Perang OS, Windows 8 Belum Mampu Kuasai Pasar

5 Dec 2012 13:30 2826 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Microsoft boleh saja mengklaim bahwa sistem operasi (OS) terbaru yang diluncurkan pada 26 Oktober lalu sukses terjual 40 juta lisensi asli dalam kurun waktu sebulan. Namun pada kenyataannya, Windows 8 masih menempati posisi paling buncit dalam perang OS saat ini.

Microsoft boleh saja mengklaim bahwa sistem operasi (OS) terbaru yang diluncurkan pada 26 Oktober lalu sukses terjual 40 juta lisensi asli dalam kurun waktu sebulan. Namun pada kenyataannya, Windows 8 masih menempati posisi paling buncit dalam perang OS saat ini.

Net Applications merilis data statistik yang memperlihatkan bahwa Windows 7 menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan hingga November dan tercatat memperoleh pasar 44,71%. Jika dibandingkan dengan Windows 8 yang baru di rilis, tentu angka ini masih terpaut jauh.

Windows XP sendiri berhasil memperoleh tempat kedua dengan memperoleh pasar 39,82%. Yang menarik, angka ini menunjukkan bahwa sistem operasi ini masih menjadi andalan, meskipun diperkirakan pengguna sistem operasi ini akan menurun seiring rencana Microsoft untuk mengurai dukungan pada sistem operasi yang meluncur pada 25 Oktober 2001 itu.

Pada perang OS ini, yang menempati posisi ketiga masih ditempati oleh perusahaan asal Redmond dengan Windows Vista dengan 5,70%. Lalu bagaimana dengan Windows 8? Dari data Net Applications menyebutkan bahwa produk Windows yang diluncurkan pada 26 Oktober itu berada di posisi terakhir dengan pangsa pasar 1,08%. Bakan, Windows RT hanya memperoleh pasar 0,02%.

Dari data tersebut, terlihat bahwa Windows 8 belum mampu menggeser sistem operasi berbasis Linux dalam perang OS di pasaran. Bahkan tiga produk Apple, yakni Mac OS X 10.6, 10.7 dan 10.8 masing-masing menempati urutan empat hingga tujuh.

Beberapa waktu lalu, laporan penjualan dari National Purchase Diary (NPD), menunjukkan bahwa konsumen Windows PC dan pasar tablet (termasuk penjualan tablet Surface) tidak memperoleh dorongan yang dibutuhkan dari peluncuran Windows 8 di Amerika Serikat.

Wakil Presiden Analisis Industri di NPD, Stephen Baker mengatakan, masih terlalu dini untuk menyalahkan Windows 8 sebagai kelemahan di pasar PC pada peluncurannya yang masih empat pekan ini.

Lebih lanjut lagi, Baker mengatakan bahwa Microsoft masih memiliki musim liburan penjualan, namun jelas Windows 8 tidak menjadi dorongan untuk meningkatkan penjualan seperti yang diharapkan.

Posisi tiga besar pada data di atas memang masih dikuasai oleh produk Microsoft. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, mampukah Windows 8 memperkuat posisinya guna meraup pasar dari sistem operasi lain? Nampaknya, kita harus menunggu untuk beberapa waktu ke depan. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel