Iniah Kisah Sukses Meg Whitman - CEO Wanita dengan Gaji Termahal

23 Dec 2013 22:00 6808 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Saat ini, tidak sedikit perusahaan besar yang memiliki seorang CEO Wanita. Dominasi Ceo adalah pria kini tidak berlaku karena justru di bawah kepemiimpinan dari kaum hawa ini, perusahaan yang tadinya meluncur ke bawah bisa dibangkitkan kembali berkat sosok aura seorang ibu. Salah satu tokoh yang termasuk dalam kategori ini adalah Meg Whitman. Meg Whitman merupakan CEO HP yang tergolong sukses. 

Saat ini, tidak sedikit perusahaan besar yang memiliki seorang CEO Wanita. Dominasi CEO adalah pria kini tidak berlaku karena justru di bawah kepemimpinan dari kaum hawa ini, perusahaan yang tadinya meluncur ke bawah bisa dibangkitkan kembali berkat sosok aura seorang ibu. Salah satu tokoh yang termasuk dalam kategori ini adalah Meg Whitman.

Meg Whitman merupakan CEO HP yang tergolong sukses. Bagaimana perjalanan karirnya? Simak kisah wanita sukses Meg Whitman berikut ini.

Awal Kisah

Meg Whitman lahir pada tanggal 4 Agustus 1956 di Long Island, New York. Nama lengkapnya sendiri adalah Margaret Cushing "Meg" Whitman. Wanita yang satu ini merupakan putri dari pasangan Hendricks Hallett Whitman dan Margaret Whitman. Tidak banyak yang menarik dari kisah wanita sukses saat ia kecil.  Hanya saja  saat SMA, Meg merupakan satu dari 10 lulusan terunggul. Saat itu ia masuk Cold Spring Harbor High School. Meg pun lulus tahun 1974 dengan predikat yang sangat baik.

Kisah wanita sukses ini pun berlanjut di kampus bernama Princeton University. Di kampus ini Meg Whitman menekuni bidang matemarika dan ilmu pengetahuan. Alasan dia menekuni dua bidang tersebut karena ia bercita-cita menjadi seorang dokter. Namun ternyata jalan takdirnya berkata lain. Meg Whitman malah terjun dalam dunia bisinis dan politik. Wanita yang juga lulusan  Harvard Business School ini pernah bekerja pada berbagai bidang termasuk menjadi seorang wakil presiden bidang perencanaan strategis di The Walt Disney Company.

Karir yang Melesat

Pengalamannya di Walt Disney menjadi bekal tersendiri.Selepas dari Disney, Ia pun pernah menjadi eksekutif di DreamWorks, Procter & Gamble, dan juga Hasbro. Berkali-kali pindah perusahaan merupakan bukti bahwa banyak perusahaan ternama membutuhkan jasanya. Dan pada tahun 1998, ketika dunia internet mulai naik pamor, meg dipercaya menjadi Presiden dan Chief Executive Officer eBay. Sebuah pencapaian yang luar biasa. Bisa dibilang karirinya di eBay merupakan sesuatu yang baik. Posisinya sebagai pimpinan merupakan hasil dari perjuangannnya, Karirnya yang melesat ini akan menjadi bagian yang menarik dari sebuah kisah wanita sukses  bernama Margaret Cushing  ini.

Meg Whitman menjabat selama 10 tahun di eBay. Selama 10 tahun tersebut, ia telah melakukan berbagia langkah luar biasa. Salah satunya adalah membuat eBay semakin besar baik secara korporasi maupun secara pendapatan. Karyawan yang tadinya hanya berjumlah 30 orang berkembang sangat cepat menjadi 15.000 ribu karyawan. Hal ini karena perusahaan mengalami kemajuan dari segi pendapatan. Jika awalnya eBay hanya membukukan US$ 4 juta per tahunnya, maka setelah beberapa tahun dipimpin oleh Meg Whitman, perusahaan pun memperoleh pendapatan US$ 8 miliar per tahunnya.

 

Baca juga :

               Xiaomi "The Unstoppable" Kabarnya Kembali Merajai Penjualan Smartphone di China

               Tips Agar Kamu Mudah Diterima Kerja dalam 600 Kata

 

Menjadi Pimpinan HP

Kisah wanita sukses ini berlanjut di perusahaan lain yang prestisius. Setelah 10 tahun berkarir di eBay, Meg Whitman terpilih menjadi CEO HP (Hewlett-Packard), sebuah perusahaan komputer  yang sangat ternama. Saat itu HP sedang mengalami krisis kepercayaan dari pasar. Pemilihan Meg Whitman sebagai pimpinan tentunya diharapkan akan mampu membuat HP kembali berjaya.

Berkat ketekunan dan visinya, HP mulai perlahan memperlihatkan tajinya kembali. Geliat pasar akan kehadiran produk HP cukup tinggi setelah Meg Whitman memmpin perusahaan ini. Padahal awalnya Meg Whitman diragukan kemampuannnya oleh  para pemegang saham HP. Karena menjadi pimpinan HP, Meg Whitman pun semakin populer. Meg Whitman sendiri masuk sebagai salah satu dari 15 CEO wanita dengan gaji yang tinggi. Gajinya di HP sendiri adalah US$15,36 juta. Dengan jumlah gaji yang luar biasa tersebut membuat dia dinobatkan sebagai wanita keempat terkaya di California, Amerika Serikat.

Dari  uraian kisahnya dapat diketahui bahwa Meg Whiteman merupakan orang yang paling inovatif dan mampu membawa perusahaan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Wanita yang bersuamikan Griffith Harsh IV ini sendiri merupakan salah satu wanita yang bisa menjadi inspirasi bagi semua orang terutama kaum hawa.  Wanita yang memiliki dua anak ini sendiri pernah terjun di dunia politik. Namun ia kembali fokus memimpin perusahaan setelah ia gagal dalam pemilihan Gubernur California. Kekakalahan tersebut ia jadikan pelajaran. Ia beranggapan bahwa kekakalahan dan kesalahan merupakan sesuatu yang mesti diperbaiki bukan sesuatu yang mesti dipikirkan. Demikianlah kisah wanita sukses bernama Meg Whitman ini. Semoga menginspirasi. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel