Ingin Browsing di Chrome Lebih Ringan? Gunakan 5 Ekstensi Google Chrome Terbaik!

27 Jul 2015 16:30 4165 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gunakan  5 ekstensi Chrome ini agar RAM lebih lapang 

Ekstensi Google Chrome Terbaik-Salah satu daya tarik browser Google Chrome adalah kemampuannya untuk menyesuaikan atau menyelaraskan bookmark dan ekstensi chrome lainnya dengan akun Google milik anda.

Selain itu, masing-masing tab dibagi proses penggunaan memori-nya sehingga jika satu tab mengalami crash, Anda tidak harus menutup browser nya secara keseluruhan.

Pada kenyataannya, hasil implementasi dari pembagian penggunaan memori ini menyebabkan meledaknya penggunaan memori jika Anda membuka banyak tab sekaligus.

Otomatis, ketika penggunaan memori dalam suatu perangkat PC atau Laptop itu besar dan mendekati batas RAM dari spesifikasi perangkat tersebut, maka akan terjadi gangguan performa pada perangkat Anda seperti kesulitan membuka aplikasi dan lagging dalam menggerakkan kursor atau ketika menjalankan suatu program.

Jadi, apakah Anda termasuk pengguna aplikasi surfing Google Chrome pada perangkat PC atau laptop? Terutama bagi user yang biasanya berselancar di dunia internet secara terus-menerus dan selalu membuka konten secara bersamaan dalam satu browser,

Ekstensi di bawah ini dapat membantu menyajikan pengalaman berselancar di dunia maya tanpa adanya masalah atau hambatan seperti yang sudah dijelaskan di atas ketika anda menggunakan Google Chrome.

 

1. TooManyTabs

Adalah sebuah aplikasi pengaturan tab dan memori yang cukup bagus dengan interface atau antarmuka yang mudah dimengerti.

Lalu, dikarenakan penggunaannya yang cukup mudah menjadikan aplikasi ini suatu program yang bersahabat bagi penggunanya terutama para pemula.

Ingin Browsing di Chrome Lebih Ringan? Gunakan 5 Ekstensi Google Chrome Terbaik!

Setelah aplikasi ini terinstall di komputer rekan-rekan semua, sebuah popup windows akan muncul.

Popup ini adalah jendela baru dimana anda bisa melihat semua tab yang sedang aktif atau dibuka. Setelah itu, anda dapat memilih untuk suspend tab yang menurut anda tidak dibutuhkan sekarang.

Suspend disini berarti menunda dan menyimpan tab untuk Anda baca suatu saat nanti. Dengan menunda suatu tab, akan membebaskan penggunaan memori yang memperlancar browser Chrome Anda.

 

2. TabMemFree

Ini adalah aplikasi kedua yang dapat memperingan dan memperlancar browser Chrome anda. Cara kerja ekstensi ini adalah dengan secara otomatis “memarkirkan” tab yang sudah 15 menit tidak dibaca atau dilihat.

Ingin Browsing di Chrome Lebih Ringan? Gunakan 5 Ekstensi Google Chrome Terbaik!

Waktu di atas tentunya bisa diatur jika anda menginginkan waktu yang lebih lama.

Dan ketika Anda membuka tab yang sedang dalam keadaan tidak aktif tersebut, maka jendela tab tersebut akan secara otomatis melakukan reload sehingga anda akan diarahkan dan diantarkan kembali ke situs yang anda buka sebelumnya di tab tersebut.

 

3. Tab Hibernation

Adalah sebuah tool yang secara instan dapat menyimpan semua tab kecuali tab yang sedang Anda lihat ke mode hibernasi.

Setelah tool ini terpasang di perangkat komputer anda, sebuah tombol yang berbentuk bulan sabit akan muncul di pojok kanan atas browser Chrome anda.

Ingin Browsing di Chrome Lebih Ringan? Gunakan 5 Ekstensi Google Chrome Terbaik!

Dan ketika anda meng-klik ikon bulan sabit tersebut, semua tab yang tidak sedang anda lihat akan “ditidurkan” yang kemudian akan membebaskan penggunaan memori.

Untuk “membangunkan” kembali, Anda hanya tinggal klik secara acak di tab yang tertidur.

 

 

4. OneTab

Program ekstensi ini adalah suatu aplikasi dengan cara kerja mengompres semua tab yang terbuka  di dalam satu jendela Chrome menjadi satu tab saja.

Sehingga semua konten yang asalnya berada dalam tab yang terpisah-pisah dapat anda lihat di dalam satu tab saja. Hal ini tentunya menjadi salah satu cara untuk membebaskan penggunaan memori browser Google Chrome.

Ingin Browsing di Chrome Lebih Ringan? Gunakan 5 Ekstensi Google Chrome Terbaik!

Anda juga kemudian dapat memilih untuk menutup tab, membukanya secara satu-persatu atau mengembalikannya seperti semula yaitu membariskan tab di browser.

Selain itu, Anda juga dapat mengklasifikasikan tab-tab ini ke dalam kategori spesial untuk bisa dibuka kelak ketika anda butuh akses langsung.

 

 

5. The Great Suspender

Ekstensi ini membantu anda untuk membebaskan memori anda dengan cara menunda atau men-suspend tab secara manual.

Dalam penggunaannya, software ini mempersilahkan penggunanya untuk memilih tab yang ingin ditunda atau di tangguhkan.

Ingin Browsing di Chrome Lebih Ringan? Gunakan 5 Ekstensi Google Chrome Terbaik!

Kelebihan dari tool ini adalah dengan adanya whitelist dimana Anda bisa melakukan pengecualian terhadap situs yang tidak ingin anda suspend.

Jadi, Anda pilih yang mana? [FM]

via Hongkiat.com 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel