Ternyata Ini Lho Makanan yang Bikin Ginjal Sehat!

22 Feb 2016 11:17 16115 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Makanan sehat untuk ginjal

Setiap organ tubuh manusia memiliki peranan penting dan harus dijaga kesehatannya. Salah satunya adalah ginjal. Ginjal sendiri merupakan organ dalam tubuh yang memiliki banyak fungsi. Itulah mengapa kesehatan dari ginjal sangat penting untuk dijaga.

Beberapa fungsi dari ginjal di antaranya sebagai berikut.

  • Membantu menjag keseimbangan air di dalam tubuh
  • Menyaring darah
  • Membantu untuk membentuk urine
  • Membantu untuk mengatur kadar kalium di dalam darah
  • Mempertahanka keseimbangan anatra kadar asam dan basa dalam cairan tubuh.
  • Melakukan proses ulang zat-zat dalam tubuh
  • Membantu untuk mengatur volume cairan di dalam tubuh
  • Membantu untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah
  • Menjadi penghasil dari hormon dan zat
  • Mengekskresi berbagai jenis zat tidak penting dan merugikan bagi tubuh
  • Membantu untuk mengatur keseimbangan dari zat kimia dalam darah
  • Membantu untuk menjaga tekanan osmosis
  • Membantu untuk menjga pH darah

Agar ginjak bisa melakukan semua fungsinya dengan baik, maka kesehatannya harus selalu dijaga. Ada beberapa jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah ginjal dari berbagai jenis serangan penyakit.

Buah Apel

Aneka Macam Makanan Sehat untuk Ginjal SehatGambar via: cdn.shopify.com

Salah satu jenis buah-buahan yang ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal adalah buah apel. Apel memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secarab teratur, salah satunya adalah membantu agar ginjal tetap dalam keadaan bersih. Apel juga bisa membantu tubuh dalam proses detoksifikasi atau proses pembuangan racun-racun.

Putih Telur

Putih telur merupakan bagian dari telur yang kaya akan manfaat. Salah satunya adalah memberikan asupan protein dan fosfor yang baik untuk membantu fungsi ginjal. Kekurangan dua jenis asupan tersebut bisa membuat fungsi dari ginjal menjadi menurun.

Konsumsi putih telur dengan teratur bisa menjaga asupan protein dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh dan ginjal sehingga kesehatan dari ginjal tetap terjaga dan bisa berfungsi dengan baik.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis bawang-bawangan yang kaya akan manfaat. Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas dan berbagai jenis penyakit.

Bawang putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, ginjal, dan membantu untuk mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh. Konsumsi bawang putih secara teratur akan beradampak baik untuk kesehatan Anda begitu juga dengan kesehatan ginjal.

Paprika Merah

Aneka Macam Makanan Sehat untuk Ginjal SehatGambar via: pixabay.com

Salah satu jenis paprika yang bisa membantu kerja dan kesehatan ginjal adalah paprika merah. Paprika merah ini bermanfaat untuk membantu dalam proses penghancuran limbah-limbah yang masih tersisa di dalam tubuh. Hal ini tentunya sangat membantu kerja ginjal dan membuat ginjal tidak bekerja terlalu keras dan kesehatannya tetap terjaga.

Kecambah

Kecambah mentah merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk menghindarkan Anda dari resiko batu ginjal dan bahkan baik untuk para penderita batu ginjal. Kecambah terutama yang mentah memiliki fungsi untuk membantu membersihkan ginjal. Ginjal yang terawat kebersihannya tentunya akan sehat. Selain itu, konsumsi kecambah dengan teratur juga bisa membantu Anda untuk terserag penyakit batu ginjal.

Minyak Zaitun

Memasak menggunakan minyak zaitun jauh lebih baik jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit. Selain itu, rutin mengonsumsi minyak zaitun juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh salah satunya kesehatan ginjal. Minyak zaitun mengandung anti inflamasi asam lemak yang mampu menurunkan oksidasi sehingga ginjal bisa tetap sehat.

Buah Ceri

Aneka Macam Makanan Sehat untuk Ginjal SehatGambar via: www.fyqyfz.com

Seperti halnya buah apel, buah ceri juga memiliki fungsi salah satunya untuk membantu proses detoksifikasi. Buah ceri juga termasuk jenis buah yang rendah protein dan kaya akan kandungan vitamin. Oleh karena itu, buah ceri sangat baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kualitas dari fungsi ginjal. Jika fungsi ginjal meningkat, maka kesehatan tubuh juga bisa terjaga dengan baik. selain itu, buah ceri juga memiliki fungsi untuk mengurangi kadar kalium berlebih di dalam tubuh.

Bawang Merah

Selain bawang putih, ternyata bawang merah juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Bawang merang bisa dijadikan makanan dan obat alami untuk para penderita batu ginjal. Bawang merah juga bisa menjadi penawar racun alami yang akan membantu menjaga kesehatan ginjal dan kebersihannya dengan dikonsumsi secara teratur.

Ikan

Dari sisi makanan hewani, ikan menjadi jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan omega 3 dalam ikan bisa membantu untuk menjaga kesehata ginjal karena memiliki sifat anti inflamasi. Beberapa jenis ikan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal di antaranya ikan hering, ikan tuna, ikan salmon, dan ikan makarel.

 

Masih ada banyak jenis-jenis makanan sehat untuk menjaga kesehatan, kebersihan, dan meningkatkan fungsi dari ginjal. Rutin dan teratur mengonsumsi makanan-makanan sehat tersebut akan mengurangi resiko terjadinya gangguan pada ginjal.

Siap untuk mulai rutin mengonsumsi makanan sehat tersebut?

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel