9 Jenis Desain Grafis Ini Memiliki Karya Seni Visual Yang Tinggi

9 Feb 2017 18:48 29339 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Desain Grafis adalah karya seni visual yang mempunyai nilai tinggi dan sangat dibutuhkan di dunia IT seperti untuk membuat desain web, aplikasi dan banyak lagi.

 Desain Grafis, apa ada yang tahu apa desain grafis itu? Apakah desain grafis itu suatu karya visual yang mempunyai nilai / harga yang tinggi di dunia IT? Mungkin seperti itu, tapi disini saya akan menjelaskan pengertian desain grafis dengan lengkap. Desain artinya proses membuat objek, Grafis artinya cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk text / huruf. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual menggunakan gambar untuk menyampaikan berbagai informasi atau pesan yang efektif. Texs dalam desain grafis bisa disebut gambar, karena text merupakan hasil abstraksi simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis menerap pada desain komunikasi dan fine art seperti jenis lainnya. Seorang desainer grafis harus mempunyai nilai seni yang tinggi, desain grafis merujuk pada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan, dan disiplin ilmu yang digunakan. Desain grafis mempunyai kemampuan seni kognitif dan keterampilan seni dalam bentuk visual seperti Ilustrasi, fotografi, typografi, tata letak dan pengolahan gambar.

Desain grafis mempunyai 9 jenis yaitu :

1.DRAFTER

 Desain ini digunakan untuk membuat arsitektur dan rancangan bangunan. Desain ini memerlukan ketelitian yang tinggi dan rancangan yang bagus. Orang yang memiliki keahlian dalam desain drafter biasanya menggunakan software seperti autocad, archicad, 3D revit architecture. Desain ini sangat dibutuhkan didunia arsitektur dan industri.

2.EDITOR

 Desain ini digunakan untuk membuat kover, sampul, banner dan lainnya. Karya desain editor lainnya seperti membuat logo, kartu nama, poster dan banyak lagi. Orang yang memiliki keahlian dalam desain drafter ini biasanya menggunakan software seperti photoshop, corel draw, illustrator. Desain ini sangat dibutuhkan didunia publikasi dan periklanan.

3.LAYOUTER

 Desain ini digunakan untuk membuat tatanan layout majalah atau Koran yang diharuskan mempunyai feel untuk tata letak agar enak dilihat. Orang yang memiliki keahlian dalam desian layouter ini biasanya menggunakan software seperti MS.publisher, adobe page maker, dan adobe InDesign. Desain ini sangat dibutuhkan didunia percetakan seperti buku, koran, dan majalah.

4.ART DIRECTOR

 Desain ini digunakan untuk membuat karya seni yang dibuat dikomputer digunakan untuk visual effect maupun untuk hiasan saja. Orang yang menggunakan desain ini harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk menciptakan karya yang agung. Software yang digunakan untuk membuat desain ini seperti photoshop, corel draw, Art creator dan photo paint. Desain ini sangat dibutuhkan didunia editing effect, perfilman dan seniman.

5.FOTOGRAFER

 Desain ini digunakan untuk pengeditan foto dan harus memiliki keahlian fotografer dan mengedit foto sesuai event yang perfect. Orang yang menggunakan desain ini harus memiliki kreativitas yang tinggi dan harus menguasai software seperti photoshop, photo studio, dan ieworks. Desain ini sangat dibutuhkan didunia editor foto, fotografi, dan wartawan.

6.ANIMATOR

 Desain ini digunakan untuk pekerjaan bidang motion grafis, iklan dan film fantasi. Orang yang menggunakan desain ini harus memiliki daya tahan tinggi dan pengetahuan yang tinggi. Software yang digunakan untuk desain ini seperti adobe flash, after effect, 3D maya, gif animator dan lainnya. Desain ini sangat dibutuhkan di dunia pertelevisian, perfilman dan advertising.

7.VISUALISATOR

 Desain ini digunakan untuk memberikan gambaran suatu karya produk dalam bentuk real / 3D. Orang yang menggunakan desain ini harus memiliki kemampuan otak kanan yang tinggi dan harus menguasai 3D max, autocad, dan digital clay. Desain ini sangat dibutuhkan didunia visualisasi produk dan presentasi produk.

8.VIDEO EDITOR

  Desain ini digunakan untuk mengedit video atau film dan merangkap sebagai video shooter. Orang yang menggunakan desain ini harus memiliki imajinasi yang tinggi dan software yang digunakan seperti after effect, sony vegas, dan ulead video studio. Desain ini sangat dibutuhkan didunia industri music dan perfilman.

9.INTEGRATER DESAINER

 Desain ini sama seperti video editor, tetapi desain ini bisa menggunakan software premiere pro.

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dipahami… 

Tags

About The Author

Ahmad Dimyati 26
Novice

Ahmad Dimyati

saya seorang pelajar yang suka desain grafis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel