QMobile A1, Android One dari Pakistan

1 Aug 2015 17:00 3406 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ini dia spesifikasi Android One terbaru yang dijual di pasar Pakistan.

QMobile A1-Android One, project besutan Google Inc untuk memungkinkan semua orang di seluruh dunia dapat menggunakan dan mendapatkan smartphone dengan harga murah, berkualitas baik, memiliki performa cepat dan memungkinkan untuk dapat selalu terhubung ke jaringan internet.

 Pasca menyasar pasar India, Indonesia dan Myanmar, sekarang perangkat yang diproduksi dibawah pengawasan langsung Google ini menyapa pasar Pakistan. Perangkat ini adalah QMobile A1 yang saat ini sudah tersedia di berbagai toko ritel dan online Pakistan. So, apakah Anda penasaran dengan spesifikasi smartphone ini? Jika ya, mari kita simak pemaparannya berikut ini!

 

Desain mirip Android One Indonesia

Sejatinya, QMobile merupakan produsen perangkat selular terkemuka dari Pakistan yang biasa memproduksi berbagai smartphone dan tablet untuk menyasar kalangan bawah. Melalui produk ini, QMobile ingin mengoptimalkan penjualan di pasar low-end, melalui produk berkualitasnya.

Jika dibandingkan dengan produk Android One dari brand Indonesia, sektor desain QMobile A1 memang cukup mirip. Smartphone ini memiliki dimensi bodi sebesar 132 x 67.9 x 9.15mm dan dibalut material plastik berkualitas melalui perpaduan warna hitam di bagian depan serta warna biru tua pada bagian cover belakang.

 

Layar  4,5 inch

Sama seperti produk sejenis yang beredar di Indonesia, QMobile A1 juga menawarkan layar sentuh seluas 4.5 inch FWVGA 854 x 480 piksel. Sekalipun resolusi layar smartphone ini bahkan tidak menyentuh qHD, namun tampilan yang dihadirkan cukup menarik, dimana QMobile A1 menggunakan panel IPS yang memberikan kesan lebih nyaman untuk dipandang.

Terlebih, material UI bawaan Android Lollipop yang ditampilkan memberikan kesan modern dan dinamis, membuat semua orang dapat merasakan langsung sensasi smartphone Android yang sebenarnya. Sementara di bagian bawah layar, tersedia 3 tombol on-screen yang dapat dipakai untuk navigasi menu.

 

Hardware Cukup Baik dengan Dukungan Update Android M

Saat pertama kali diluncurkan, QMobile A1 dijalankan pada sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Satu hal yang menjadi keunggulan smartphone yang dihasilkan dari project Google ini adalah diberikannya update yang berkala, memungkinkan smartphone ini akan menjadi yang pertama mendapat update ke OS Android M.

Selain dijalankan pada OS terkini, perangkat ini juga mendapatkan dukungan dari prosesor Quad Core berkecepatan 1.3 GHz, RAM sebesar 1 GB, memori internal berkapasitas 8 GB, serta dukungan slot microSD yang dapat menampung memori hingga 64 GB.

QMobile A1, Android One dari Pakistan

Google Camera

Sama seperti perangkat sejenis yang dirilis di Indonesia, QMobile A1 hadir membawa dukungan rear kamera dengan sensor 5 MP. Kamera tersebut telah dilengkapi dengan fitur pendukung, yaitu LED flash, dan autofocus.

Namun yang menjadikannya menarik yaitu disematkannya software Google Camera yang menghadirkan sejumlah fitur khas, dimana Anda dapat menangkap gambar dengan efek lens blur maupun panorama. Sementara itu, tidak lupa QMobile pun membawa kamera yang disematkan di sisi depan, memiliki ukuran 2 MP dan dapat dipakai untuk Anda berfoto selfie!

 

Dukungan Bluetooth 4.1

Keunggulan lain dari perangkat yang dihasilkan oleh project Google ini yaitu disematkannya fitur dual SIM stand-by untuk menunjang mobilitas para penggunannya. Di dalam QMobile A1 ini, kedua SIM card yang dijalankan telah mendukung frekuensi GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dan WCDMA 900 / 1800 / 2100, memungkinkan penggunannya untuk mengakses data dengan kecepatan HSDPA atau 3,5G. Selain itu, disematkan pula fitur konektivitas pendukung lainnya, meliputi Wi-Fi 802.11b/g/n, Bluetooth 4.1, microUSB 2.0, GPS, AGPS dan Radio FM.

 

Kesimpulan

Diproduksi sesuai standarisasi yang ditetapkan oleh perusahaan Google, tentu saja QMobile A1 ini memiliki kualitas yang baik dan dapat diandalkan oleh seluruh pengguna di Pakistan. Jika dibandingkan dengan trio Android One yang beredar di Indonesia, seperti Mito Impact, Nexian Journey dan Evercoss One X, spesifikasi yang ada memang tidak jauh berbeda.

Termasuk dalam sektor baterai, dimana QMobile A1 pun dilengkapi baterai berkapasitas 1700 mAh, sama seperti tiga smartphone serupa yang ada di Indonesia. Hadir dengan satu pilihan warna, Black-blue, QMobile A1 telah dijual di berbagai toko online dan retail di Pakistan seharga Rs 11.500 atau Rp 1.3 juta. [ARD]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel