Benda-Benda yang Terancam Punah Karena Kemajuan Teknologi (Part 1)

13 Jul 2018 09:26 302 Hits 0 Comments
Munculnya gadget-gadget canggih belakangan ini mampu menggantikan beberapa benda yang sudah ketinggalan jaman. Berikut beberapa benda sehari-hari yang sepertinya bakalan asing buat anak cucu kita karena terancam punah karena kemajuan teknologi yang lebih maju dari sekarang.

Kemajuan teknologi yang pesat pada berbagai bidang memang mampu membuat hidup kita lebih mudah. Munculnya gadget-gadget canggih belakangan ini mampu menggantikan beberapa benda yang sudah ketinggalan jaman. Kita beruntung karena hidup di masa dimana sedang terjadi kemajuan teknologi, dari jaman analog ke digital, dari jaman kabel ke nirkabel, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa benda sehari-hari yang sepertinya bakalan asing buat anak cucu kita atau terancam punah karena benda-benda ini akan tergerus oleh kemajuan teknologi yang lebih maju dari sekarang :

Walkman

Benda ini sempat jadi primadona pada dekade 80-90an. Kita bisa mendengarkan lagu favorit dimanapun dan kapanpun tanpa perlu bawa-bawa radio yang susah dibawa ke mana-mana. Tapi seiring jaman, gadget ini sudah mulai ditinggalkan sejak 10 tahun belakangan. Walkman sekarang sudah langka dan mungkin hanya bisa didapatkan dari reseller tertentu. Teknologi musik digital seperti mp3, mp4, dll sudah menggantikan peran walkman sekarang ini.

Mainan Tradisional

Mainan tradisional seperti kelereng, layangan, congklak dll, sepertinya akan semakin kurang diminati oleh anak-anak. Anak-anak sekarang sudah jarang bermain di luar rumah karena sekarang sudah ada gadget yang bisa download bermacam-macam game. Mereka lebih memilih bermain game di rumah daripada berpanas-panas-an main di luar. Berbanding terbalik dengan anak-anak generasi sebelumnya yang sering dimarahi orang tua karena banyak bermain di luar rumah,

Koran

Dulu, koran bisa dibilang merupakan sumber informasi utama bagi masyarakat. Sekarang, koran sudah mulai digantikan perannya dengan berbagai macam website berita yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Media-media ternama yang mencetak koran sendiri pun sudah mulai menyadari hal itu dan mulai lebih memperhatikan layanan berita online serta aplikasi mereka untuk menyajikannya secara rapi.

Buku

Di sekolah mungkin buku catatan masih banyak digunakan, tetapi tidak di dunia pekerjaan. Banyak yang memilih untuk mencatat hal-hal penting di aplikasi Note yang terinstall di gadgetnya masing-masing. Buku bacaan juga terancam akan punah karena tergantikan oleh E-Book. Mungkin kita hanya akan membeli buku karena buku tersebut tidak tersedia dalam bentuk E-Book atau E-Booknya hanya tersedia dengan menggunakan bahasa asing.

Surat

Sejak ada internet, surat konvensional mulai tergantikan oleh email. Bukan hanya surat biasa, bahkan ucapan hari raya pun sekarang disebar menggunakan SMS dan Facebook. Komunikasi dengan kerabat jauh juga semakin mudah dan murah dengan aplikasi chatting dan media sosial di smartphone, seperti BBM, LINE, WhatsApp, dll yang membuat jarak jadi dekat dalam genggaman tangan.

TV

Dulu, memiliki TV di rumah merupakan suatu kebanggaan, karena selain jaminan kamu akan mendapatkan banyak berita yang informatif, di TV juga ditayangkan konten hiburan. Namun, TV mulai tergantikan oleh Youtube dan media-media lainnya. Banyak yang memilih streaming daripada melihat informasi dari TV, karena dari situs streaming kita bisa memilih video dan menontonnya berulang-ulang tanpa ada jadwal acara lainnya. Beda kasus jika memang ingin menonton acara yang ditayangkan channel luar atau TV kabel.

 

Tags

About The Author

Akmal Athallah 28
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel