Akitio Neutrino, Solid State Drive Super Cepat Berkat Fitur Thunderbolt

31 Aug 2014 14:00 3150 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Akitio Neutrino menjajaki pasar Solid State Drive SSD dengan keunggulan kecepatan transfer 464MB/detik berkat fitur Thunderbolt yang ditanamkan di dalamnya.

Untuk terus memopulerkan Solid State Drive SSD, para produsen SSD berlomba memproduksi media penyimpanan ini sebaik mungkin. Salah satu yang cukup aktif adalah Intel yang mengeluarkan versi standar  SSD-nya. Salah satu lini produknya adalah SSD Intel seri 330. SSD ini ternyata diminati oleh salah satu perusahaan yang terbiasa fokus pada produk jaringan, Akitio. Perusahaan tersebut memproduksi sebuah SSD eksternal yang berbasis pada Intel Seri 300 yakni Akitio Neutrino. Akitio mengklaim bahwa media penyimpanan ini merupakan Solid State Drive SSD tercepat di dunia.

Media penyimpanan standar saat ini bukan lagi pada Hard Disk. Standar terbaik untuk sebuah sistem komputasi adalah Solid State Drive (SSD). Pengguna rumahan masih menganggap media penyimpanan ini sebagai media yang masih eksklusif dikarenakan harganya yang tergolong tinggi. Padahal harga tinggi tersebut setara dengan kemampuannya yang berkali-kali lipat dibandingkan Hardisk. SSD sendiri telah menjadi standar utama perusahaan-perusahaan besar untuk server mereka.

Solid State Drive SSD sendiri merupakan media penyimpanan yang berbasis pada Flash.  Flash merupakan Chip yang terdapat dalam SSD. Chip Flash yang digunakan pada media penyimpanan ini bertipe on Volatile Memory. Istilah tersebut sederhananya adalah data yang disimpan pada SSD tidak akan hilang meski tidak ada daya listrik. Saat ini SSD dianggap sebagai pengganti Hard Disk karena keamanan dan kemampuannya yang luar biasa. Ultrabook dan Macbook pun sudah didukung oleh media penyimpanan ini. 

 

Kapasitas

Kapasitas Solid State Drive SSD Akitio Neutrino ini cukup beragam. Ada tiga pilihan kapasitas yang dipilih yaitu 120GB, 256GB, dan 320GB. Jumlah kapasitasnya memang terasa lebih kecil dibanding Hard Disk pada rentang harga yang sama tapi berbicara SSD bukan tentang kuantitas melainkan kualitas.  Meski dengan  jumlah kapasitas yang tergolong tidak cukup besar, data yang disimpan  pada media penyimpanan ini akan lebih aman jika dibandingkan dengan perangkat penyimpan bertipe cakram padat. SSD ini memiliki temperatur sekitar 5°C ~ 35°C. Dengan temperatur tersebut membuat SSD ini lebih aman dan tidak cepat rusak.

 

Desain

Akitio Neutrino hadir dengan bentuk yang ramping. Solid State Drive SSD ini berwarna putih cerah. Dimensi media penyimpanan ini adalah 13cm x 7.8 cm x 2.5cm. Ukuran ketebalannya yang hanya 2,5 cm, membuat perangkat eksternal ini terlihat tipis dan sangat ringan. SSD eksternal ini dapat dibawa ke mana saja karena sesuai sifatnya yang Portable. Desainnya sangat kompak dengan bentuk persegi panjang yang mewah. SSD ini dibalut oleh bahan material logam alumunium kualitas tinggi. Dengan bahan seperti itu membuat SSD ini tampak kokoh dan memiliki daya tahan yang cukup baik.

 

Fitur

Fitur-fitur yang terdapat pada Solid State Drive SSD ini adalah adanya konektivitas Thunderbolt. Thunderbolt sendiri merupakan standar konektivitas yang dikembangkan oleh Intel untuk menyaingi USB 3.0  Dengan koneksi Thunderbolt ini menjadikan SSD ini memiliki kecepatan laju data yang cepat. Selain itu ada pula pengontrol konektivitas SATA kelas atas. Dengan fitur ini memungkinkan Solid State Drive SSD  Akitio Neutrino memiliki performa yang tinggi. Selain itu SSD ini diciptakan untuk sebuah solusi penyimpanan data terbaik. Akitio menyebutnya sebagai  Complete-All-in-One-Solution.

 

Kemampuan

SSD eksternal Akitio Neutrino ini tidak memakan banyak daya. Solid State Drive SSD  ini berdaya konsumsi rendah. Karena hal ini suara noise dapat di minimalisir. Bisingnya yang kecil tidak membuat kemampuan Solid State Drive SSD ini mengalami penurunan kecepatan. Akition memastikan bahwa  Neutrino yang sudah dilengkapi Thunderbolt ini memiliki kecepatan membaca sampai 464 MB/s. Untuk kemampuan menulisnya sendiri berkisar antara 311MB/s. Kecepatan baca dan tulis yang cepat ini adalah hal yang paling diunggulkan dari produk ini. Yang menarik adalah kemampuan SSD ini dalam hal transfer  data berupa arsip video. Untuk koneksi USB 2.0, kecepatan transfer datanya sampai 36.7 MB/s. Untuk koneksi Thunderbolt, video kualitas tinggi seukuran 8,53 G hanya dilakukan kurang dari satu menit saja.

Sebuah perangkat Solid State Drive SSD  yang punya performa menakjubkan dari Akitio ini pantas dimiliki. Secara total keseluruhan, skor 90 dari 100 pantas di dapatkan oleh perangkat ini. Satu-satunya kelemahan dari SSD ini hanyalah bahwa koneksi Thunderbolt belum semuanya tersedia di perangkat lain. Tentu hal ini harus jadi pembelajaran bagi para vendor agar mengeluarkan alternatif koneksi seperti Thunderbolt pada perangkat  piranti kerasnya.  Sampai artikel ini dibuat, belum ada informasi mengenai ketersediaan dan harga yang ditawarkan Akitio sendiri. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel