Perbandingan Smartphone Android Ber-OS Gingerbread

10 May 2011 14:10 6196 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Gingerbread merupakan OS Android terkini untuk smartphone. Karena masih baru dan hardware yang mendukung teknologi Gingerbread tergolong canggih, maka masih belum banyak smartphone yang diluncurkan khusus untuk Gingerbread. Tercatat hanya dua vendor besar yang telah meluncurkan smartphone dengan OS bawaan Gingerbread, Samsung dan Sony Ericsson.

Gingerbread merupakan OS Android terkini untuk smartphone. Karena masih baru dan hardware yang mendukung teknologi Gingerbread tergolong canggih, maka masih belum banyak smartphone yang diluncurkan khusus untuk Gingerbread. Tercatat hanya dua vendor besar yang telah meluncurkan smartphone dengan OS bawaan Gingerbread, Samsung dan Sony Ericsson.

Samsung dengan Nexus S merupakan vendor pertama yang mengeluarkan smartphone mendukung Gingerbread. Sementara Sony Ericsson baru meluncurkan beberapa bulan yang lalu, namun Sony Ericsson tidak tanggung-tanggung dengan langsung meluncurkan tiga produk Xperia Play, Xperia Neo, dan Xperia Arc. Berikut spesifikasi masing-masing smartphone:
Smartphone Android

Spesifikasi

Samsung Nexus S

Sony Ericsson Xperia Arc

Sony Ericsson Xperia Play

Sony Erisson Xperia Neo

Jaringan GPRS/EDGE/HSDPA GPRS/EDGE/HSDPA GPRS/EDGE/HSDPA GPRS/EDGE/HSDPA
Processor ARM Cortex A8 1GHz processor 1GHz Scorpion 1GHz Scorpion, Adreno 205 GPU? 1GHz Scorpion
Ukuran & berat Ukuran: 123,8 x 63 x 10,88mm
Berat: 129.0 gr
Ukuran: 125.0 x 63.0 x€ 8.7 mm
Berat: 117.0 gr
Ukuran: 119.0 x€ 62.0 x€ 16.0mm
Berat: 175.0 gr
Ukuran: 116.0 x€ 57.0 x€ 13.0 mm
Berat: 126.0 gr
Layar 800x480 pixels, 4.0" 854x480 pixels, 4,2" 854 x 480 pixels, 4.0" 854x480 pixels, 3,7"
Memori Penyimpanan telepon internal: 16GB
RAM: 512MB
Penyimpanan telepon internal: 1GB (bebas hingga 320MB)
RAM: 512MB
Slot kartu memori: microSD, hingga 32GB
Penyimpanan telepon internal: 1GB (bebas hingga 400MB)
RAM: 512MB
Slot kartu memori: microSD, hingga 32GB
Penyimpanan telepon internal: 1GB (bebas hingga 320MB)
RAM: 512MB
Slot kartu memori: microSD, hingga 32GB
Baterai Standard battery, Li-Ion 1500 mAh Standard battery, Li-Po 1500 mAh Standard battery, Li-Po 1500 mAh Standard battery, Li-Po 1500 mAh
Konektivitas Wifi, USB, Bluetooth, GPS, jack audio 3.5mm Wifi, USB, Bluetooth, TV out, GPS, jack audio 3.5mm Wifi, USB, Bluetooth, jack audio 3.5mm, GPS Wifi, USB, Bluetooth, TV out, GPS, jack audio 3.5mm
Kamera 5.0mp, flash light, auto focus, video record 8.1mp, flash light, auto focus, face detection, digital zoom, video record, smile detection, red eye removal 5.1mp, flash light, auto focus, video record 8.1mp, flash light, auto focus, face detection, digital zoom, video record, smile detection, red eye removal
Kisaran Harga Rp. 5,499jt Rp. 5,499jt Rp. 5,7jt Rp. 4jt

Secara garis besar keempat smartphone tersebut memiliki kemampuan yang sama untuk menjalankan fitur-fitur Android Gingerbread. Processor dan RAM(Random Access Memory) memiliki kapasitas yang sama besar sehingga performa dan kecepatan tidak banyak berbeda antara keempat smartphone. Namun apabila dilihat secara detail, terdapat perbedaan diantara keempatnya. Sebenarnya perbedaan yang ada diantara keempat smartphone ini bukanlah suatu kekurangan, tetapi lebih kepada kebutuhan pengguna.

Untuk Anda yang suka memiliki berbagai macam aplikasi tambahan terinstal di smartphone Anda, Nexus S menjadi pilihan yang tepat dikarenakan memori internal yang jauh lebih besar diantara yang lainnya. Anda bisa bebas menginstal aplikasi sebanyak yang Anda mau tanpa khawatir mengganggu performa smartphone dengan internal memori sebesar itu.

Untuk pecinta fotografi, Xperia Arc dan Xperia Neo bisa menjadi pilihan yang menarik dengan dukungan kamera 8.1mp dan fitur kemampuan kamera yang lengkap, serta adanya koneksi TV Out untuk menghubungkannya dengan TV. Namun apabila memilih diantara dua smartphone tersebut, Xperia Arc merupakan pilihan yang lebih tepat dengan ukuran layar yang lebih besar untuk melihat hasil foto.

Apabila Anda gamers sejati, Xperia Play menjadi pilihan wajib bagi Anda. Xperia Play adalah smartphone pertama, dan satu-satunya sejauh ini, yang bersertifikat Playstation, oleh karena itu dinamai Xperia Play. Dengan spesifikasi prosesor dan adanya tambahan GPU (Graphics Processing Unit), serta adanya tambahan sliding game control berbentuk ala Playstation, menjadikannya layak untuk dinobatkan sebagai smartphone para gamers. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel