Baca 8 Tips Berikut Ini Kalau Mau Smartphone Kesayanganmu Tetap Awet dan Tahan Lama

8 May 2016 09:59 3524 Hits 3 Comments
Berikut ini 8 Tips yang saya coba bagikan buat kamu-kamu yang mau Smartphone atau Handphone kesayangannya tetap awet dan tahan lama.

Sudah tidak asing lagi di penglihatan kita kerumunan orang yang lalu lalang sambil menggunakan Handphone (HP) maupun Smartphone. Bukan saja pada saat duduk, melainkan pada saat sedang berjalan pun orang banyak yang memainkan tuts HP. HP tidak lagi menjadi gadget yang mahal dan langka, karena pedagang sayur dan tukang becak pun menggunakan HP untuk transaksi dagang mereka, bahkan ada satu orang yang memiliki 2 (dua) atau 3 (tiga) HP. Meskipun bukan lagi menjadi barang yang mahal dan langka, tidak ada salahnya untuk menjaga HP/Smartphone kita berfungsi dan terjaga dengan baik.

Berikut ini 8 (delapan) tips agar HP/Smartphone anda tidak mudah rusak dan tahan lama :

1. Jangan ditaruh di tempat yang mengandung panas, seperti ditaruh di atas TV, di atas PC komputer, di atas kulkas atau di taruh dekat kompor. Panas yang dihasilkan akan ikut mempercepat panas yang ditimbulkan dari HP tersebut, sehingga mempengaruhi kondisi HP itu nantinya. HP cepat panas dan akan cepat rusak.

masukkan deskripsi gambar disini

2. Jangan dalam keadaan hidup pada saat sedang mengisi/recharge baterai, apalagi sambil digunakan untuk mendownload atau main games. Aliran listrik yang mengalir ke baterai akan bertumbukan dengan aliran listrik yang masih ada dalam baterai yang masih hidup sehingga menghasilkan panas. Jangan heran kalau banyak HP yang baru setahun dipakai, baterainya sudah bengkak sehingga terpaksa harus beli baterai baru. Panas yang mengalir pada saat HP sedang hidup pun bisa mempengaruhi onderdil lain dalam HP selain baterai yang bisa bikin HP cepat rusak. Biasakan mengisi baterai sampai 100 % full, baru HP boleh dihidupkan.

3. Baterai tidak boleh dicharge terlalu lama, terutama untuk Smartphone. Jika sudah tertulis full, segera dilepas chargernya. Terlalu lama merecharge baterai membuat baterai cepat bengkak, karena aliran listrik dari stop kontak mengalir terus ke dalam baterai sehingga membuat baterai kepenuhan, akibatnya ya itu tadi, baterai cepat panas dan bengkak.

masukkan deskripsi gambar disini

4. HP yang dalam keadaan hidup/on jangan ditaruh dalam saku celana. Tubuh kita menghasilkan panas, HP yang dalam keadaan on juga menghasilkan panas. Akibat panas yang dihasilkan tersebut saling bertumbukan, mengakibatkan HP bertambah panas dan suhu dalam saku celana pun ikut bertambah panasnya, sehingga bukan saja mempengaruhi HP, tapi juga bagian tubuh dekat saku celana. Kalau memang harus ditaruh dalam saku celana, pastikan HP dalam keadaan off/mati.

5. Jangan ditaruh ditempat yang berpotensi terkena air, seperti dalam saku celana, ditaruh di wastafel atau bahkan dekat pancuran air. Biasanya kaum Adam suka menyimpan HP dalam saku celananya. Jika ia berkeringat dan mengenai saku celana, maka Hpnya berpotensi terkena keringat, apalagi kalau HPnya dalam keadaan hidup dan telanjang, wahh!!, pasti mudah rusak. Maksudnya telanjang tidak menggunakan sarung HP ya, hehehe. Buat kaum hawa, terkadang suka chatingan dengan BFF di kamar mandi atau di bath tub, ini juga kebiasaan yang bisa membuat HP gampang terkena cipratan air, dan bisa membuat HP cepat off.

masukkan deskripsi gambar disini

6. Jangan terlalu banyak mendowload aplikasi pada Smartphone seperti aplikasi sosial media ataupun berbagai macam games yang memberatkan HP tersebut apalagi jika Smartphonenya lowspecs. Akibatnya HP cepat panas dan gampang hang, bahkan bisa mati total. Usahakan mendownload aplikasi yang penting dan yang diperlukan saja.

7. Jangan asal mengisi ulang baterai, misalnya merecharge HP merk Samsung menggunakan charger merk Blackberry. Meskipun portnya sama dan bisa tersambung, namun memiliki arus daya dan voltase yang berbeda sehingga bisa membebani daya tahan HP tersebut. Sebaiknya charger tidak digunakan untuk bermacam-macam merk HP, tapi gunakan charger bawaan HP tersebut. Kalau chargernya hilang, bisa menggunakan Power Bank.

8. Jangan sampai terkena benturan. Hampir semua HP/Smartphone tidak tahan dengan benturan yang keras, kecuali HP jaman dulu. HP yang kecil maupun Smartphone yang tipis dan licin sangat mudah sekali jatuh dari genggaman pada saat sedang digunakan. Agar tidak mudah jatuh, biasakan pada saat mengetik menggunakan dua ibu jari, sementara jari-jari yang lain dalam posisi memegang HP. Kalau sudah tidak digunakan lagi bisa disimpan dalam tas atau sarung HP.

Itulah tips-tips di atas yang bisa dipraktekkan kalau ingin HP maupun Smartphone kesayangan bisa tahan lama dan tetap terawat dengan baik.

Bagaimana menurut kamu semua?

Tags

About The Author

Arya Janson Medianta 46
Ordinary

Arya Janson Medianta

0813 7652 0559 (WA) Arya_janson@yahoo.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel