Review ; Moto G4, walaupun sudah dibeli Lenovo akan tetapi G4 tetap terasa Motorolanya

11 Jun 2016 21:22 14969 Hits 0 Comments
Review Motorola Moto G4, ponsel dari Motorola yang suda di akuisii Lenovo

Setelah lebih dari setahun Moto G keluar dengan gelar ponsel murah paling berkualitas. Kini saatnya keluarnya Moto G4 sebuah smartphone yang masih mengandalkan harga yang ekonomis akan tetapi spek hardware tidak diragukan.Moto G4 adalah line – up baru smartphone buatan Lenovo yang telah membeli perusahaan Motorola. Akan tetapi walaupun sudah berganti perusahaan akan tetapi nyatanya Moto G4 masih bisa dibilang murah dengan harga berkisar 170 Poundsterling. Mari kita lihat spek dan desain dari Moto G4

Ukuran layar dari Moto G4 adalah 5.5 inch dan dengan ukuran ini membuat Moto G4 mempunyai ukuran yang lebih besar dari pendahulunya, Moto G3, dan ukuran 5.5 inch adalah ukuran dari smartphone OnePlus 2 dan iPhone 6s, ketiga smartphone tersebut yaitu Moto G4, OnePlus2 dan iPhone 6s mempunyai ukuran dimensi yang sama.

Sekilas tentang Moto G4

  1. Layar 5.5 inch dengan resolusi 1080p
  2. CPU Snapdragon 617
  3. RAM 2 GB
  4. Kapasitas Baterai 3000 mAh
  5. Kamera utama sebesar 13 MP
  6. Kamera selfie 5 MP
  7. System operasi Android 6.0.1
  8. Memori bawaan sebagai penyimpan file sebesar 16 atau 32 GB dan dapat dimaksimalkan mencapai 128 GB.

 

 

Performa Moto G4

Alasan utama kesuksesan dari keluarga Moto G adalah harga yang murah disertai dengan kombinasi desain yang memukau dan kualitas yang cukup bernilai tinggi. Dan begitu juga dengan varian terbaru ini, Moto G4,  bagian dalam dari Moto G4 yang merupakan otak dari smartphone menggunakan prosessor buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 617 octa core 1.5 GHz. Yang mendapat dukungan Ram sebesar 2 GB dan media penyimpanan memori dua pilihan yaitu 16 GB dan 32 GB.

Kesan pertama ketika memegang smartphone ini adalah cukup responsive, akan tetapi sedikit merasakan glitch. Ada sedikiti keanehan ketika melakukan perbesaran atau pengecilan gambar di google, akan tetapi ketika scroll gambar secara cepat pada google Photos sudah terasa mulus karena menggunakan Qualcomm yang cukup handal, walau tidak secanggih Snapdragon 820, tapi saya sendiri sudah cukup puas dengan performa smartphone ini.  Berikut adalah perbandingan performa dari Moto G4 dengan pesaing pesaing setaranya.

Sekilas tentang Moto G4

 

Kamera, Tampilan Layar, baterai dan Keamanan

Kamera

Kamera yang dimiliki oleh Moto G4 bisa dikatakan cukup memuaskan. Kamera utama ini mempunyai kapasitas sebesar 13 Megapixel dengan indeks aperture f/2 dan dukungan dual – LED flash sehingga walaupun anda menggunakan kamera ini dalam keadaan cahaya yang kurang hasil gambar akan Nampak jelas. Akan tetapi kekurangan kamera pada Moto G4 adalah tidakada laera atau phase – detect autofocusnya ( kecuali anda membeli Moto G4 Plus), serta tidak ada fasilitas Optical Image Stabilisation. Akan tetapi walaupun begitu saya rasa tidak ada masalahnya dalam pengambilan gambar dengan smartphone ini.

Seandainya anda bandingkan dengan Nexus 5X atau 6P akanterasa jauh akan tetapi mengingat harganya juga jauh ya tidak ada masalah pada smartphone ini untuk urusan kameranya.

 

Tampilan Layar

Sekilas tentang Moto G4

Bagaimana dengan kualitas tampilan layar dari smartphone ini ?, tidak perlu anda kawatirkan karena Moto G4 mempunyai ukuran layar sebesar 5.5 inch dengan layar masih berjenis IPS LCD dan mempunyai resolusi sebesar 1920 x 1080, sehingga meskipun belum berkapasitas 4K akan tetapi saya rasa untuk melihat gambar atau sekedar browsing internet dan bermain game sudah lebih dari cukup. Untuk ukuran maksimal kecerahan Moto G4 sampai 540cd/m2 dan ukuran segitu adalah dua kali lipat dari pendahulunya. Meskipun k untuk urusan warna RGB masib belum sebagus tampilan OLED pada Galaxy J5 dan OnePlus X). perhatikan gambar dibawah ini untuk membandingkan kualitas dari layar Moto G4 dan smartphone lainnya.

Kapasitas Baterai

 

Moto G4 mempunyai sebuah baterai dengan kapasitas 3000 mAh, performa baterai smartphone ini memuaskan karena walaupun menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 617 yang mempunyai 28 nm nampaknya cocok disandingkan dengan baterai dari Moto G4. Penggunaan untuk pemutaran Video standar mampu bertahan sampai 13 jam 39 menit.

Tidak hanya mempunyai kapasitas baterai diatas rata rata . Moto G4 juga sudah menggunakan teknologi TurboPower yang mampu mengisi baterai sampai penggunaan enam jam hanya dengan melakukan charge selama 15 menit. Sehingga anda tidak perlu kawatir untuk urusan kapasitas baterai smartphone ini.

Keamanan yang cukup canggih

Jaman sekarang keamanan dari smartphone memang harga mati, karena menurut sebagian orang privasi adalah segalanya. Begitu juga dengan Moto G4 smartphoneini sudah menyediakan sensor sidik jari yang akan membuka smartphone dengan mudah.

 

 

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Review Motorola Moto G4, ponsel dari Motorola yang suda di akuisii Lenovo
Tags

About The Author

supriyanto 53
Expert

supriyanto

Menyukai sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From supriyanto