah hal itu?

2013: Samsung Galaxy Gear

Samsung telah mengkonfirmasi bahwa smartwatch terbarunya akan disebut sebagai Samsung Galaxy Gear dan rumor pada saat itu mengatakan bahwa perangkat in i dapat membuat panggilan telepon, bermain video game dan mengirim email. Samsung juga menjanjikan integrasi yang erat dengan ponsel Android melalui app manager.

Ini memang terlihat seolah-olah jam tangan ini tidak akan terhubung ke Google Play, namun ke toko aplikasi Samsung sendiri. Pada dasarnya, Galaxy Gear diatur menjadi satu perangkat yang menghubungkan seluruh keluarga Galaxy.

201?: Apple iWatch

iWatch adalah produk yang paling sering diulas dan paling misterius yang sering diperbincangkan dari tahun ini dan mungkin hingga tahun depan. Belum ada konfirmasi resmi atau spesifikasi yang bocor tentang perangkat ini. Setidaknya banyak orang berharap Apple akan membawanya keluar pada tahun 2014 mendatang. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel