Tips Smartphone untuk Mencatat lebih cepat dan Efektif

4 May 2013 13:00 3337 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Menggali ide-ide bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Saat menunggu bus bisa saja tercetuskan ide untuk membuat bisnis kreatif. Saat bersiul-siul di kamar mandi atau bersantai duduk-duduk di depan teras rumah, bisa saja Anda mendapatkan ide untuk menulis buku atau membuat proyek baru. Ide memang bisa datang kapan saja. Sayangnya banyak ide yang tidak dipikirkan secara serius – meskipun ide tersebut jempolan – menjadi angin lalu. Satu hal yang membuat hal tersebut bisa hilang adalah keengganan untuk mencatatnya. Padahal, jika ada catatn dan itu menjadi pengingat Anda, peluang untuk membuat sebuah usaha atu proyek kerja yang menguntungkan bisa datang. Hal itu bisa hilang gara-gara tidak tercatat.

Menggali ide bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Saat menunggu bus bisa saja tercetuskan ide untuk membuat bisnis kreatif. Saat bersiul - siul di kamar mandi atau bersantai duduk-duduk di depan teras rumah, bisa saja Anda mendapatkan ide untuk menulis buku atau membuat proyek baru. Ide memang bisa datang kapan saja. Sayangnya banyak ide yang tidak dipikirkan secara serius meskipun ide tersebut jempolan - menjadi angin lalu. Satu hal yang membuat hal tersebut bisa hilang adalah keengganan untuk mencatatnya. Padahal, jika ada catatn dan itu menjadi pengingat Anda, peluang untuk membuat sebuah satu proyek kerja yang menguntungkan bisa datang. Hal itu bisa hilang gara-gara tidak tercatat. Tips Smartphone berikut membahas memanfaatkan smartphone untuk mencatat hal - hal penting sehingga tidak catatan penting tidak lagi tertinggal.

 

Memo adalah fasilitas standar di ponsel. Namun, dengan memo, Anda hanya bisa menyimaknya di layar ponsel. Untuk masuk ke dalam dokumentasi komputer atau gadget lain, memo harus ditransfer. Cara ini memang agak merepotkan. Padahal agak praktis, banyak aplikasi yang memungkinkan Anda mencatatnya di ponsel dan mengaksesnya langsung di perangkat lain seperti laptop atau tablet. Aplikasi dan layanan catatn online (begitu kami menyebutnya) memungkinkan mencatat yang dibuat tersinkronisasi ke banyak peranti ke dalam akun yang Anda miliki. Pilihan layanan dan aplikasi seperti ini pun banyak. Sebut saja Evernote atau OneNote. Bahkan, raksasa search engine, Google, pun meliris aplikasi dan catatn online ini yang mereka sebut: Keep.

Mencatat di Keep (Google Drive)

Aplikasi ini seperti halnya aplikas inotes biasa, namun tidak sekedar teks yang dapat menjadi catatannya. Aplikasi ini juga dapat menyimpan catatan dalam bentuk suara ataupun gambar tangkapan kamera. Aplikasi ini menyediakan widgets (untuk pengguna Android) pada homescreen sehingga lebih mudah diakses dan digunakan untuk mencatat. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat daftar seperti daftar belanjaan yang harus dibeli atau daftar pekerjaan untuk dilakukan. Setelah dicatat, aplikasi ini akan bersinkronisasi dengan catatan online cloud-nya. Anda dapat melihatnya melalui browser (bahkan menambahkan catatan baru) di alamat Google Drive. Untuk menggunakannya, Anda membutuhkan akun Google atau Gmail.

  1. Install dulu aplikasi Keep dari Google Play Store untuk pengguna Android. Setelah terinstal, jalankan aplikasi tersebut. Di awal, Anda akan diminta untuk melakukan login ke akun Google Anda.

  2. Selanjutnya layar aplikasi untuk mencatat akan ditampilkan. Anda bisa membuat catatan dengan men-tap ikon notes lalu buatlah catatan di lembar yang di bawahnya.

  3. Catatan akan disimpan secara otomatis. Tap ikon keep dan Anda akan kembali ke halaman utama, untuk membuat catatan dalam bentuk foto, tap kamera, dan potret objek. Beri catatan jika perlu.

  4. Setiap catatan dapat diberi warna dengan ikon palet warna untuk memudahkan pencarian. Jangan lupa untuk mengaktifkan sinkronisasi otomatis. Masukan ke [setting] aplikasi dengan men-tap ikon titik-titik.

  5. Tap pada nama akun Anda yang dilabel "sync is off". Selanjutnya, pilih [google] dan di halaman berikutnya tap pada menu [keep. Touch to sync now]. Aplikasi akan mesinkronisasi.

  6. Untuk melihat catatan di browser perangkat apapun, masuklah ke alamat Keep. Login dengan akun Anda. Selanjutnya, catatan-catatan yang telah dibuat akan tampil di layar.

 

Baca juga :

                    Oppo F1 Plus, Smartphone Bagi Pecinta Selfie

                    5 Series Laptop Gaming Besutan Acer di Tahun 2016

 

Evernote

Aplikasi dan catatan online yang sudah lebih dulu populer adalah evernote. Layanan ini didukungan sejumlah aplikasi mobile yang dapat dipasang di sejumlah aplikasi mobile yang didapat dipasang di sejumlah ponsel, mulai dari Blackberry OS, IOS di iPhone, Android, Windows mobile, dan bahkan palm pre/palm pixi. Setelah meregristasi akunnya di Evernote. Anda dapat mengunduh aplikasi client yang sesuai dengan sistem ponsel yang dipakai di Evernote. Kelebihan dari aplikasi memo lainnya, evernote akan meng-upload setiap catatan yang dibuat ke akun yang Anda miliki di layanan evernote. Catatan ini kemudian dapat diakses mulai gedget atau komputer lain. Anda pun dapat menggunakan browser mobile di alamat Evernote. mulai dari ide, nomor telepon, nama narasumber, dan segalannya yang perlu dicatat dan diingat, evernote juga cocok digunakan oleh beragam profesi, mulai dari peneliti dan dosen ketika melakukan penelitian: untuk para marketer dan pekerja kantoran untuk mencatat hasil rapat dan sebagainnya. Catatan yang disimpan tidak hanya berupa tulisan, namun juga foto jepretan. Anda bisa memotret isi rapat yang tercoret di papan tulisan. Catatan pun dapat disimpan dalam bentuk web clip dan juga memo suara. Selanjutnya file-file catatan tersebut dapat disinkronisasikan dengan aplikasi evernote. Cara menggunakannya sangat mudah. Setelah catatan dibuat, notes tersebut – apapun bentuknya dapat Anda akses dari perangkat atau komputer lain. Untuk ponsel java dan syimbian, digunakan browser mobile dan akses melalui Evernote.

  1. setelah ter-instal, jalankan evernote. Pilih jenis catatan yang hendak dibuat. Ada empat pilihan disini : text note, snapshot, audio file, dan upload file. Jika ingin membuat catatan teks. Pilih [text note] lalu ketikan judul, isi catatan, lalu tekan tombol menu pilihan [save note].

  2. Jika ada sesuatu yang mengisnpirasi munculnya ide saat Anda melakukan perjalanan, rekam saja sebagai catatan. Cukup dengan mengklik tombol [snapshot] maka kamera akan diaktifkan. Potret objek yang hendak dijadikan catatan. Setelahnya, tekan tombol [black] lalu beri nama dan keterangan catatan dalam bentuk foto tersebut.

  3. Jika ingin merekam catatan dalam bentuk audio, klik [ audio file] lalu tekan tombol [record] dan mulailah berbicar. Tekan [stop] untuk menghentikan. Jika ada foto atau catatan suara yang pernah Anda buat dan hendak dijadikan catatan di evernote klik [Upload file]. Cari file foto atau audio tersebut dan upload ke layanan evernote. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel