Google Goggles, Aplikasi Pencarian Menggunakan Foto

29 Apr 2011 18:28 8204 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tak terbatas pencarian menggunakan kata kunci, Google mengembangkan fasilitas pencarian berdasarkan foto.Aplikasi Google untuk smartphone yang memiliki fungsi untuk pencarian berdasarkan foto ini bernama Google Goggles. Dengan menggunakan Google Goggles, pengguna dapat mengambil foto dengan kamera smartphone-nya dan melakukan pencarian di dunia maya.

Google sangat terkenal fasilitas pencariannya. Sehingga istilah googling pun digunakan untuk kegiatan pencarian situs berdasarkan kata kunci tertentu. Tak terbatas pencarian menggunakan kata kunci, Google mengembangkan fasilitas pencarian berdasarkan foto. Aplikasi Google untuk smartphone yang memiliki fungsi untuk pencarian berdasarkan foto ini bernama Google Goggles. Dengan menggunakan Google Goggles, pengguna dapat mengambil foto dengan kamera smartphone-nya dan melakukan pencarian di dunia maya.

Google Goggles berfungsi untuk mengidentifikasi obyek seperti buku, DVD, landmark, barcode, logo, kontak info, benda-benda seni, bisnis, produk, atau teks. Google Goggles juga bisa menterjemahkan bahasa Inggris, Perancis, Itali, Jerman, dan Spanyol dari teks yang Anda foto. Google menyatakan obyek seperti binatang, tanaman, mobil, furniture, dan pakaian belum dapat teridentifikasi dengan baik menggunakan aplikasi ini, masih dalam tahap perkembangan.

Google Goggles
Untuk hasil yang lebih baik disarankan mengambil foto dengan posisi seperti gambar diatas, dengan menggunakan jempol kanan Anda untuk menekan tombol kamera. Kualitas yang dihasilkan kamera, pencahayaan, dan koneksi internet mempengaruhi proses aplikasi dalam menganalisa gambar.

Paseban mencoba aplikasi ini menggunakan kamera smartphone Samsung Galaxy Gio. Percobaan pertama proses analyzing tidak berhasil dengan kondisi hasil foto kurang pencahayaan dan kabur. Percobaan kedua, dengan hasil foto yang terang dan jelas, proses analyzing berhasil dalam waktu kira-kira 1 menit, dan menampilkan info logo produk yang Paseban potret. Percobaan ketiga kondisi hampir sama dengan percobaan pertama, namun kali ini dikarenakan lemahnya sinyal pada smartphone.

Google Goggles tersedia untuk ponsel Android OS (Operating System) 1.6 keatas, dan juga iPhone 3Gs dan iPhone 4. Aplikasi bisa diunduh di Google Mobile App atau Android Market untuk pengguna ponsel Android. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel