BlackBerry Product Review

4 May 2011 11:18 4627 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Produk Telco yang akan diulas kali ini adalah produk Blackberry, yaitu produk yang diluncurkan oleh perusahaan Kanada Research in Motion (RIM). Produk ini secara bisnis sangat inovatif karena berhasil mengkombinasikan produk ponsel sekaligus layanan konten yang diakses via internet GPRS atau 3G.

By: Adi Irianto

Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat atas kehadiran situs komunitas mobile Paseban.com. Situs ini menurut penggagasnya didedikasikan bagi individu dan komunitas pengguna ponsel yang mendaftar dan akan diisi dengan berbagai informasi praktis dan ringan seputar dunia komunikasi mobile serta disediakan layanan komunikasi yang murah dan gaul.

Sebagai penulis yang ditugaskan memberikan ulasan ringan tentang produk telekomunikasi dan promosi atau iklan terbaru dari berbagai operator telekomunikasi, tentu harapannya adalah agar para pembaca semua menjadi lebih nggeh tentang produk telekomunikasi (telco), bisa lebih sigap atau lebih smart memanfaatkan promosi produk yang ditawarkan operator. Semoga harapan itu bisa terwujud dan bermanfaat bagi pembaca situs ini.

Produk Telco yang akan diulas kali ini adalah produk BlackBerry, yaitu produk yang diluncurkan oleh perusahaan Kanada Research in Motion (RIM). Produk ini secara bisnis sangat inovatif karena berhasil mengkombinasikan produk ponsel sekaligus layanan konten yang diakses via internet GPRS atau 3G. Dengan begitu, kita harus membeli ponsel BlackBerry sekaligus berlangganan layanan BlackBerry Internet Service (BIS) untuk dapat menikmati konten yang disediakan. Konten BlackBerry dikelompokkan menjadi Chatting (BBM-BlackBerry Messenger, Yahoo Messenger, Windows Live Messenger), Push Email (Google Mail, Yahoo Mail), Social Media (Twitter, Facebook) dan Browsing Internet.

BlackBerry awalnya diprediksi untuk melayani kalangan profesional bisnis terutama dengan adanya fitur integrasi push-email (email di ponsel) dan SMS, namun di Indonesia BlackBerry laku seperti kacang goreng untuk semua kalangan terutama fitur BBM, Group BBM, Twitter dan Facebook, sehingga menjadikan BlackBerry sebagai ponsel komunitas sosial yang tidak tertandingi hingga saat ini. Apalagi kini telah tersedia ponsel BlackBerry kelas menengah dengan harga yang lebih terjangkau.

Dari aspek teknologi atau jaringan, layanan konten BlackBerry dikendalikan oleh BlackBerry Internet Server yang berpusat di Kanada. Pemerintah pernah meminta agar server BlackBerry bisa berada di Indonesia, namun pada January 2011 yang lalu RIM baru menyetujui pemasangan web filter untuk konten pornografi. Koneksi ke server BlackBerry menggunakan jalur internet yang diakses dari ponsel melalui GPRS atau 3G Seluler GSM (berarti secara teknis Operator CDMA bisa juga menyelenggarakan layanan ini dengan ponsel BlackBerry CDMA). Karena konten BlackBerry dikendalikan oleh RIM, maka biaya langganan BlackBerry dibagi antara RIM dan Operator seluler.

Operator lokal mendapat porsi akses internetnya dan RIM dengan porsi yang lebih besar menguasai layanan konten BB. Hebatnya juga, Konten BB ini menggunakan teknologi kompresi dan enkripsi (pengacakan) data sehingga data yang dikirim menjadi jauh lebih kecil ukuran datanya (lebih cepat) dan aman. Hal unik lainnya adalah diperkenalkannya PIN BlackBerry yang terdiri dari 8 karakter hexadesimal yang digunakan sebagai ID (identifikasi) ponsel BB. Pin ini digunakan oleh server sebagai alamat ponsel BB kita. Namun repotnya kalau kita ganti ponsel maka harus meminta rekan-rekan kita untuk meng-invite kita lagi.

Berita baik lainnya bagi para pengguna BB adalah harga berlanggan paket BlackBerry dari berbagai Operator Seluler sudah bergerak turun dan tersedia berbagai paket murah atau irit. Paket BlackBerry Unlimited (sepuasnya) dari XL disebut paket BlackBerry One (dengan tarif paket harian Rp. 5 ribu, paket bulanan Rp.99 ribu), Indosat mengeluarkan Paket BlackBerry Irit (tarif harian Rp. 4500, paket mingguan Rp. 26 ribu, paket bulanan Rp. 100 ribu), Axis mengeluarkan Paket BlackBerry Unlimited (tarif harian Rp. 3900, paket mingguan Rp. 25 ribu, paket bulanan Rp. 79 ribu) plus bonus gratis nelpon sekian menit ke nomor sesama Axis. Telkomsel juga menurunkan harga dari Rp. 150 ribu menjadi Rp. 90 ribu.

Untuk yang mau lebih murah lagi, tersedia Paket Khusus, seperti Paket BB Gaul, Paket BB Chat, Paket BB Email, Paket BB Chatting atau kombinasinya. Sebagai contoh Paket BlackBerry Gaul atau BlackBerry Chat dari XL (paket harian Rp. 2000 dan paket bulanan Rp. 50 ribu) untuk konten Facebook dan Instant messenger (chatting) seperti Yahoo Messenger, MSN, Google Talk, BlackBerry Messenger. Paket Axis BlackBerry Friends (tarif harian Rp. 3000, paket mingguan Rp. 20 ribu, paket bulanan Rp. 60 ribu), Paket Axis BlackBerry Mail (tarif harian Rp. 2900, paket mingguan Rp. 19 ribu, paket bulanan Rp. 59 ribu), Paket Indosat BlackBerry Gaul (tarif harian Rp. 2000, paket mingguan Rp. 15 ribu, paket bulanan Rp. 45 ribu), Paket Indosat BlackBerry Mail & Chatting (tarif harian Rp. 2000, paket mingguan Rp. 15 ribu, paket bulanan Rp. 45 ribu). Dengan harga yang semakin terjangkau dan konten yang begitu menarik tak mengherankan kalau BlackBerry akan tetap populer ditengah gencarnya teknologi baru seperti Android dan komputer tablet seperti Apple Ipad, Samsung Galaxy dan sejenisnya.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel