Biasakan Anak untuk Mengonsumsi Brokoli

1 Jun 2015 18:00 2911 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Brokoli banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak dengan rajin mengonsumsi brokoli, selain itu olahan brokoli yang unik akan emnarik perhatian anak.

Brokoli adalah jenis sayuran yang termasuk ke dalam kubis-kubisan. Warna hijaunya yang pekat serta bentuknya yang seperti pohon beringin memiliki daya btarik tersendiri. Sayuran hijau satu ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Bagi Anda para orang tua, sebaiknya mulai sekarang sudah mengenalkan dan membiasakan anak untuk mengonsumsi sayuran dengan bentuk unik ini.

Brokoli mengandung banyak nutrisi untuk kebutuhan tubuh anak sehari-harinya. Nutrisi tersebut di antaranya seperti vitamin C, karotenoid atau provitamin A, vitamin E, dan asam folat. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh brokoli adalah menjaga kesehatan lambung. Kesehatan lambung pada anak sangat penting untuk dijaga karena dengan lambung yang sehat, anak bisa mengonsumsi banyak makanan bergizi lainnya dan membantunya untuk bebas beraktivitas sehari-hari.

 

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Anak

Brokoli tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung, ada banyak manfaat lainnya yang baik untuk anak. Berikut beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan anak.

  • Membantu meningkatkan dan mengoptimalkan fungsi dari hati.

Hati merupakan organ penting dalam tubuh yang bisa menetralisasi racun yang masuk ke dalam tubuh. Pada anak, organ hatinya masih berkembang, oleh karena itu perlu asupan makanan bergizi yang mampu untuk meningkatkan fungsi hati, salah satunya adalah brokoli. Brokoli mengandung zat antikarsinogen dan antioksidan yang bisa menjaga tubuh anak dari serangan penyakit.

  • Menjaga kesehatan tulang anak.

Tulang anak sedang berada dalam masa pertumbuhan. Untuk menjaga kesehatan tulang anak, konsumsi brokoli yang rutin bisa menjadi pilihan. Brokloi mengandung vitamin K dan kalsium yang tinggi. Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat terutama untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang pada anak.

  • Membantu mengurangi kadar kolesterol.

Kolesterol berlebih pada tubuh anak tidak baik untuk kesehatannya. Maka dari itu, konsumsi brokoli akan membantu mengurangi jumla kolesterol dalam tubuh anak. hal tersebut karena brokoli mengandung serat larut yang bisa menarik keluar kolesterol dalam tubuh anak.

  • Menjaga kekebalan tubuh.

Brokoli mengandung banyak vitamin C dan flavonoid. Flavonoid bisa membantu vitamin C untuk bisa melakukan daur ulang dengan efektif. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik dan kuat untuk pertahanan tubuh.

  • Membantu mengurangi peradangan dan alergi pada anak.

Salah satu kandungan dalam bokoli bermanfaat untuk megurangi timbulnya alergi pada anak. Kandungan tersebut adalah kampferol, selain itu ada juga isothiocyanates yang keduanya termasuk ke dalam anti-inflamasi nabati. Selain kedua kandungan tersebut, brokoli juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya. asam lemak omega 3 ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan dari otak anak.

  • Membantu menjaga kesehatan kulit dan mata.

Kesehatan mata anak akan terjaga dan juga terhindar dari resiko katarak dengan rajin mengonsumsi brokoli karena brokoli mengandung lutein dan vitamin A yang tinggi. Selain itu, brokloi juga bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kulit karena paparan sinar UV serta penuaan dini karena di dalamnya mengandung glucoraphanin.

  • Membantu untuk mencegah terjadinya sembelit pada anak.

Salah satu kandungan brokoli yang bisa mencegah anak terserang sembelit adalah serat alami. Serat alami bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan sehingga anak bisa terhindar dari sakitnya sembelit.

 

Berbagai Jenis Olahan Brokoli

Bukan hal yang mudah untuk membujuk anak mengonsumsi brokoli secara rutin terutama anak-anak yang kurang suka sayuran. Ibu harus pintar-pintar mengolah brokoli agar anak tetap bisa mengonsumsinya dan mendapatkan semua nutrisi baik yang terkandung di dalamnya. berikut beberapa saran olahan brokoli untuk anak.

  • Dijadikan campuran dalam olahan capcay yang lezat.

Brokoli bisa menjadi campuran yang cocok untuk dibuat capcay. Buatlah capcay yang lezat dan menggugah selera anak sehingga ia tetap bisa mengonsumsi brokoli secara rutin.

  • Dibuat menjadi jus.

Jus brokoli akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak.

  • Dibuat menjadi campuran puding.

Anak-anak umumnya sangat menyukai puding. Brokoli bisa dijadikan bahan campuran untuk puding, jadi anak tetap bisa mengonsumsi brokoli dengan rasa yang enak.

  • Dijadikan campuran untuk kue.

Ibu bisa membuat kue yang dicampur dengan brokoli. Kue yang lezat akan sangat disukai anak, tidak hanya lezat, kue dengan campuran brokoli ini juga sehat.

Membuat anak untuk menyukai sayuran memang bukan hal yang mudah, terutama jika anak tersebut benar-benar tidak suka makan sayuran. Akan tetapi, selain dengan cara memberikan kapsul suplemen dengan kandungan sayuran di dalamnya, ibu tetap bisa menyajikan brokoli dengan berbagai variasi masakan dan snack yang disukai anak.

 

Demikian pembahasan tentang baiknya konsumsi brokoli untuk kesehatan anak. Semoga apa yang ditulis dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca terutama para ibu yang memiliki anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. [DIA]

                                                                                

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel