1

Remaja 19 Tahun Ciptakan Kamera Canggih Ruang Angkasa Dengan Peralatan Sederhana

12 Sep 2012 16:00 3275 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seorang remaja asal Inggris, Adam Cudworth menghentak dunia teknologi dengan membuat sebuah kamera canggih yang mampu menangkap citra ruang angkasa dengan peralatan sederhana.

Seorang remaja asal Inggris, Adam Cudworth menghentak dunia teknologi dengan membuat sebuah kamera canggih yang mampu menangkap citra ruang angkasa dengan peralatan sederhana. Remaja 19 tahun ini menghabiskan waktu sekitar 40 jam dan menghabiskan biaya sekitar $600 untuk mendapatkan foto ruang angkasa pertamanya. Uniknya Cudwort hanya menggunakan kamera yang ia beli di eBay dan medesain dukungan teknologi lainnya sendirian.

Cudworth menempatkan kamera Canon A570 ke dalam kotak isolasi yang telah dilengkapi dengan perangkat GPS, transmitter radio, dan juga mikroprosesor. Kemudian ia menggunakan sebuah balon untuk mengirimkan kendaraan ruang angkasa kertas buatannya sekitar 20 mil ke angkasa. Foto yang didapatkannya menunjukkan lekukan planet Bumi dengan sudut pandang dramatis.

Perangkat kamera canggih ini menempuh waktu sekitar dua setengah jam untuk dapat naik. Cudwort mempergunakan GPS dan radio transmitter untuk mendapatkan lokasi pendaratan yang berjarak sekitar 30 mil dari rumahnya. "Saat saya mengambil kamera, saya terpesona (kamera) ini telah mengambil beberapa foto yang menakjubkan dan panjang," ujarnya.

Cudworth merupakan seorang pelajar asal Nottingham University. Ia mengaku tidak memiliki latar ilmu untuk menemukan perangkatnya tersebut. Baginya, kamera canggih buatannya tersebut membuktikan orang-orang mampu membuat teknologi serupa dengan biaya murah.

"Saya tidak memiliki latar belakang astrofisika atau hal seperti itu, saya hanya seorang mahasiswa teknik. Orang-orang berpikir itu adalah sesuatu yang menghabiskan jutaan pound, tapi saya telah membuktikan Anda dapat melakukannya dengan biaya $200," ujarnya. [MS]

Remaja 19 Tahun Ciptakan Kamera Canggih Ruang Angkasa Dengan Peralatan Sederhana

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel