Kilas Balik dan Harapan untuk Plimbi

5 Mar 2016 01:05 3076 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Jurnal Tidak Penting, sampul yang biasa saya pakai belum direstui

Kilas Balik dan Harapan di Bulan Maret

Kontes bulanan pada bulan Februari 2016 di Plimbi telah berakhir disusul pengumuman pemenang yang di-release oleh Plimbi beberapa hari kemudian. Tercatat setidaknya 30 Author yang "diikutkan" dalam kompetisi ini dengan jumlah sekitar 167 artikel yang di-posting dan dilombakan ditambah artikel dari official author dan kontributor Plimbi sejumlah 131 artikel, dari fiksi Kaum Keras Kepala (di-publish 1 Feb, 1.17 AM) sampai berita VIDEO: Heboh! Dilarang Menyusui Eh Ramai-ramai Para Ibu Malah Susui Anaknya di Mal (di-publish 29 Februari, sekitar pukul 10.00 PM).

Baca Juga : [Plimbi Release] Top Author dan Best Article Februari 2016

Secara resmi diluncurkan sejak Mei 2015 (CMIIW Please), Plimbi yang (sebenarnya) bertajuk Citizen Journalism terus melakukan berbagai inovasi yang memanjakan pengunjungnya, terutama bagi visitors yang berkontribusi di dalamnya (authors), hingga sekarang.

Berikut "penampakan" kilas balik Plimbi.

Penampakan Plimbi bulan Mei 2015 (lihat pojok kanan atas, hanya terdapat fitur login).

Penampakan Plimbi bulan Juni 2015 (lihat pojok kanan atas, sudah ada fitur login dan register).

Penampakan 2 author Plimbi yang pertama.

Penampakan Fitur Editor Pick dan daftar 5 top author pertama.

Plimbi terus melakukan inovasi dan renovasi, dari perubahan desain, tampilan, dan sebagainya (err... FAQnya belum ada) hingga fitur poin, author level, sistem reward, dan kontes bulanannya, rugi kalau berbagai keuntungan ini tidak dimanfaatkan.

Cukup berasalan memang jika pada Plimbi Release: Top Author Januari 2016 disebutkan bahwa, "Pageviews yang terus bertambah tiap harinya, dan semakin 'mengurusnya' angka Alexa Plimbi.com", mengingat pertengahan Desember 2015 lalu peringkat global Plimbi berada pada angka 53.712 dan Daily pageviews per vistor pada angka 1.72 seperti pada screenshot di bawah ini:

Jika dibandingkan dengan hasil "ranking" Alexa yang saya ambil pada tanggal 5 Maret 2016, terlihat memang ada kenaikan yang cukup signifikan, seperti pada screenshot di bawah ini:

Tentu saja angka ini bukan sekedar angka, akan tetapi haruslah menjadi motivasi dan tolak ukur untuk mengambil langkah selanjutnya, seperti inisiatif untuk memperbaiki bounce rate, daily pageviews per visitor, dan daily time on site. Semoga pada akhir April nanti Ranking Plimbi di Indonesia versi Alexa sudah semakin "kurus" lagi.

Memang, banyak hal yang dapat mempengaruhi kepopuleran sebuah situs, tetapi setidaknya, "kewajiban tak tertulis" para author untuk menciptakan artikel-artikel yang kredibel, tuntas, dan mengikat, seharusnya bisa kita pikul bersama demi pencapaian tujuan ini, itulah kenapa setiap artikel dikonteskan dan dipilih yang terbaik.

Ngomong-ngomong, ada berita yang cukup membanggakan nih, waktu ulik-ulik situs resmi Asus saat mencari bahan review, ada dua author Plimbi yang memenangkan kontes menulis yang diadakan oleh Asus loh (saya baru tahu, padahal kontesnya udah lewat beberapa bulan, hehe), Sila cek screenshot di bawah:

Kilas Balik dan Harapan di Bulan Maret

Kalau nama sekelas HMN mah mungkin tidak aneh kalau jadi pemenang, ya? (hatcim), dan satunya lagi dari author baru Plimbi (baru gabung maksudnya, FYI, saya juga anak baru, hahaha) yaitu saudara Tedi Kasuma. Salut untuk mereka berdua.

Pesan moralnya banyak, pertama, kalau ada lomba lagi ajak-ajak donk! bruakakak. Kedua, katanya Plimbi mau bikin lomba juga, kayaknya seru nih, rugi gak ikutan! Ketiga, saya sangat berharap kepada author-author yang masih "menyembunyikan kemampuannya" agar tampil all-out di Plimbi, jangan mau kalah dengan 5 top author bulan Februari tadi, tunjukkan "taring" kalian (tapi jangan gigit saya ya...), sehingga persaingan akan semakin ketat (Eh, emang sekarang belum ketat ya?) dan lebih "ngahodhod". Keempat... Ada yang  mau nambahin?

Jadi, semoga author-author yang sekarang sudah bergabung semakin aktif dan bersemangat karena dari kalianlah saya mendapat inspirasi, pengetahuan baru, dan penambah semangat untuk berkarya, jika saya "hanya blogging" saja, tidak mungkin saya dapat bimbingan, pengalaman, dan pelajaran yang bermutu (meski tulisan saya belum bermutu, tapi suatu saat pasti, amin, bantu aminin donk). Semoga kompetitor Plimbi semakin bertambah, bulan lalu saya melihat banyak author yang baru bergabung dan semuanya memiliki potensi, so, keep spirit ya, jangan ragu-ragu, semua reward dan hadiah di Plimbi itu nyata!

Nah, di penghujung hidangan, berikut saya sajikan screenshot Plimbi pada saat maintenance. Ada yang pernah ngalamin yang beginian gak? Kalo ada, ayo ceritain, pasti seru! Hahaha.

Akhirnya, semoga kilas balik dan harapan ini bermanfaat, saya bersedia dikritik dan dihujat, jangan malu-malu (mumpung di dunia Maiya, bukan di dunia Ariel atau Dhani), soalnya memang kadang-kadang saya ini malu-maluin. Bruakakak.

Baca Juga ⇒ Review Plimbi V2, Perubahan Tampilan Plimbi

O iya hampir lupa, berikut saya hadirkan komparasi cuplikan percakapan antara author pemenang kontes Plimbi dengan admin Plimbi:

 

Scene 1, Tuhuk Ma'arit vs Admin Plimbi:

Ring... Wah nomer baru, siapa ya....

AP: Halo, selamat pagi.

TM: Hola, selamat pagi.

AP: Bisa bicara dengan TM?

TM: Ya, ada yang bisa saya banting?

AP: Saya dari Plimbi, uang hadiah sudah ditransfer ke rekening... dst

TM: Wah, terimagajih mas!

Telepon diputus AP.

 

Scene 2, Jomblo vs Admin Plimbi:

Ring... Gedubrak! Melompat dari kursi, akhirnya HP bunyi juga, angkat ah, siapa tau cewek nyasar atau fans terselubung...

AP: Halo, selamat pagi.

FR: (Yah.. cowok) Halo... (lemes)

AP: Bisa bicara dengan FR?

FR: Ya, dengan saya sendiri...

AP: Yee... Hari gini sendiri aja lu... Bruakakak

Jomblo banting HP.

 

Scene 3, Lautan Kenikmatan vs Admin Plimbi

Ring... Hmm.. Kawan apa Lawan nih? Coba angkat dulu...

AP: Halo, selamat pagi.

BN: Ya?

AP: Bisa bicara dengan sodara BN?

BN: Wah salah sambung keles, ini bukan nomer sodara saya!

AP: (Garuk kepala) Saudara BN-nya mana?

BN: Meneketehe... (Bingung, kok nyari sodara saya ya?)

AP: (Mulai kesel) Jadi ini dengan siapa?

BN: Aku mah apah atuh...

AP banting HP

 

Permisi, mau melarikan diri dulu, wassalam.

Kilas Balik dan Harapan di Bulan Maret

Tags

About The Author

Tuhuk Ma'arit 52
Expert

Tuhuk Ma'arit

Bodoh, miskin, dan pemalas. Lahir di Kotabaru (Kalimantan Selatan) pada tanggal 30 Januari 1988. Menulis adalah hal yang biasa bagi saya, saya sudah melakukannya sejak Sekolah Dasar. Saya sudah terbiasa menyalin contekan PR, dihukum menulis di papan tulis, menulis absen dari jarak jauh ketika bolos (mungkin bisa disebut mengisi absen secara online), menulis cerpe'an sebelum ulangan, dan menulis surat cinta di tahun 90-an. Tetapi, menulis ide orisinil adalah hal baru yang akan saya kembangkan. Semoga, amin. Sekarang saya bekerja tetap sebagai pengangguran. Hobi saya yang bercita-cita memberi pekerjaan kepada sejuta rakyat Indonesia adalah bermalas-malasan. Jika istri saya tidak mengetahui akun ini, berarti status saya adalah masih single dan available. Eh?
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel